Pengembangan Media Interaktif Berbasis Android Pada Materi Operasi Hitung Perkalian Dan Pembagian Pecahan Kelas V SDN Babakan 02 Kecamatan Ciseeng Kabupaten Bogor

Authors

  • Herni Herni Sekolah Pascasarjana Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Muktiono Waspodo Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Sigit Wibowo Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/educate.v8i1.8278

Keywords:

Media Interaktif Berbasis Android, Pembelajaran Daring, Matematika

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah pengembangan Media Interaktif Berbasis Android Pada Materi Operasi Hitung Perkalian Dan Pembagian Pecahan Kelas V SDN  Babakan  02 Kecamatan Ciseeng Kabupaten Bogor dan untuk mengetahui kelayakan dan efektifitasnya. Metode penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D). Model pengembangan pembelajaran yang digunakan adalah Model Borg and Gall yang diintegrasikan Dick and Carey pada tahap strategi pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V.

Kesimpulan dari penelitian ini berdasarkan hasil uji kelayakan antara lain (1) hasil pengujian materi pembelajaran diperoleh persentase sebesar 97% dan dikategorikan sangat baik;  (2) hasil pengujian media pembelajaran sebesar 94,4% dan berada pada kategori sangat baik; dan (3) hasil pengujian desain pembelajaran sebesar 90% dan dikategorikan sangat baik. Untuk mengetahui efektifitas pembelajaran online dilakukan melalui pengujian nilai N-Gain dari hasil pre test dan post test. Hasil yang diperoleh sebesar 0,73 (73%). Berdasarkan nilai tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran online yang sedang dikembangkan cukup efektif matematika berbasis Android di SDN Babakan 02 Kecamatan Ciseeng Kabupaten Bogor  sangat layak dan cukup efektif.

References

Arief, Z. A. (2017). Kawasan Penelitian Teknologi Pendidikan. UIKA

Arief,Z.A (2015)Landasan Teknologi Pendidikan. UIKA

Android pada pembelajaran tematik kelas IV Fakultas keguruan UIN Raden Intan. Lampung

Artikel candra Hidayat tentang Model Pengembangan Dick and Carey, sumber

Ellstya Hayati Ulfa Pegembangan Media Pembelajaran interaktif berbasis

Purnomosidi(2018)Senang Belajar Matematika.Kementrian pendidikan dan kebudayaan republik Indonesia

Model-model pengembangan produk R and D Artikel candra Hidayat tentang Model Pengembangan Dick and Carey, sumber Model-model pengembangan produk R and D

Pengajar dan Inovator Pendidikan. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Razali Sharifah Nadiyah(2015), The Development of Online Project Based Collaborative Learning using ADDIE Model , Elsevier Ltd, Istanbul Univeristy

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian & Pengembangan. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2019). Metode penelitian pendidikan:(pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Alfabeta.

Supardi, S. (2017). Statistik Penelitian Pendidikan. PT Raja Grafindo Persada

Siregar Sofian (2013) Metode Penelitian Kuantitatif.KENCANA

Suparman, M. A. (2012). Desain Instruksional Modern: Panduan Para

Sutrisno, M.Sc.Ph.D.(2001) Pengantar Pembelajaran Inovatif. GP PRESS

Sutrisno, M.Sc.Ph.D(2012)Kreatif Mengembangkan Aktivitas Pembelajaran Berbasis TIK. Referensi

Sutopo, A. H. (2012). Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu

Sutrisno. (2011). Pengantar Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press

Selay Arkün (2018) A Study on the development process of a multimedia learning environment according to the ADDIE model and students' opinions of the multimedia learning environment, IEM, University of Baecelona

Tyas Dewi (2013) Esps Matematika kelas V SD. Erlangga

Widyastuti, Susiana(2019), Using the ADDIE model to develop learning material for actuarial mathematics, IOP Publishing, Universitas Ahmad Dahlan

Walter R. Borg & Meredith D. Gall Hardcover, (1983) Educational Research An Introduction, Prentice Hall Press; 4th ed. Edition, Oregon.

Walter Dick, Lou Carey, James O Carey (2015), Pearson, 8th ed. Edition florida,

Downloads

Published

11-01-2023

How to Cite

Herni, H., Waspodo, M., & Wibowo, S. (2023). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Android Pada Materi Operasi Hitung Perkalian Dan Pembagian Pecahan Kelas V SDN Babakan 02 Kecamatan Ciseeng Kabupaten Bogor. Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(1), 75–85. https://doi.org/10.32832/educate.v8i1.8278

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)