IMPLEMENTASI SUPERVISI PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Negeri 3 Kediri)

Miftahul Ngulya

Abstract


ABSTRAK

Supervisi pendidikan merupakan segala bentuk bantuan yang diberikan oleh pemimpin sekolah kepada untuk meningkatkan kemampuan guru-guru dan personil lainnya guna mencapai tujuan dari pendidikan, baikberupa dorongan, bimbingan, maupun kesempatan untuk tumbuh bersama sesuai dengan keahlian dan kecakapan guru. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi supervisi pendidikan dalam meningkatkan mutu pembelajaran di MAN 3 Kediri. Adapun metode yang digunakan untuk pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi, sementara teknik analisis datanya menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif, yaitu menginterpretasikan melalui penjelasan-penjelasan deskriptif sebagai kesimpulan mengenai supervisi dalam meningkat mutu pembelajaran.

Dari hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa: Implementasi supervisi pendidikan di MAN 3 Kediri dilaksanakan dengan menyusun program supervisi, dengan melibatkan semua waka, mengadakan penataran-penataran melalui kunjungan kelas, observasi kelas, MGMP dengan saling mengunjungi, pelatihan/workshop, evaluasi dan tindak lanjut. Dalam meningkatkan mutu pembelajaran, dilakukan melalui kerja sama dengan guru-guru dalam pemantapan kurikulum dan penyusunan perangkat pembelajaran, menyediakan sumber-sumber belajar, alat serta berbagai fasilitas belajar mengajar. Implementasi supervisi pendidikan dalam meningkatkan mutu pembelajaran, melalui pembinaan dan pengembangan kurikulum, meningkatkan proses belajar mengajar, dan upaya mempertinggi kualitas guru melalui pembinaan dan up grading. Hambatan Implementasi supervisi pendidikan dalam meningkatkan mutu pembelajaran yaitu: beberapa guru belum mampu menyampaikan materi dengan baik, kegiatan dadakan, sarana dan prasarana rusak, pembinaan sering dilakukan dihari libur. Sedangkan faktor pendukungnya sebagai berikut: pembinaan terhadap isi dan konsep berfikir kurikulum, fasilitas internet, buku-buku madrasah, sosialisasi, guru sudah tersertifikasi, mencukupi sarana dan prasarana dalam melaksanakan proses belajar mengajar.

Kata kunci: Supervisi Pendidikan, dan Meningkatkan Mutu Pembelajaran.

ABSTRACT

Educational supervision is all forms of assistance provided by school leaders to improve the ability of teachers and other personnel to achieve the goals of education, both in the form of encouragement, guidance, and opportunities to grow together in accordance with the skills and abilities of teachers. Based on this, this study aims to determine the implementation of educational supervision in improving the quality of learning in MAN 3 Kediri. The method used for data collection is done by observation, interviews, and documentation, while the data analysis technique uses a descriptive qualitative research approach, which is interpreted through descriptive explanations as conclusions about supervision in improving the quality of learning.

From the results of the study, it can be concluded that: Implementation of educational supervision in MAN 3 Kediri is carried out by arranging supervision programs, involving all waka, conducting upgrading through class visits, class observations, MGMP by visiting each other, training / workshops, evaluations and actions continued. In improving the quality of learning, it is carried out in collaboration with teachers in strengthening the curriculum and developing learning tools, providing learning resources, tools and various teaching and learning facilities. Implementation of educational supervision in improving the quality of learning, through guidance and curriculum development, improving teaching and learning processes, and efforts to enhance the quality of teachers through coaching and up grading. Obstacles to the implementation of educational supervision in improving the quality of learning, namely: some teachers have not been able to deliver the material well, impromptu activities, facilities and infrastructure are damaged, coaching is often done on holidays. While the supporting factors are as follows: guidance on the content and concepts of curriculum thinking, internet facilities, madrasa books, socialization, certified teachers, adequate facilities and infrastructure in carrying out teaching and learning processes.


Keywords: Educational Supervision, and Improving the Quality of Learning.


Keywords


tawazun

References


Burhanuddin, dkk. Supervisi Pendidikan dan Pengajaran. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, 2007.

Fauziah. Supervisi Pendidikan sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Islam. Tarbiyatuna.2. Januari: 2017

Muhaimin. Paradigma Pendidikan Islam. Cet. 3. Bandung: PT Remaja Rosdakarya,.2004.

Ratnasari Desi, Roemintoyo, Winarno. Implementasi Teknik Supervisi Akademik Kepala Sekolah Terhadap Pendidik di Sekolah Dasar untuk Menghadapi Era Digital. JMSP.3. November: 2018

Purwanto, Ngalim. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2007.

Sagala, Syaiful. Manajemen Strategik dalam Peningkatkan Mutu Pendidikan Bandung: Alfabeta, 2009.

Sahertian, Piet A. Konsep Dasar Dan Teknik Supervisi Pendidikan. Cet. 2. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2008.

Sulistyorini. Manajemen Pendidikan Islam Konsep Strategi dan Aplikasi. Yogyakarta: Teras, 2009.




DOI: http://dx.doi.org/10.32832/tawazun.v12i2.2535

Article Metrics

Abstract view : 18 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Miftahul Ngulya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lantai 1 Gedung Sekolah Pascasarjana Universitas Ibn Khaldun Bogor

Jl. K.H. Sholeh Iskandar km 2 Bogor 16162 Jawa Barat, Indonesia Telp/Fax: 0251-8335335