Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Pada Matakuliah Aplikasi Komputer Semester 3 STIBA Arraayah Sukabumi
DOI:
https://doi.org/10.32832/educate.v8i02.14605Kata Kunci:
media pembelajaran, web-based learning, research and development, ADDIE, Aplikasi KomputerAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Proses Pengembangkan Media Pembelajaran, 2) Menganalisis Kelayakan Media Pembelajaran Berbasis Web untuk mendukung pada proses pembelajaran dimasa pandemi pada mata kuliah Aplikasi Komputer Semester 3 di STIBA Ar- Raayah Sukabumi.
Metode penelitian ini merupakan penelitian pengambangan atau dapat disebut juga dengan Research and Development (R&D). Dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analisys, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek pada penelitian ini adalah mahasiswa semester 3 di STIBA Ar-Raayah Sukabumi.
Hasil penelitian menunjukan bahawa secara keseluruhan, hasil penilaian uji coba dari pada ahli materi terhadap media pengembangan berbasis web adalah 91,1% (sangat Layak). Kemudian hasil penilaian kelayakan uji coba dari ahli media terhadap media pembelajaran berbasis web adalah 81,7% (Sangat Layak). Lalu hasil penilaian kelayakan uji coba perorangan dari dosen pengampu terhadap media pembelajaran berbasis web adalah 85,2% (Sangat Layak) dan hasil penilaan kelayakan uji coba perorangan dari mahasiswa terhadap media pembelajaran berbasis web adalah 93,3% (Sangat Layak)
Referensi
Arsyad, Azhar. 2006. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Asyhar, Rayandra. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta.
Cambridge Advanced Learner‟s Dictionary: Second Edition. 2005. Cambridge, UK: Cambridge University Press.
Fathansyah. 2012. Basis Data, Edisi Revisi. Bandung: Penerbit Informatika. Franestian, Invanau Didit. 2011. Pengembangan Situs Pembelajaran Bilingual Menggunakan Blogware Wordpress.com dengan Tema Air sebagai Pendukung Pembelajaran IPA (Science Web Based Learning).
Kominfo: Pengguna Internet di Indonesia 63 Juta Orang. https://kominfo.go.id/index.php/content/detail/3415/kominfo+%3A+pengguna+internet+di+indonesia+63+juta+orang/0/berita_satker. Diakses pada tanggal 11 November 2020.
Kadir, Abdul. 1999. Konsep dan Tuntunan Praktis Basis Data. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Kustandi, Cecep dan Bambang Sutjipto. 2011. Media Pembelajaran Manual dan Digital, Edisi Kedua. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.
Lee, William W dan Diana L Owens. 2004. Multimedia-Based Instructional Design, Second Edition. San Fransisco: Pfeiffer.
Lewis, J.R. 1993. IBM Computer Usability Satisfaction Questionnaires: Psychomotric Evaluation and Instrucyions for Use. Boca, Raton: IBM Corporation.
Myers, Glenford J dkk. 2012. The Art of Software Testing. New Jersey : John Wiley & Sons, Inc.
Pratama, Riko. 2013. Pengertian Situs Web. Diakses dari: http://www.riko.web.id/2013/12/pengertian-situs-web.html. Pada tanggal 5 Juni 2014.
Pressman, Roger S. 2002. Software Engineering: A Practitioner’s Approach. New York: McGraw Hill Book Co.
Rusman, dkk. 2012. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.
Simarmata, J. (2009). Rekayasa Web. Yogyakarta: Penerbit Andi. Sugiyono. 2010. “Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D”.Bandung: Alfabeta.
Susilana, Rudi dan Cepi Riyana. 2008. Media Pembelajaran. Bandung: Jurusan Kurtekpend FIP UPI.
Wahono,Romi Satria. 2006. Aspek Dan Kriteria Penilaian Media Pembelajaran. Diakses dari: http://romisatriawahono.net/2006/06/21/aspek-dan-kriteria- penilaianmedia-pembelajaran/. Pada tanggal 17 September 2020.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jajat Sudrajat, Zainal Abidin Arief, Sigit Wibowo

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors grant the journal copyright of the work licensed under CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal. | Penulis memberikan hak cipta karyanya kepada jurnal yang dilisensikan dengan CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License yang memungkinkan orang lain untuk menggunakan karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini. |