Dampak Implementasi Pembelajaran Jarak Jauh (Pjj) Terhadap Kinerja Di Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Ibn Khaldun Bogor
DOI:
https://doi.org/10.32832/educate.v7i1.6246Keywords:
PJJ, MBKM, KinerjaAbstract
Pandemi Covid-19 berdampak salah satunya terhadap sistem pembelajaran di Indonesia yang pada awalnya luring, kemudian beralih menjadi daring. Program Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) merupakan sistem pembelajaran daring berbasis teknologi digital yang dapat digunakan pada masa pandemi untuk meningkatkan aksesibilitas mahasiswa dan dosen melalui Learning Management System (LMS), Media Sosial, dan Teknologi Koresponden. Penelitian dilakukan untuk menganalisis dampak implementasi PJJ terhadap kinerja di Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Ibn Khaldun Bogor. Metode daalam penilitian menggunakan mix method yaitu kuantitatif (cross sectional) dan kualitatif (Rapid Assesment Procedure). Populasi mahasiswa PJJ terdiri dari 3 Institusi yakni FIKes UIKA Bogor, STIKES Griya Husada Sumbawa, dan Universitas Muhammadiyah Pontianak yang berjumlah 179 mahasiswa dan 16 dosen pengampu. Sampel dipilih melalui purposive sampling dengan kriteria inklusi berjumlah 80 mahasiswa dan 16 dosen. Hasil menunjukkan bahwa mayoritas (rata-rata persentase terteinggi nilai >95%) kelengkapan perencanaan perkuliahan tersedia, sarana dan prasarana perkuliahan terpenuhi, proses pelaksanaan PJJ cukup baik (rata-rata persentase terteinggi >45%) dalam segi pemahaman materi, kesempatan diskusi, beban penugasan, waktu penyelesaian tugas, teknik evaluasi pembelajaran, dan penjelasan ubrik penilaian dan bobot penilaian. Peluang pelaksanaan PJJ, mahasiswa dapa belajar dengan lebih mudah dan dosen bisa bekerjasama antar mitra PT, sedangkan hambatan yang ditemui adalah stabilitas jaringa internet yang seringkali menghambat pembelajaran. Implementasi PJJ dinilai sudah cukup baik pada seluruh komponen baik input, proses, dan output. Evaluasi PJJ pernting dilakukan setiap periode untuk peningkataan kualitas dan mutu pembelajaran antara pelaksana dan mitra PJJ.
References
Assidiqia, Muhamad Hasbi, Woro Sumar-nib.(2020). Pemanfaatan Platform Digital di Masa Pandemi Covid-19. emanfaatan Platform Digital di Masa Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Pascasarjana 2020: Issn: 2686 6404.
Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan dan
Efgivia, M. Givi. 2019. Pengaruh Media Blanded Dan E-Learning Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pengembangan Media Audio Mahasiswa Semester IV TP UIKA Bogor .Educate Jurnal Teknologi pendidikan. Vol 4, No. 2.
Kebudayaan. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar - Kampus Merdeka. Edisi ke 1 cetakan 1. http://dikti.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2020/04/Buku-Panduan-Merdeka-Belajar-Kampus-Merdeka-2020
Faizin, Khoirul. (2021). Evaluasi Penggunaan Aplikasi Pembelajaran Online Mahasiswa Stai Attanwir Bojonegoro Jawa Timur, Indonesia. Fikroh : Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam Volume. 14, Number. 2, Juli 2021 p-ISSN : 2087-7501, e-ISSN : 2715-4459 Hlm : 104-113 Journal Home Page : https://jurnal.stai-alazharmenganti.ac.id/index.php/fikroh
Ismayanti,Martina dan Wahyuddin. (2021). Preferensi Dan Pengalaman Mahasiswa Dalam Menggunakan Media Pembelajaran Online Di Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan, Vol. 22, No. 2, 2021. e-ISSN: 2443-3586 | p-ISSN: 1411-1942
Monica, Junita, dan Dini Fitriawati.(2020). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Zoom Sebagai Media Pembelajaran Online Pada Mahasiswa Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Communio : Jurnal Ilmu Komunikasi, Volume IX, No. 2, Juli – Desember 2020, hlm 1630 – 1640
Nugroho, Atmoko. (2012). Pengembangan Model Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Web (Model Development of Web-based Distance Learning). JURNAL TRANSFORMATIKA, Volume 9, No. 2, Januari 2012 : 72 – 78.
Perdana Prisma Ceila, Arris Maulana dan R. Eka Murtinugraha. (2021). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Jarak Jauh Pada Mata Kuliah Drainase Perkotaan Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan. JPTS, Vol. III No. 1, Juni 2021
Prameswaria, Adifa Balqis, dan Nita Nurliawatib, Benedicta Paulinac , Fauzan Gathan Maulanad, dan Zalfa Mellynda Nursanie. (2020). Keefektifan Pembelajaran Jarak Jauh dalam Konteks Merdeka Belajar. Prosiding Konferensi Nasional Ilmu Administrasi 4.0 Politeknik STIA LAN Bandung.
Utami, Iis Torisa. (2020). Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Kuliah Korespondensi Indonesia. Jurnal Sekretari & Administrasi (Serasi), Volume 18, No. 2, Oktober 2020, hlm 13-23
Yeliany, Anggun dan Erny Roesminingsih. (2021). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan Volume 09 Nomor 04 tahun 2021. 873-886
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors grant the journal copyright of the work licensed under CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal. | Penulis memberikan hak cipta karyanya kepada jurnal yang dilisensikan dengan CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License yang memungkinkan orang lain untuk menggunakan karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini. |