Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Pada Matakuliah Aplikasi Komputer Semester 3 STIBA Arraayah Sukabumi
DOI:
https://doi.org/10.32832/educate.v8i02.14605Keywords:
media pembelajaran, web-based learning, research and development, ADDIE, Aplikasi KomputerAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Proses Pengembangkan Media Pembelajaran, 2) Menganalisis Kelayakan Media Pembelajaran Berbasis Web untuk mendukung pada proses pembelajaran dimasa pandemi pada mata kuliah Aplikasi Komputer Semester 3 di STIBA Ar- Raayah Sukabumi.
Metode penelitian ini merupakan penelitian pengambangan atau dapat disebut juga dengan Research and Development (R&D). Dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analisys, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek pada penelitian ini adalah mahasiswa semester 3 di STIBA Ar-Raayah Sukabumi.
Hasil penelitian menunjukan bahawa secara keseluruhan, hasil penilaian uji coba dari pada ahli materi terhadap media pengembangan berbasis web adalah 91,1% (sangat Layak). Kemudian hasil penilaian kelayakan uji coba dari ahli media terhadap media pembelajaran berbasis web adalah 81,7% (Sangat Layak). Lalu hasil penilaian kelayakan uji coba perorangan dari dosen pengampu terhadap media pembelajaran berbasis web adalah 85,2% (Sangat Layak) dan hasil penilaan kelayakan uji coba perorangan dari mahasiswa terhadap media pembelajaran berbasis web adalah 93,3% (Sangat Layak)
References
Arsyad, Azhar. 2006. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Asyhar, Rayandra. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta.
Cambridge Advanced Learner‟s Dictionary: Second Edition. 2005. Cambridge, UK: Cambridge University Press.
Fathansyah. 2012. Basis Data, Edisi Revisi. Bandung: Penerbit Informatika. Franestian, Invanau Didit. 2011. Pengembangan Situs Pembelajaran Bilingual Menggunakan Blogware Wordpress.com dengan Tema Air sebagai Pendukung Pembelajaran IPA (Science Web Based Learning).
Kominfo: Pengguna Internet di Indonesia 63 Juta Orang. https://kominfo.go.id/index.php/content/detail/3415/kominfo+%3A+pengguna+internet+di+indonesia+63+juta+orang/0/berita_satker. Diakses pada tanggal 11 November 2020.
Kadir, Abdul. 1999. Konsep dan Tuntunan Praktis Basis Data. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Kustandi, Cecep dan Bambang Sutjipto. 2011. Media Pembelajaran Manual dan Digital, Edisi Kedua. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.
Lee, William W dan Diana L Owens. 2004. Multimedia-Based Instructional Design, Second Edition. San Fransisco: Pfeiffer.
Lewis, J.R. 1993. IBM Computer Usability Satisfaction Questionnaires: Psychomotric Evaluation and Instrucyions for Use. Boca, Raton: IBM Corporation.
Myers, Glenford J dkk. 2012. The Art of Software Testing. New Jersey : John Wiley & Sons, Inc.
Pratama, Riko. 2013. Pengertian Situs Web. Diakses dari: http://www.riko.web.id/2013/12/pengertian-situs-web.html. Pada tanggal 5 Juni 2014.
Pressman, Roger S. 2002. Software Engineering: A Practitioner’s Approach. New York: McGraw Hill Book Co.
Rusman, dkk. 2012. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.
Simarmata, J. (2009). Rekayasa Web. Yogyakarta: Penerbit Andi. Sugiyono. 2010. “Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D”.Bandung: Alfabeta.
Susilana, Rudi dan Cepi Riyana. 2008. Media Pembelajaran. Bandung: Jurusan Kurtekpend FIP UPI.
Wahono,Romi Satria. 2006. Aspek Dan Kriteria Penilaian Media Pembelajaran. Diakses dari: http://romisatriawahono.net/2006/06/21/aspek-dan-kriteria- penilaianmedia-pembelajaran/. Pada tanggal 17 September 2020.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jajat Sudrajat, Zainal Abidin Arief, Sigit Wibowo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors grant the journal copyright of the work licensed under CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal. | Penulis memberikan hak cipta karyanya kepada jurnal yang dilisensikan dengan CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License yang memungkinkan orang lain untuk menggunakan karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini. |