Pengaruh Model Pembelajaran Dan Kemandirian Pelajaran Fisika Siswa Kelas X Di Madrasah Aliyah Ibnu Taimiyah Bogor
DOI:
https://doi.org/10.32832/educate.v8i1.8276Keywords:
Pembelajaran Inkuiri, Pembelajaran Ekspositori, Kemandirian BelajarAbstract
Penelitian ini secara umum bertujuan untuk memperoleh data empiris tentang: 1) Terdapat perbedaan hasil belajar Fisika kelas X IPA Madrasah Ibnu Taimiyah yang dibelajarkan model pembelajaran Inkuiri dengan model pembelajaran ekspositori; 2) Terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar fisika kelas X IPA Madrasah Ibnu Taimiyah; 3) Terdapat perbedaan hasil belajar fisika kelas X IPA Madrasah Ibnu Taimiyah bagi siswa yang dibelajarkan model pembelajaran inkuiri dengan model pembelajaran Ekspositori, yang mempunyai kemandirian tinggi; 4) Terdapat perbedaan hasil belajar fisika kelas X IPA Madrasah Ibnu Taimiyah bagi siswa yang dibelajarkan model pembelajaran inkuiri dengan model pembelajaran Ekspositori, yang mempunyai kemandirian rendah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Variabel penelitian yang diukur dalam penelitian ini meliputi dua variabel utama yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Variabel terikat adalah hasil belajar Fisika Kelas X IPA Madrasah Aliyah Ibnu Taimiyah Bogor dan variabel bebasnya terdiri dari dua variabel yaitu : a) variabel perlakuan yang terdiri dari model pembelajaran Inkuiri (A1) dan model pembelajaran Ekspositori (A2), b) variabel kemandirian yaitu terdiri dari kemandirian tinggi (B1) dan kemandiriaan rendah (B2).
Hasil yang diperoleh dalam penelitian adalah 1) Hasil Belajar Fisika sisw kelas X IPA Madrasah Ibnu Taimiyah yang menggunakan model pembelajaran Inkuiri lebih baik dibanding siswa yang menggunakan model Ekspositori: 2) Terdapat perbedaan antara siswa dengan kemandirian tinggi dan kemandirian rendah terhadap Hasil Belajar Fisika siswa kelas X IPA Madrasah Ibnu Taimiyah; 3) hasil belajar Fisika siswa kelas X IPA Madrasah Aliyah Ibnu Taimiyah yang menggunakan model pembelajaran Inkuiri lebih baik dibanding siswa yang menggunakan Model Pembelajaran Ekspositori, apabila ditinjau pada siswa dengan kemandirian siswa tinggi; 4) hasil belajar Fisika siswa kelas IPA Madrasah Ibnu Taimiyah yang menggunakan model pembelajaran Inkuiri lebih baik dibanding siswa yang menggunakan Model Pembelajaran Ekspositori, apabila ditinjau pada siswa dengan kemandirian siswa rendah.
References
Aliyyah, R. R., Puteri, F. A., & Kurniawati, A. (2017). Pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar IPA. Jurnal Sosial Humaniora, 8(2), 126–143.
Argasetra, N. D. (2017). THE CORRELATION BETWEEN LEARNING STYLE AND ACADEMIC ACHIEVEMENT OF ENGLISH EDUCATION STUDY PROGRAM STUDENTS OF UIN RADEN FATAH PALEMBANG. UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
Ariani, T. (2017). Penerapan Strategi Pembelajaran Ekspositori Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 4(1), 19–26.
Arief, Z. A. (2012). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bogor: Widya Sakti.
Arief, Z. A., & Sc, M. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan: Persfektif Paradigma Baru Dalam Penelitian Pendidikan. Bogor: Graha Widya Sakti, 155–158.
Efgivia, M. G. (2019). Pengaruh Media Blanded Dan E-Learning Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pengembangan Media Audio Mahasiswa Semester IV TP UIKA Bogor. Educate: Jurnal Teknologi Pendidikan, 4(2), 85–96.
Hasbiyalloh, A. S., Harjono, A., & Verawati, N. N. S. P. (2017). Pengaruh model pembelajaran ekspositori berbantuan scaffolding dan advance organizer terhadap hasil belajar fisika peserta didik kelas X. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 3(2), 173–180.
Hendrowati, T. Y. (2015). Pembentukan Pengetahuan Lingkaran Melalui Pembelajaran Asimilasi dan Akomodasi Teori Konstruktivisme Piaget. JURNAL E-DuMath, 1(1).
Hutauruk, P., & Simbolon, R. (2018). Meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan alat peraga pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN Nomor 14 Simbolon Purba. School Education Journal PGSD FIP Unimed, 8(2), 121–129.
Jannah, T. M. (2019). Pengaruh Reward Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Samarinda.
Kennedy, D., Hyland, í., & Ryan, N. (2009). Learning outcomes and competences. Introducing Bologna Objectives and Tools, 2–3.
Kurniasih, D. A. (2010). Pengaruh implementasi strategi pembelajaran think talk write terhadap prestasi belajar matematika siswa dalam menyelesaikan soal cerita ditinjau dari kemandirian belajar siswa pada siswa smk jurusan bisnis manajemen kota Madya Surakarta tahun ajaran 2008. UNS (Sebelas Maret University).
Lopez, S. J. (2011). The encyclopedia of positive psychology. John Wiley & Sons.
Mashuri, I. (2016). Pengaruh pembelajaran berbasis masalah dan inkuiri ditinjau dari kemandirian belajar siswa kelas X SMA Negeri kabupaten Blora.
Pierangelo, R., & Giuliani, G. (2007). Understanding assessment in the special education process: A step-by-step guide for educators. Corwin Press.
Rini, E. F. S., Wibisono, G., Ramadhanti, A., Simamora, N. N., & Chen, D. (2020). Pengaruh Kemandirian Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI di SMA Negeri 11 Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 6(2), 256–263.
Sirait, M. (n.d.). Model Pembelajaran Berbasis Discovery- Inkuiri dan Kontribusinya Terhadap Penguatan Kualitas Pembelajaran di Sekolah Dasar. 1(2).
Snow, M. A. (2005). A model of academic literacy for integrated language and content instruction. In Handbook of research in second language teaching and learning (pp. 717–736). Routledge.
Suweta, I. M. (2020). Model Pembelajaran Ekspository sebagai Upaya untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Kepariwisataan. Journal of Education Action Research, 4(4), 467. https://doi.org/10.23887/jear.v4i4.28644
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors grant the journal copyright of the work licensed under CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal. | Penulis memberikan hak cipta karyanya kepada jurnal yang dilisensikan dengan CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License yang memungkinkan orang lain untuk menggunakan karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini. |