Hubungan Antara Pemahaman Gadik Tentang Teknologi Informasi Dan Profesionalisme Gadik Dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Hakekat Gangguan Kamtibmas Di Sekolah Polisi Negara Polda Metro Jaya

Authors

  • Warono Warono Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Muhammad Givi Efgivia Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/educate.v7i2.7850

Keywords:

gadik, polri, teknologi informasi, elearning, hasil belajar

Abstract

Kepolisian Negara Republik Indonesia (POLRI) adalah lembaga eksekutif  dalam hal keamanan negara di seluruh wilayah negara Indonesia. POLRI memiliki peran untuk mewujudkan keamanan dalam Negeri  Indonesia yang meliputi  terpeliharanya keamanan dan ketertiban masyarakat, untuk menciptkan POLRI yang profesional dan handal diperlukanlah pembinaan serta pendidikan yang berkulitas. Kegiatan yang dilakukan secara Ofline atau tatap muka maupun cecara Online menggunakan media e lerning yang sudah disiapkan. Namun demikian berdasarkan hasil pengamatan dan observasi penulis, tidak semua Pendidik di SPN Polda Metro Jaya  memiliki Profesionalisme Gadik   yang tinggi khususnya pada mata pelajaran yang bersifat akademik (teoritik) apalagi dengan menggunakan media e learning (online).  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan model korelasional. Variabel penelitian ini terdiri atas dua variabel bebas (independent variable) dengan Syimbol  X1 dan X2 yaitu Pemahaman tenaga pendidik tentang teknologi informasi   (X1) dan Profesionalisme Gadik    (X2). Sedangkan variabel terikat (dependent variable) dengan simbol Y yaitu hasil belajar peserta didik. Sampel penelitian ini  menggunakan sampel sensus yaitu semua tenaga pendidik di lingkungan SPN Polda Metro Jaya adapun sampel yang digunakan adalah 20 orang untuk uji coba insturmen dan 40 Orang untuk pembahasan hasil penelitian.

References

Akyas Azhari, Psikologi Pendidikan, Semarang : Dina Utama Semarang, 1996

Anderson R.H. Selecting & Developing Media for Instruction Wescosin: American Society for Training and Development, 1976

Bachtiar, Da'i, Profesionalisme Anggota Polri Suatu Tantangan, Jakarta: Grafira Indonesia, 2002

DeVito A. Joseph., The Interpersonal Communication Book. 6th ed., New York: Harper Collins. 1992

Dimyati dan Mudjiyono, Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. PT. Rineka Cipta, 1999

Hamalik Oemar, Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta. Bumi Aksara, 2008

Kelana, Momo., Memahami Undang-Undang Kepolisian, Jakarta: Grafira Indonesia, 2002

Muhibbinsyah, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung : Remaja Rosdakarya, 2002

Mulyana, Deddy., Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2005

Nasution, S.., Didaktik Asas-asas Mengajar, Jakarta : Bumi Aksara, 1995

Peter Salim dan Yenny Salim, Kamus Besar Bahasa Indonesia Kontemporer, Jakarta : Modern English, 1991

Purwanto, Ngalim, Psikologi Pendidikan, Bandung : PT. Remaja Rosda Karya, 1998

Sabri M. Alisuf, Pengantar Psikologi Umum dan Perkembangan, Jakarta : CV. Pedoman Ilmu Jaya, 2001

Sabri , M. Alisuf, Psikologi Pendidikan, (Jakarta : Pedoman Ilmu Jaya, 1996

Sardiman A.M, Interaksi dan Profesinalisme Gadik Mengajar, Jakarta : C. V. Rajawali, 1990

Sudarmanto, Y.B., Tuntunan Metodologi Belajar, Jakarta: Penerbit Gramedia,1993

Suranto, Pemahaman tenaga pendidik tentang teknoligi informasi . Yogyakarta: Graha Ilmu, 2011

Sutanto, Reformasi di Tubuh Polri, .Jakarta: Grafira Indonesia, 2003

Tadjab, Ilmu Jiwa Pendidikan, Surabaya: Karya Abitama, 1994

Tan Seng Chee & Angela F. L. Wong (Eds.) Teaching and learning with technology: An asia-pacific perspective. Singapore: Prentice Hall, 2003

Winarno, Agung., Pengembangan Model Pembelajaran Internalisasi Nilai-Nilai Kewirausahaan pada Sekolah Menengah Kejuruan di Kota Malang. Jurnal Ekonomi Bisnis Tahun 14 Nomor 2 Juli 2009

Winkel, WS. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar, Jakarta : PT. Gramedia, 1986

Downloads

Published

26-07-2022

How to Cite

Warono, W., & Efgivia, M. G. (2022). Hubungan Antara Pemahaman Gadik Tentang Teknologi Informasi Dan Profesionalisme Gadik Dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Hakekat Gangguan Kamtibmas Di Sekolah Polisi Negara Polda Metro Jaya. Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(2), 281–288. https://doi.org/10.32832/educate.v7i2.7850

Issue

Section

Artikel