Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran Ipa Berbasis Komik Digital Pada Materi Suhu, Kalor, Dan Pemuaian Kelas VII SMPIT Al Kahfi Kabupaten Bogor

Authors

  • Reni Kurniawati Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Muktiono Waspodo Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • T. Abdul Madjid Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/educate.v8i02.14607

Keywords:

bahan ajar, komik digital, research and development

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui prosedur pengembangan bahan ajar IPA berbasis komik digital pada materi suhu, kalor, dan pemuaian kelas VII, 2) mengetahui kelayakan bahan ajar IPA berbasis komik digital pada materi suhu, kalor, dan pemuaian kelas VII, 3) mengetahui efektivitas bahan ajar IPA berbasis komik digital pada materi suhu, kalor, dan pemuaian kelas VII. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Hasil penelitian ini adalah 1) pengembangan bahan ajar berbasis komik digital menggunakan perpaduan model Borg and Gall dan Dick and Carey. Adapun langkah penelitian dan pengembangan tersebut adalah 1) Studi Pendahuluan; 2) Perencanaan; 3) Desain Model; 4) Validasi Pakar dan Uji One to One; 5) Revisi Model; 6) Uji Kelompok Kecil; 7) Revisi Model; 8) Uji Kelompok Besar; 9) Revisi Final dan 10) Implementasi. . Produk ini berbasis aplikasi yang dapat di-install di komputer atau gawai, sehingga mudah digunakan di mana saja. Materi yang disajikan adalah suhu, kalor, dan pemuaian. Dalam pengembangan bahan ajar komik digital ini menggunakan karakter keluarga (ibu dan anak) dan dilengkapi gambar yang sesuai dengan alur cerita. Ada pula materi, latihan soal, dan evaluasi yang disesuaikan dengan kurikulum sekolah penggerak. 2) Kelayakan bahan ajar diperoleh dari hasil validasi ahli materi yang menunjukkan nilai 80% yang berarti masuk kriteria sangat valid/layak, sedangkan ahli bahasa menunjukkan nilai 96% yang berarti bahwa produk ini sangat valid/layak, sedangkan hasil dari ahli media dan desain pembelajaran sebesar 76% dan 79% yang berarti valid/layak. 3) Rata-rata pretest yang diperoleh pada uji coba lapangan adalah 59, sedangkan posttest sebesar 74. Berdasarkan uji normalitas, bahwa nilai signifikansi sebesar 0,2 > 0,05 bahwa data yang dihasilkan berdistribusi normal. Berdasarkan data uji hipotesis, dapat diketahui bahwa nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang nyata antara hasil belajar IPA pada data pretest dan posttest.

References

Arief, Z. A. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bogor: Graha Widya Sakti.

Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. USA: University of Georgia

Haviz, M. (2013). Research and Development: Penelitian di Bidang Kependidikan yang Inovatif, Produktid, dan Bermakna. Ta'dib Vol.16 , No. 1, 28-43.

Ifeoma, M. M. (2013). Use of Instructional Materials and Education Performance of Student in Integrated Science(a Case Study of Unity Schools in Jalingo, Taraba, State, Nigeria). IOSR Journal of Research & Method in Education, 3 (4), 3, 07-11.

lhan, G O, et all . (2021). Usage of digital comics in distance learning during. International Journal on Social and Education Sciences (IJonSES), 3(1), 161-179.

Nana. (2020). Pengembangan Bahan Ajar . Klaten: Lakeisha.

Utomo, Dias Tiara Putri dan Finaty Ahsanah. (2020). Utilizing Digital Comics in College Students' Grammar Class. Journal of English Language Teaching and Linguistics, 5 (3), 393-403.

Putra, N. (2011). Research & Development. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.Jakarta : Kencana.

Smaldino, S. E. (2014). Instructional Technology and Media for Learning. America: Pearson Education Limited.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

14-07-2023

How to Cite

Kurniawati, R., Waspodo, M., & Madjid, T. A. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran Ipa Berbasis Komik Digital Pada Materi Suhu, Kalor, Dan Pemuaian Kelas VII SMPIT Al Kahfi Kabupaten Bogor. Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(02), 194–203. https://doi.org/10.32832/educate.v8i02.14607

Issue

Section

Artikel