Hubungan Kepuasan Kerja Dengan Kinerja Pegawai Bagian Pembaca Meter Pada PDAM Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor

Authors

  • Herman Herman Universitas Pakuan
  • Defieta Triastutie Ardhyanie Universitas Pakuan

DOI:

https://doi.org/10.32832/jm-uika.v10i1.1884

Keywords:

Kepuasan Kerja, Kinerja Pegawai

Abstract

Kepuasan kerja sangat berkaitan dengan kinerja pegawai. Kepuasan kerja pegawai yang dirasakan dapat mempengaruhi kinerja pegawai dalam menyelesaikan pekerjaannya, apabila tingkat kepuasan kerja pegawai rendah maka akan berdampak terhadap menurunnya kinerja pegawai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis hubungan antara kepuasan kerja dengan kinerja pada pegawai pemaca meter PDAM Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor. Penelitian mengenai hubungan antara kepuasan kerja dengan kinerja pegawai dilakukan pada PDAM Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor, dengan menggunakan data kuantitatif. Populasi didalam penelitian ini adalah pegawai bagian pembaca meter PDAM Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor dan jenis penelitian ini menggunakan metode explanatory survey yang menggunakan jenis penelitian verifikatif, metode penarikan sampel menggunakan sensus berjumlah 40 pegawai, kemudian untuk menganalisis data dalam penelitian ini menggunakan korelasi product moment dari Pearson dengan bantuan SPSS 23. Hasil penelitian menunjukan ada hubungan positif yang sangat signifikan antara kepuasan kerja dengan kinerja pegawai, dimana nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,887 dengan signifikansi 0,000 (p < 0,05), diketahui bahwa variabel kepuasan kerja mempunyai rata-rata empirik sebesar 56,78 dan rata-rata teoritik sebesar 51, sedangkan variabel kinerja pegawai mempunyai nilai rata-rata empirik sebesar 42,83 dan rata-rata teoritik sebesar 39. Sumbangan efektif kepuasan kerja dengan kinerja pegawai dari koefisien determinan R square (R2) sebesar 79%, sehingga terdapat 21% faktor lain yang mempengaruhi kinerja pegawai.

References

Alek S. Nitisemito, 2006, Manajemen Personalia, Edisi kedua, Ghalia Indonesia

Arikunto, Suharsimi. (2013). Manajemen Penelitian. Jakarta : PT Rineka Cipta

Bangun, Wilson. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Erlangga.

Bangun, Wilson. 2012. “Manajemen Sumber Daya Manusia”. Jakarta: Erlangga

Campbell, DT & Fiske, DW. (1959). Convergent and Discriminant Validation by the Multitrait-Multimethod Matrix. Nortwestern University and Chicago University. Vol. 56 (2). Hlm. 81-195

Cellucci, Anthony J, & David L. De Vries (1978), Measuring Managerial Satisfaction : A Manual for the MJSQ, Technical Report II (Center for Creative Leadership).

Chairizal, Tedy Novianto, dkk. (2014). Pengaruh Stres dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Perawat Rumah Sakit Ibu dan Anak Eria Bunda Pekanbaru. Jurnal Ekonomi. Vol. 1 No. 2 Hlm. 14.

Fornell C. Larcker D.F. (1981). Evaluating Structural Equation Models with Unobservable Variables and Measurement Error. Journal of Marketing Research. Vol. 18 No. 1 Hlm. 39-50

Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 22. Edisi 5. Semarang: Badan Penerbitan Universitas Diponegoro.

Handoko, T. Hani. (2008). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE.

Hasibuan, Malayu S.P. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasibuan, Malayu. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Huang, C., You, C., Tsai, M. (2012). A Multidimensional Analysis Of Ethical Climate, Job Satisfaction, Organizational Comitment, And Organizational Citizenship Behavior. Journal Departement of International Business. Vol. 19. No. 4 Hlm. 519.

Mangkunegara, Anwar Prabu. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Munandar, Ashar Sunyoto. (2001). Psikologi Industri dan Organisasi. Jakarta: UI Press.

Prihatini, Lilis Dian. (2007). Analisis Hubungan Beban Kerja dengan Stres Kerja Perawat di Tiap Ruang Rawat Inap RSUD Sidikalang. Tesis. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Rivai, Veithzal. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan: dari Teori dan Praktik. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Robbins, Stephen P. (2006). Perilaku Organisasi. Edisi ke-10. Jakarta: PT Indeks.

_______. (2007). Perilaku Organisasi. Edisi ke-12. Jakarta: Salemba Empat.

Robbins. 2003. Perilaku Organisasi. Jakarta: Indeks Kelompok Gramedia.

Salmawati, Lusia. (2014). Pengaruh Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja dengan Motivasi Kerja dan Stres Kerja pada Perawat di RSU Anutapura Palu. Tesis. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Siagian, P. Sondan. (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara: Jakarta.

Soedarsono dkk, 2006. Strategi Pelayanan Prima. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara.

Supangat. (2008). Analisis Kinerja Perawat dan Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Dr. H. Ibnu Sutowo dan Puskesmas Rawat Inap di Baituraa Kabupaten Oku. Tesis. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Sutrisno, Edi. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi pertama. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Wibowo. 2012. Manajemen Kinerja. Jakarta:PT Rajagrafindo Persada

Wirawan. (2009). Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Jakarta: Salemba Empat.

Downloads

Published

30-06-2019

How to Cite

Herman, H., & Ardhyanie, D. T. (2019). Hubungan Kepuasan Kerja Dengan Kinerja Pegawai Bagian Pembaca Meter Pada PDAM Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor. Jurnal Manajemen (Edisi Elektronik), 10(1), 44–64. https://doi.org/10.32832/jm-uika.v10i1.1884