Pengembangan Media Interaktif Berbasis Android Pada Materi Operasi Hitung Perkalian Dan Pembagian Pecahan Kelas V SDN Babakan 02 Kecamatan Ciseeng Kabupaten Bogor
DOI:
https://doi.org/10.32832/educate.v8i1.8278Keywords:
Media Interaktif Berbasis Android, Pembelajaran Daring, MatematikaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah pengembangan Media Interaktif Berbasis Android Pada Materi Operasi Hitung Perkalian Dan Pembagian Pecahan Kelas V SDN Babakan 02 Kecamatan Ciseeng Kabupaten Bogor dan untuk mengetahui kelayakan dan efektifitasnya. Metode penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D). Model pengembangan pembelajaran yang digunakan adalah Model Borg and Gall yang diintegrasikan Dick and Carey pada tahap strategi pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V.
Kesimpulan dari penelitian ini berdasarkan hasil uji kelayakan antara lain (1) hasil pengujian materi pembelajaran diperoleh persentase sebesar 97% dan dikategorikan sangat baik; (2) hasil pengujian media pembelajaran sebesar 94,4% dan berada pada kategori sangat baik; dan (3) hasil pengujian desain pembelajaran sebesar 90% dan dikategorikan sangat baik. Untuk mengetahui efektifitas pembelajaran online dilakukan melalui pengujian nilai N-Gain dari hasil pre test dan post test. Hasil yang diperoleh sebesar 0,73 (73%). Berdasarkan nilai tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran online yang sedang dikembangkan cukup efektif matematika berbasis Android di SDN Babakan 02 Kecamatan Ciseeng Kabupaten Bogor sangat layak dan cukup efektif.References
Arief, Z. A. (2017). Kawasan Penelitian Teknologi Pendidikan. UIKA
Arief,Z.A (2015)Landasan Teknologi Pendidikan. UIKA
Android pada pembelajaran tematik kelas IV Fakultas keguruan UIN Raden Intan. Lampung
Artikel candra Hidayat tentang Model Pengembangan Dick and Carey, sumber
Ellstya Hayati Ulfa Pegembangan Media Pembelajaran interaktif berbasis
Purnomosidi(2018)Senang Belajar Matematika.Kementrian pendidikan dan kebudayaan republik Indonesia
Model-model pengembangan produk R and D Artikel candra Hidayat tentang Model Pengembangan Dick and Carey, sumber Model-model pengembangan produk R and D
Pengajar dan Inovator Pendidikan. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Razali Sharifah Nadiyah(2015), The Development of Online Project Based Collaborative Learning using ADDIE Model , Elsevier Ltd, Istanbul Univeristy
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian & Pengembangan. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2019). Metode penelitian pendidikan:(pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Alfabeta.
Supardi, S. (2017). Statistik Penelitian Pendidikan. PT Raja Grafindo Persada
Siregar Sofian (2013) Metode Penelitian Kuantitatif.KENCANA
Suparman, M. A. (2012). Desain Instruksional Modern: Panduan Para
Sutrisno, M.Sc.Ph.D.(2001) Pengantar Pembelajaran Inovatif. GP PRESS
Sutrisno, M.Sc.Ph.D(2012)Kreatif Mengembangkan Aktivitas Pembelajaran Berbasis TIK. Referensi
Sutopo, A. H. (2012). Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu
Sutrisno. (2011). Pengantar Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press
Selay Arkün (2018) A Study on the development process of a multimedia learning environment according to the ADDIE model and students' opinions of the multimedia learning environment, IEM, University of Baecelona
Tyas Dewi (2013) Esps Matematika kelas V SD. Erlangga
Widyastuti, Susiana(2019), Using the ADDIE model to develop learning material for actuarial mathematics, IOP Publishing, Universitas Ahmad Dahlan
Walter R. Borg & Meredith D. Gall Hardcover, (1983) Educational Research An Introduction, Prentice Hall Press; 4th ed. Edition, Oregon.
Walter Dick, Lou Carey, James O Carey (2015), Pearson, 8th ed. Edition florida,
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors grant the journal copyright of the work licensed under CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal. | Penulis memberikan hak cipta karyanya kepada jurnal yang dilisensikan dengan CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License yang memungkinkan orang lain untuk menggunakan karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini. |