Pengembangan E-Learning Moodle Untuk Meningkatkan Kemandirian Dan Hasil Belajar Bagi Siswa School From Home
DOI:
https://doi.org/10.32832/educate.v7i2.7794Keywords:
Teknologi Pendidikan, E-learning, Moodle, Hasil Belajar, Kemandirian Belajar, Covid-19Abstract
Tujuan penelitian untuk (1) Menghasilkan media e-learning berbasis Moodle yang layak digunakan dalam proses pembelajaran di SMK Negeri 12 Surabaya pada mata pelajaran bahasa Inggris saat siswa melakukan School From Home (2) Menghasilkan media e-learning berbasis Moodle yang efektif dalam meningkatkan kemandirian belajar (3) Menghasilkan media e-learning berbasis Moodle yang efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Inggris saat siswa melakukan School from Home. Jenis penelitian adalah Research and Development model Borg and Gall. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, angket dan tes. Hasil penelitian sebagai berikut (1) Produk e-learning yang dikembangkan menggunakan Moodle versi 3.3. (2) Produk e-learning berbasis Moodle layak digunakan berdasarkan validasi ahli media dengan skor 92,3% dengan kriteria baik. Validasi uji kelompok kecil mendapatkan skor rata-rata sebesar 97,9%, prosentase tersebut masuk dalam kategori sangat baik. (3) Kemandirian belajar siswa XI Karawitan 1 SMKN 12 Surabaya menggunakan rumus PSA menjadi 86,69% meningkat sebanyak 26,1% yang tadinya sebelum menggunakan e-learning berbasis Moodle sebesar 60,59%. (4) Efektivitas hasil belajar ketika menggunakan media pembelajaran berbasis Moodle pada mata pelajaran bahasa Inggris menggunakan rumus average of gain yang kemudian mendapatkan hasil diangka 0,43. Angka 0,43 menunjukkan bahwa media pembelajaran bahasa Inggris berbasis Moodle efektif meningkatkan hasil belajar siswa
References
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Karya.
Chania, R., Zakir, S., Iswantir, & Aprison, W. (2022). Pengaruh Penggunaan E-Learning Aplikasi MOODLE, Jurnal Ilmiah Multi Disiplin Indonesia, Vol. 2, Spesial Issues 1
Dina, & Eka Nugraheni, A. R. (2017). Profil Kemandirian dan Minat Belajar Mahasiswa Pendidikan Kimia Pada Mata Kuliah Wawasan dan Kajian MIPA Melalui Pembelajaran E-Learning, Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol. 11, No. 2
Gall, M., & Borg, W. R. (1983). Educational Research. New York : Longman.
Hake, R. R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. Diakses pada 18 Juli 2021, http://www.physics.indiana.edu/~sdi/AnalyzingChange-Gain.pdf
Irawan, R., & Surjono, H. D. (2018). Pengembangan E-Learning Berbasis Moodle dalam Peningkatkan Pemahaman Lagu pada Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, Vol. 5, No. 1
Mc.Kagan, S. B., Sayre, E. C., & Madsen, A. (2017, April 20). Normalized gain: What is it and when and how should I use it? Diakses pada 16 Juli 2021, https://www.physport.org/recommendations/Entry.cfm?ID=93334
Muslimah, T., & Fauziah, N. M. (2021). Penerapan Media E-Learning Berbasis Moodle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, Vol.9, No. 2
Prakoso, K. S. (2005). Membangun E-Learning dengan Moodle. Yogyakarta: Andi Offset.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sumarmo, U. (2004). Kemandirian Belajar: Apa, Mengapa dan Bagaimana.
Tumijan, P., & Purwanto, A. (2018). Pengembangan E-Learning Berbasis Moodle Sebagai Upaya Inovatif untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Materi Rangkaian Listrik Sederhana untuk Siswa Kelas VI SD Penabur Jakarta, diakses pada 17 Juli 2021, https://core.ac.uk/download/pdf/229279467.pdf
Wicaksana, E. J., P. A., Lestari, W., Tanti, L. A., & Odrina, R. (2020). Efektifitas Pembelajaran Menggunakan Moodle Terhadap Motivasi dan Minat Bakat Peserta Didik di Tengah Pandemi Covid -19. Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran, Vol. 1, No. 2
Zyainuri, Z., & Marpanaji, E. (2012). Penerapan E-learning MOODLE untuk Pembelajaran Siswa yang Melaksanakan Prakerin. Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol. 2, No. 3
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors grant the journal copyright of the work licensed under CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal. | Penulis memberikan hak cipta karyanya kepada jurnal yang dilisensikan dengan CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License yang memungkinkan orang lain untuk menggunakan karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini. |