Program Pendidikan Akhlak Qur’ani untuk Guru di Pesantren Hidayatullah

Ilham Ansari

Abstract


Education is a core component in building civilization. The development and progress of a civilization will not be realized unless there is an educated society. Educated society is people who care about the world of education, without education it is impossible to realize the lofty ideals of humans. Education in schools is the basis for the formation of individuals in an effort to fulfill the provision of nutritional knowledge so that their roles are able to adapt as well as color social diversity in society. Therefore, the quality of education is a prerequisite for shaping individual morals and mentality in priority for teachers with their best programs to become a link in an effort to create a superior generation under the auspices of Islam.

Abstrak

Tujuan penelitian ini guna memperoleh informasi lebih lanjut mengenai program pendidikan akhlak di Pesantren Hidayatullah Depok. Pendidikan merupakan komponen inti dalam membangun peradaban. Perkembangan kemajuan sebuah peradaban tidak akan terwujud kecuali terdapat di dalamnya masyarakat yang terdidik. Masyarakat terdidik ialah orang-orang yang peduli terhadap dunia pendidikan, tanpa pendidikan maka mustahil akan mampu mewujudkan cita-cita luhur manusia. Pendidikan di sekolah merupakan dasar pembentukan individu dalam upaya pemenuhan bekal nutrisi ilmu agar peranannya mampu beradaptasi sekaligus mewarnai keberagaman sosial di  masyarakat. Maka dari itu mutu pendidikan menjadi syarat dalam pembentukan akhlak serta mentalitas individu secara prioritas yang diperani oleh para guru dengan program terbaiknya guna menjadi mata rantai sebagai upaya mewujudkan generasi unggul dalam naungan Islam. 


Keywords


Pendidikan; Akhlak Qur’ani; Hidayatullah

Full Text:

PDF

References


Al-Asfahani, A. (1412 H). Cet.1. Al-Mufradat fi Gharib Al-Qur’an, Damaskus Beirut: Dar Al-Qalam- Ad-Dar Ay-Syamiyah.

Al-Baidhawi, A. N. A. S. b. U. b. M. A. (1418 H). Tafsir Al-Baidhawi. Anwar At-Tanzil Wa Asrar At-Ta’wil. Cet.1. Bairut.

Al-Baihaqi, A. B. A. b. A. b. A. (1344 H). As-Sunan Al-Kubra. Cet.1. Jilid 10.

Al-Bukhari. A. M. I. A. A. (1409 H/ 1989 M). Al-Adab Al-Mufrad. Beirut: Dar Al-Basya’ir Al-Islamiyyah. Cet. II.

Alim A. (2018). Pendidikan Jiwa. Jakarta: Al-Mawardi Prima.

Ash-Shiddieqy T.M.H. (2001). Al-Islam. Jilid 1. Jakarta: PT. Pustaka Rizki Putra.

Asy-Syuhud, A. b. N. (2009). Al-Khulashah fi Ushul At-Tarbiyyah Al-Islamiyyah. Cet.1. Malaysia: Pahang Darul Makmur.

Cordoba. (2012). Al-Qur’an Cordoba Amazing 33 Tuntunan Al-Qur’an untuk Hidup Anda. Bandung: Cordoba International Indonesia.

Endin Mujahidin, E. Dkk. (2018). Jurnal Ta’dibuna. Konsep integrasi dalam sistem pembelajaran mata pelajaran umum di pesantren. Vol. 7. No. 2. (10). hlm. 214-232.

Hall C.S. dan Lindze G. (1993). Psikologi Kepribadian 2 (Teori-Teori Holistik Organismik Fenomenologi). diterjemahkan oleh A. Supratiknya. Yogyakarta: Kanisius.

Hasyim S. et. Al. (2005). Panduan Dakwah Menyongsong Fajar Islam. Jakarta: Departemen Dakwah DPP Hidayatullah.

Hitti. P. K. (2008). History Of The Arabs. Jakarta: PT Serambi Ilmu Semesta.

Manzhur, A. M. b. M b. (tt). Cet.1. Lisan Al-‘Arab, Bairut: Dar Shadir.

Mujahidin, E dkk. (2015). Pendidikan Karakter Bangsa Dalam Perspektif Islam (Studi Kritis Terhadap Konsep Pendidikan Karakter Kementerian Pendidikan & Kebudayaan), Jurnal Ta’dibuna, Vol. 4, No. 1, (4).

Mujahidin, E. et. al. (2016). Konsep Pendidikan Modern Mahmud Yunus Dan Kontribusinya Bagi Lembaga Pendidikan Islam Di Indonesia. Jurnal Ta’dibuna. Vol. 5. No. 2. (10).

Muslim, A. A. A. M. b. A. (tt). Shahih Muslim, Bairut. No. 1233.

Nata A. (2010). Ilmu Pendidikan Islam. Edisi Pertama. Jakarta.

Ramayulis dan Nizar S. (2010). Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Kulia.

Setiawan, W. Dkk. (2018). Jurnal. Pola Pendidikan Mencerdakan Anak Menurut Suharsono, Jilid 1 (12).

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif. dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan (Kompetensi dan Prakteknya). Jakarta: Bumi Aksara.

UU RI NO 20 Tahun (2003). Tentang Sisdiknas & Peraturan Pemerintah RI Tahun 2003.




DOI: http://dx.doi.org/10.32832/tawazun.v14i3.4370

Article Metrics

Abstract view : 308 times
PDF - 163 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ilham ansari Ansari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Address: Lantai 1 Gedung Sekolah Pascasarjana Universitas Ibn Khaldun Bogora

Address: Lantai 1 Gedung Sekolah Pascasarjana Universitas Ibn Khaldun Bogor
Jl. K.H. Sholeh Iskandar km 2 Bogor 16162 Jawa Barat, Indonesia Telp/Fax: 0251-8335335