Efektivitas Strategi Pengembangan dan Inovasi Media Pendidikan Kesehatan di Puskesmas Pasir Mulya
DOI:
https://doi.org/10.32832/educate.v7i2.7397Keywords:
Pendidikan, Kesehatan, Pengembangan MediaAbstract
Kader kesehatan sebagai sumber informasi bagi masyarakat berperan penting sebagai aset dalam membentuk perilakunya khususnya di bidang kesehatan dalam keakuratan informasi yang diterima oleh masyarakat. Mengembangkan media promosi kesehatan sebagai layanan kesehatan masyarakat selama pandemi Covid 19, kader membutuhkan banyak pelatihan untuk mengembangkan pengetahuan, pengalaman, dan keterampilan kader. Tidak hanya keberhasilan penjangkauan, tetapi juga keterampilan kader kesehatan untuk menginformasikan (Kementerian Kesehatan RI, 2018). Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menganalisis efektivitas pengembangan media dalam bentuk video dengan perancangan model pendidikan tentang peningkatan keterampilan kader kesehatan dalam penggunaan media untuk menyampaikan informasi yang berbasis pemberdayaan masyarakat sehingga mampu meningkatkan Pengetahuan, Perubahan Sikap dan prilaku Kesehatan. Metode Kuantitatif dengan design Chisquare. Hasil penelitian dapat membentuk suatu model pendidikan Promosi Kesehatan yaitu media dalam bentuk video tentang media pendidikan yang diterapkan. Media dan metode tersebut dapat meningkatkan hasil belajar berupa pengetahuan dan keterampilan dalam penyuluhan kader kesehatan dan masyarakat sehingga secara tidak langsung dapat membantu program pemerintah dalam pemberdayaan masyarakat.
References
Ariyani, L. D., Pertiwi, F. D., & Sari, M. M. (2019). Pengaruh Media Leaflet Mengenai Gizi Balita Terhadap Pengetahuan Ibu Di Desa Gunung Sari Kecamatan Pamijahan Kabupaten Bogor Tahun 2018. Promotor, 2(3), 199. https://doi.org/10.32832/pro.v2i3.1937
Dahlia, M., Rusilanti, R., Sachriani, S., & Riska T., N. (2016). Pengembangan Media DVD Interaktif dan Video tentang Menu Sehat Seimbang Balita untuk Kader Posyandu. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 23(1), 40. https://doi.org/10.21831/jptk.v23i1.9353
Khodijah, S., Syari, W., & Raharyanti, F. (2021). Analisis Implementasi Penemuan Dan Tatalaksana Pneumonia Pada Program Infeksi Saluran Pernapasan Akut Di Puskesmas Ciampea Tahun 2020. Promotor, 5(1), 75. https://doi.org/10.32832/pro.v5i1.6130
Masitha Arsyati, A., & Krisna Chandra, V. (2020). Assesment Kesiapan Kader Posyandu Dalam Pelatihan Penggunaan Media Online. Hearty, 8(1), 27–32. https://doi.org/10.32832/hearty.v8i1.3635
Nurrahman, F. S., & Armiyati, Y. (2017). Optimalisasi Status Kesehatan Remaja Melalui Pelatihan Kader Remaja Peduli Kesehatan. Prosiding Seminar Nasional Universitas Muhamadyah Semarang, 20–24.
Prasetya, E. P. (2020). 10 Characteristics of SMK Teachers in the Industrial Era 4.0 (Case Study at SMK Bina Profesi Bogor). Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(1), 50–55. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i1.297
Sa'adah, S., Khodijah Parinduri, S., & Dwimawati, E. (2021). Analisis Pelaksanaan Program Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular Di Wilayah Kerja Puskesmas Cibungbulang Tahun 2019-2020. Promotor, 4(2), 161. https://doi.org/10.32832/pro.v4i2.5582
Wahyuni, S., Mose, J. C., & Sabarudin, U. (2019). Pengaruh pelatihan kader posyandu dengan modul terintegrasi terhadap peningkatan pengetahuan, sikap dan keikutsertaan kader posyandu. Jurnal Riset Kebidanan Indonesia, 3(2), 95–101. https://doi.org/10.32536/jrki.v3i2.60
Yunia, R. D., & Raraningrum, V. (2020). Pengaruh Pendidikan Kesehatan terhadap Peran Kader dalam Pelaksanaan Post Natal Care (PNC) di Wilayah Kerja Puskesmas Kalibaru Kulon. Jurnal Ilmiah Kesehatan Rustida, 7(2), 105–124. https://doi.org/10.55500/jikr.v7i2.106
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors grant the journal copyright of the work licensed under CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal. | Penulis memberikan hak cipta karyanya kepada jurnal yang dilisensikan dengan CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License yang memungkinkan orang lain untuk menggunakan karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini. |