Motivasi dan Koordinasi Terhadap Kualitas Pelayanan Pegawai Bappeda Kabupaten Bogor

Authors

  • Yudhi Vianto Hadi Prastiono BAPPEDA Kabupaten Bogor;
  • Dedi Walujadi Sekolah Tinggi Statistik Indonesia
  • Hendri Tanjung Sekolah pascasarjana UIKA Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/jm-uika.v8i2.751

Keywords:

motivation, coordination, quality of service.

Abstract

Penelitian dilaksanakan pada BAPPEDA Kabupaten Bogor dengan tujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi dan koordinasi terhadap kualitas pelayanan pegawai di BAPPEDA Kabupaten Bogor. Jenis penelitian ini deskriptif dan eksplanasi dengan menggunakan metode survei dan kajian pustaka. Analisis data dengan cara pendekatan kuantitatif melalui statistik. Variabel - variabel yang digunakan, adalah variabel terikat, yaitu kualitas pelayanan dan variabel bebas terdiri dari motivasi dan koordinasi. Penelitian ini untuk menganalisis pengaruh variabel bebas (X) terhadap variabel terikat (Y). Populasi terdiri dari pegawai dari unsur-unsur BAPPEDA Kabupaten Bogor sebanyak 89 orang pegawai. Untuk menetukan besarnya sampel digunakan teknik simple random sampling, sehingga jumlah sampel 47 pegawai.
Hasil penelitian diketahui variabel bebas motivasi berpengaruh positif dan nyata terhadap variabel terikat kualitas pelayanan pegawai BAPPEDA Kabupaten Bogor. Maka untuk meningkatkan kualitas pelayanan pegawai BAPPEDA Kabupaten Bogor perlu adanya peningkatan motivasi dan koordinasi.

References

Handoko, H. 2002. Manajemen Personalia. BPFE, Yogyakarta.

Hasibuan, M. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara, Jakarta.

Ishak, A. Hendri T. 2003. Manajemen Motivasi. Gramedia Widiasarana Indonesia, Jakarta.

James L. Gibson, John M. Ivancevich, James H. Donnelly Jr. 1997.

Organization Behavior, Structure, Processes, Boston: Massachusetts: Irwin Inc.

Kotler, Philip. 1997. Marketing Management: Analysis, Planning,

Implementation, and Control. Engle Wood Cliffs, Prentice Hall International, Inc. New Jersey.

Luthans,F.1995.OrganizationalBehaviour,

Seventh Edition. Mc Graw–Hill, International Edition. Singapore.

Nugroho, B.A. 2005. Strategi Jitu memilih Metode Statistik Penelitian dengan SPSS. Andi Offset, Yogyakarta.

Peraturan Daerah Kabupaten Bogor Nomor 12 Tahun 2008 tentang Pembentukan Lembaga Teknis Daerah Kabupaten Bogor

Peraturan Pemerintah Nomor 6 Tahun 1988 Tentang Koordinasi Kegiatan Instansi Vertikal di Daerah.

Rahayu, Mayang. 2011. Masyarakat di Tengah Deru. Kompasiana.

http://sosbud.kompasiana.com (20 Agustus)

Rencana Strategis BAPPEDA Kabupaten Bogor 2009-2013, 2009. Pemerintah Kabupaten Bogor.

Siagian, Sondang, 2003, Teori Motivasi dan Aplikasinya. PT. Rineka Cipta, Jakarta

Simon, Herbert A. 1997. Administrative Behavior. Free Press, New York.

Sudarman, D. 2004. Motivasi Kepemimpinan dan Efektifitas

Kelompok. Rineka Cipta, Jakarta.

Sugiyono. 2004, Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta, Bandung.

Terry, George R. 1997. Principle of Management. Seventh Edition. Home Wood, Illinois.

Undang-undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional (SPPN).

Undang-undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah.

Yosa. 2010. Pelayanan Publik, Good Governance & AAUPB Dalam Diskresi. http://itjen-depdagri.go.id. (15 Juli).

Downloads

Published

30-12-2018

How to Cite

Vianto Hadi Prastiono, Y., Walujadi, D., & Tanjung, H. (2018). Motivasi dan Koordinasi Terhadap Kualitas Pelayanan Pegawai Bappeda Kabupaten Bogor. Jurnal Manajemen, 8(2), 121–135. https://doi.org/10.32832/jm-uika.v8i2.751