Hubungan Antara Pemahaman Gadik Tentang Teknologi Informasi Dan Profesionalisme Gadik Dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Hakekat Gangguan Kamtibmas Di Sekolah Polisi Negara Polda Metro Jaya
DOI:
https://doi.org/10.32832/educate.v7i2.7850Keywords:
gadik, polri, teknologi informasi, elearning, hasil belajarAbstract
Kepolisian Negara Republik Indonesia (POLRI) adalah lembaga eksekutif dalam hal keamanan negara di seluruh wilayah negara Indonesia. POLRI memiliki peran untuk mewujudkan keamanan dalam Negeri Indonesia yang meliputi terpeliharanya keamanan dan ketertiban masyarakat, untuk menciptkan POLRI yang profesional dan handal diperlukanlah pembinaan serta pendidikan yang berkulitas. Kegiatan yang dilakukan secara Ofline atau tatap muka maupun cecara Online menggunakan media e lerning yang sudah disiapkan. Namun demikian berdasarkan hasil pengamatan dan observasi penulis, tidak semua Pendidik di SPN Polda Metro Jaya memiliki Profesionalisme Gadik yang tinggi khususnya pada mata pelajaran yang bersifat akademik (teoritik) apalagi dengan menggunakan media e learning (online). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan model korelasional. Variabel penelitian ini terdiri atas dua variabel bebas (independent variable) dengan Syimbol X1 dan X2 yaitu Pemahaman tenaga pendidik tentang teknologi informasi (X1) dan Profesionalisme Gadik (X2). Sedangkan variabel terikat (dependent variable) dengan simbol Y yaitu hasil belajar peserta didik. Sampel penelitian ini menggunakan sampel sensus yaitu semua tenaga pendidik di lingkungan SPN Polda Metro Jaya adapun sampel yang digunakan adalah 20 orang untuk uji coba insturmen dan 40 Orang untuk pembahasan hasil penelitian.
References
Akyas Azhari, Psikologi Pendidikan, Semarang : Dina Utama Semarang, 1996
Anderson R.H. Selecting & Developing Media for Instruction Wescosin: American Society for Training and Development, 1976
Bachtiar, Da'i, Profesionalisme Anggota Polri Suatu Tantangan, Jakarta: Grafira Indonesia, 2002
DeVito A. Joseph., The Interpersonal Communication Book. 6th ed., New York: Harper Collins. 1992
Dimyati dan Mudjiyono, Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. PT. Rineka Cipta, 1999
Hamalik Oemar, Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta. Bumi Aksara, 2008
Kelana, Momo., Memahami Undang-Undang Kepolisian, Jakarta: Grafira Indonesia, 2002
Muhibbinsyah, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung : Remaja Rosdakarya, 2002
Mulyana, Deddy., Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2005
Nasution, S.., Didaktik Asas-asas Mengajar, Jakarta : Bumi Aksara, 1995
Peter Salim dan Yenny Salim, Kamus Besar Bahasa Indonesia Kontemporer, Jakarta : Modern English, 1991
Purwanto, Ngalim, Psikologi Pendidikan, Bandung : PT. Remaja Rosda Karya, 1998
Sabri M. Alisuf, Pengantar Psikologi Umum dan Perkembangan, Jakarta : CV. Pedoman Ilmu Jaya, 2001
Sabri , M. Alisuf, Psikologi Pendidikan, (Jakarta : Pedoman Ilmu Jaya, 1996
Sardiman A.M, Interaksi dan Profesinalisme Gadik Mengajar, Jakarta : C. V. Rajawali, 1990
Sudarmanto, Y.B., Tuntunan Metodologi Belajar, Jakarta: Penerbit Gramedia,1993
Suranto, Pemahaman tenaga pendidik tentang teknoligi informasi . Yogyakarta: Graha Ilmu, 2011
Sutanto, Reformasi di Tubuh Polri, .Jakarta: Grafira Indonesia, 2003
Tadjab, Ilmu Jiwa Pendidikan, Surabaya: Karya Abitama, 1994
Tan Seng Chee & Angela F. L. Wong (Eds.) Teaching and learning with technology: An asia-pacific perspective. Singapore: Prentice Hall, 2003
Winarno, Agung., Pengembangan Model Pembelajaran Internalisasi Nilai-Nilai Kewirausahaan pada Sekolah Menengah Kejuruan di Kota Malang. Jurnal Ekonomi Bisnis Tahun 14 Nomor 2 Juli 2009
Winkel, WS. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar, Jakarta : PT. Gramedia, 1986
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors grant the journal copyright of the work licensed under CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal. | Penulis memberikan hak cipta karyanya kepada jurnal yang dilisensikan dengan CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License yang memungkinkan orang lain untuk menggunakan karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini. |