Motivasi, Komitmen Organisasi, Kompetensi dan Dampaknya Terhadap Kinerja Guru
DOI:
https://doi.org/10.32832/jm-uika.v12i1.3950Keywords:
motivasi, komitmen organisasi, kompetensi, kinerja guruAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui menganalisis: (1) pengaruh motivasi terhadap kinerja guru; (2) pengaruh komitmen organisasi terhadap kinerja guru; (3) pengaruh kompetensi terhadap kinerja guru; (4) pengaruh secara simultan motivasi, komitmen organisasi, dan kompetensi terhadap kinerja guru. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan expost facto. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi berganda dengan SPSS. Penelitian ini dilakukan pada SMP Negeri yang ada di Liukang Tangayya, Kabupaten Pangkep dengan menggunakan sampel sebanyak 30 orang guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru; (2) komitmen organisasi berpengaruh terhadap kinerja guru; (3) kompetensi berpengaruh terhadap kinerja guru; (4) motivasi, komitmen orgnaisasi dan kompetensi berpengaruh secara simultan terhadap kinerja guru. Temuan ini sebagai masukan bagi kepala sekolah untuk dapat memperhatikan motivasi para guru demi tercapainya tujuan pendidikanReferences
Abbas, D. S., Agustina, Y., Sari, M. R., Ardiana, D. P. Y., Hartini, H., Moridu, I., ... & Ramaditya, M. (2020). Pengantar Manajemen Untuk Organisasi Publik Dan Bisnis. Bandung: Widina
Allen, N. J. dan Meyer J. P. (1996). Affective, Continuance, and Normative Commitment to the Organization: An Examination of Construct Validity. Journal of Vocational Be-havior, 49, 252-276.
Febrianty, F., Sudirman, A., Rahman, M. R. R., Jusuf, D. I., Merung, Y. A., Satriawan, D. G., ... & Satmoko, N. D. (2020). PENGANTAR BISNIS (Sebuah Tinjauan Konseptual dan Praktis). Bandung: Widina
Gani, H.M.U., Nur, M., Mallongi, H.S., Rusjdin, H. (2018). The Impacts of Competence, Work Motivation, Job Satisfaction and Organizational Commitment on Lecturers' Per-formance. IRA-International Journal of Management & Social Sciences (ISSN 2455-2267), 11(1), 17-25.
Greenberg, J. dan Baron, R. A. (2003). Behavior in Organization. New Jersey : Pearson Edu-cation Inc.
Hartini, M., Haerani, H., Mardiana, R., & Sumardi, F. (2017). The Influences of Quality of Work Life and Organizational Justice on the Employees Performance of the State Owned Enterprises (SOEs) in South Sulawesi. SciRJ, 5(3), 1-8.
Hs, M. Z. H. (2018). Pemberian Tunjangan Khusus Daerah Terpencil untuk Perbaikan Kinerja Guru SMP di Kecamatan Liukang Tupabbiring Utara Kabupaten Pangkep. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan Islam, 16(2), 162-190.
Humairah, S. N. (2018). Pendekatan Analisis Jalur (Path Analysis) Pada Kinerja Guru Ma-tematika SMA Negeri di Kota akassar Ditinjau Dari Motivasi Kerja, Komitmen Kerja, Kompetensi Profesional dan Kompetensi Pedagogik. Journal Matematika dan Statisti-ka Serta Aplikasinya, 6(1), 1 -17.
Ismail dan Sjahruddin, H. (2018). Pengaruh profesionalisme dan komitmen organisasional ter-hadap kinerja guru. Jurnal Organisasi dan Manajemen 1(1), 99-112.
Istijanto, M. M. (2013). Riset sumber daya manusia. Gramedia Pustaka Utama.
Malik, A., & Hutomo, R. (2017). Pengaruh Motivasi Dan Kompetensi Terhadap Kinerja Guru Dimediasi Komitmen Organisasi di SMK Cordova Margoyoso Kabupaten Pati. Jurnal Visi Manajemen, 2(1), 53-65.
Muhnir. (2014). Analisis Kompetensi Sosial Guru Sekolah Dasar di Pulau Sapuka Kecamatan Liukang Tangaya Kabupaten Pangkep. Thesis. Universitas Negeri Makassar.
Mulyasa, E. (2006). Kurikulum yang disempurnakan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. (2003). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: PT. Remaja Rosda. Karya.
Purba, C. B., Rafiani, and Ali, H. (2018). The Influence of Competency, Organizational Commitment and Non Financial Compensation on Teacher Performance in SMAN 29 Jakarta. Scholars Journal of Economics, Business and Management (SJEBM), 5(3), 226-239.
Ningsih, P. (2019). Pengaruh Komitmen, Kompetensi, Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru Di Kecamatan Pasangkayu Kabupaten Mamuju Utara (Study Kasus pada SMA Negeri 1 Pasangkayu dan MA DDI Pasangkayu). Katalogis, 4(11).
Parmin, P. (2017). Pengaruh Kompensasi, Kompetensi Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Tidak Tetap (GTT) Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening. Fokus Bisnis: Media Pengkajian Manajemen dan Akuntansi, 16(01), 21-39.
Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2006). Perilaku organisasi. Edisi kesepuluh. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.
Saragih, A. H. (2008). Kompetensi minimal seorang guru dalam mengajar. Jurnal Tabulara-sa, 5(1), 23-34.
Sekaran, U. (2006). Metodologi penelitian untuk bisnis. Jakarta: Salemba Empat
Shodiqin, S., & Srimindarti, C. (2015). Pengaruh Kompetensi dan Komitmen Organisasional terhadap Kinerja Guru yang Dimoderasi oleh Iklim Rganisasi pada Mi Sekecamatan Winong Kabupaten Pati (Studi Kasus pada Guru-guru Mi Sekecamatan Winong Ka-bupaten Pati). In Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu Unisbank 2015. Stikubank University.
Sugiyono, P. (2011). Metodologi penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Alpabeta, Ban-dung.
Sugiyono, P. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alpabeta, Bandung.
Tone, K. (2015). The impact of antecedent variable on lecturer'performance as mediated by work motivation. International Journal of Humanities and Social Science Inven-tion, 4(10), 54-62.
Werang, B. R., Agung, A. A. G., & Agung, G. (2017). Teachers' job satisfaction, organiza-tional commitment, and performance in Indonesia: A study from Merauke District, Papua. International Journal of Development and Sustainability, 6(8), 700-711.
Xu, A., & Ye, L. (2014). Impacts of teachers' competency on job performance in research uni-versities with industry characteristics: Taking academic atmosphere as modera-tor. Journal of Industrial Engineering and Management (JIEM), 7(5), 1283-1292.
Yuliana, L. (2013). Pengaruh Komitmen Organisasi, Motivasi Kerja dan Kompetensi Profe-sional Terhadap Kinerja Guru Akuntansi Slta di Kota Sidoarjo (Doctoral dissertation, STIE PERBANAS SURABAYA).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).