Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Yang Dirasakan Untuk Menciptakan Kepuasan Mahasiswa

Authors

  • Hendri Maulana Fakultas Teknik UIKA Bogor
  • Indupurnahayu . sekolah pascasarjana uika Bogor
  • Masyhudzulhak . universitas Mercubuana Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.32832/jm-uika.v8i2.749

Keywords:

Brand Image, Service Quality, Perceived Value, Satisfaction, Student.

Abstract

Penelitian ini menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi nilai yang dirasakan untuk menciptakan kepuasan mahasiswa di Fakultas Teknik Universitas Ibn Khaldun Bogor. Penelitian ini mengembangkan sebuah model penelitian. Responden dalam penelitian ini sebanyak 105 orang mahasiswa di Fakultas Teknik Universitas Ibn Khaldun Bogor.
Penelitian ini menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) yang dijalankan melalui program AMOS 18 sebagai alat analisisnya. Hasil Analisis data menunjukkan bahwa model penelitian dan hasilnya dapat diterima. Hasil penelitian membuktikan bahwa citra merek (brand image) dan kualitas pelayanan mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap nilai yang dirasakan. Implikasi manajerial dari penelitian ini adalah pihak manajemen fakultas perlu memberikan perhatian lebih untuk mengevaluasi dan meningkatkan kepuasan mahasiswa serta selalu mempromosikan jurusan-jurusan yang ada di Fakultas Teknik Universitas Ibn Khaldun Bogor.

References

Aaker david A. 1991. Managing Brand Equity, Capitalyzing on the Value of a Brand Name, The Free Press: New York.

Asubonteng, P. Mccleary, K.J., & Swan, J.E. 1996. “SERVQUAL revisited: a critical review of service quality”, The Journal of Services Marketing 10 (6), 62-81.

Ferdinan. 2006. Structural Equation Modeling dalam Penelitian manajemen, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Harcar, K. and Kucukemiroglu. 2006. “Consumer’s Perceived Value and Buying Behavior of Store Brand: And Empirical Investigation”, The Business Review, Vol. 5 Num. 2, Summer.

Kolter, P. 2000. Marketing Management, International Edition, Prentice-Hall,

Rusdarti. 2004. ”Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Nilai Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Bank BPD Jawa Tengah Cabang Semarang”,Jurnal Bisnis Strategi,Vol. 13, Juli,pp 54-65.

Saha, Parmita dan Zhao, Yanni. 2005. “Relationship Between Online Service Quality And Customer Satisfaction A study in Internet Banking”, Master’Thesis :083 SHU Selnes,

Fred, 1993,” An Examination of the Effect of Product Performance On Brand Reputation, Satisfaction and Loyalty”, European Journal of Marketing,Vol.27,No.9.

Sugiono. 1999. Metode Penelitian Bisnis. CV. ALVABETA, Bandung.

Downloads

Published

30-12-2018

How to Cite

Maulana, H., ., I., & ., M. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Yang Dirasakan Untuk Menciptakan Kepuasan Mahasiswa. Jurnal Manajemen (Edisi Elektronik), 8(2), 97–112. https://doi.org/10.32832/jm-uika.v8i2.749