PROBLEMATIKA PESANTREN SEBAGAI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA

Alaika M Bagus Kurnia PS

Abstract


Tujuan pendidikan Islam sebagaiman pendapat Ahmad Tafsir adalah memanusiakan manusia. Pendidikan Islam harus membimbing anak didik dalam perkembangan dirinya, baik jasmani maupun rohani menuju terbentuknya kepribadian yang utama yang didasarkan pada hukum-hukum islam. Namun seiring berjalannya waktu, pendidikan Islam tidak lagi sejaya sejarahnya, pendidikan Islam pada masa sekarang, mengalami banyak kemunduran karena beberapa faktor. Pendidikan Islam tidak luput dari problematika yang muncul di era saat ini. Pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam juga tak luput dari berbagai problem yang muncul di era global. Pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam tradisional di Indonesia sangat berperan penting dalam melestarikan dan mengembangkan ilmu-ilmu keislaman. Selain itu, pesantren berperan dalam pembentukan karakteristik umat Islam Indonesia. Selama Orde Baru, pesantren bersaing dengan sekolah-sekolah yang diakui oleh pemerintah. Selain itu, pola kehidupan manusia modern juga turut serta mempengaruhi eksistensi pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam tradisional. Untuk mempertahankan eksistensinya, pesantren melakukan beberapa perubahan yang dianggap perlu, namun tetap menjaga tradisi-tradisi warisan masa lalu. Tulisan ini akan membahas berbagai permasalahan yang dihadapi pesantren di era global.

Kata Kunci: Problematika, Pesantren, Pendidikan Islam


Keywords


Problematika, Pesantren, Pendidikan Islam

References


Buchori, Mochtar, Spektrum Problematika Pendidikan di Indonesia, Yogyakarta:

Tiara Wacana, 1994.

Daulay, Haidar Putra, Dinamika pendidikan Islam di Asia Tenggara, Jakarta:

Rineka Cipta, 2009

Mastuhu, Menata Ulang Pemikiran Sistem Pendidikan Nasional dalam Abad 21,

Yogyakarta: Safiria Insania Press dan MSI, 2003

Rahardjo, Mudjia, Ed. Quo Vadis Pendidikan Islam: Membaca Realitas Pendidikan

Islam, Sosial dan Keagamaan, Malang: UIN-Malang Press, 2006.

Tafsir, Ahmad. Ilmu Pendidikan dalam perspektif Islam. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya, 2005.

Wahid, Marzuki, dkk, Pesantren Masa Depan; Wacana Pemberdayaan dan

Transformasi Pesantren. Bandung: Pustaka Hidayah, 1999.

Zaini, A. Helmy Faishal, Pesantren Akar Pendidikan Islam Nusantara, Jakarta:

P3M, 2015

Mochtar Buchori, Spektrum Problematika Pendidikan di Indonesia (Yogyakarta: Tiara Wacana, 1994).

Mastuhu, Menata Ulang Pemikiran Sistem Pendidikan Nasional dalam Abad 21 (Yogyakarta: Safiria Insania Press dan MSI, 2003).

Haidar Putra Daulay, Dinamika pendidikan Islam di Asia Tenggara (Jakarta: Rineka Cipta, 2009), Cet. 1.

A. Helmy Faishal Zaini, Pesantren Akar Pendidikan Islam Nusantara (Jakarta: P3M, 2015).

Marzuki Wahid, dkk, Ed. Pesantren Masa Depan: Wacana Pemberdayaan dan Transformasi Pesantren. (Bandung: Pustaka Hidayah, 1999).




DOI: http://dx.doi.org/10.32832/tawazun.v12i2.2554

Article Metrics

Abstract view : 48 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Alaika M Bagus Kurnia PS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lantai 1 Gedung Sekolah Pascasarjana Universitas Ibn Khaldun Bogor

Jl. K.H. Sholeh Iskandar km 2 Bogor 16162 Jawa Barat, Indonesia Telp/Fax: 0251-8335335