PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN KREATIVITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR ADMINISTRASI TRANSAKSI DI SMK PEMBANGUNAN KOTA BOGOR

Authors

  • Erni Rohmawati
  • Sigit Wibowo

DOI:

https://doi.org/10.32832/educate.v3i2.1209

Abstract

Mata pelajaran Administrasi Transaksi lebih menekankan kepada penguasaan pengaplikasian siswa dari materi yang diajarkan. Karena peralatan praktek yaitu mesin kasir/mesin cash register jumlahnya belum seimbang dengan jumlah siswa, maka diperlukan pengembangan penggunaan media pembelajaran yang tepat untuk merangsang agar dalam proses pembelajaran siswa lebih kreatif sehingga dapat meningkatkan hasil belajar. Tujuan penelitian untuk menganalisis secara empiris apakah terdapat : (1)Perbedaan hasil belajar Administrasi Transaksi bagi kelompok peserta didik yang diajarkan dengan video tutorial dan media cetak, (2) Pengaruh interaksi antara media pembelajaran dengan kreativitas belajar, (3) Perbedaan hasil belajar Administrasi Transaksi bagi kelompok peserta didik yang memiliki kreativitas belajar tinggi dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran video tutorial dan media cetak, (4) Perbedaan hasil belajar Administrasi Transaksi bagi kelompok peserta didik yang memiliki kreativitas belajar rendah dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran video tutorial dan media cetak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain factorial 2x2. Teknik pengumpulan data melalui penyebaran angket (kuisioner) untuk kreativitas belajar dan soal tes hasil Administrasi Transaksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh interaksi antara Media Pembelajaran dan Kreativitas peserta didik terdapat hasil belajar Administrasi Transaksi, dan juga terdapat perbedaan hasil belajar Administrasi Transaksi pada peserta didik yang dibelajarkan dengan Media Pembelajaran Video Tutorial dan Media Pembelajaran Cetak (modul).

References

Arief, Zainal A. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan, Bogor: Graha Widya Sakti.

------------------. 2016. Teknologi Kinerja dalam Proses Pembelajaran, Bogor: UIKA Press.

------------------. 2017. Kawasan Penelitian Teknologi Pendidikan, Bogor: UIKA Press.

Asrori. 2015. Perkembangan Peserta Didik, Jakarta: Media Akademi.

Aunurahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran, Bandung: Alfabeta.

Jihad, Asep dan Abdul Haris. 2013. Evaluasi Pembelajaran, Yogyakarta: Multi Pressindo.

Sanaky, Hujair A.H. 2011. Media Pembelajaran Buku Pegangan Wajib Guru dan Dosen, Yogyakarta: Kaukaba.

Santrock, John W. 2009. Psikologi Pendidikan Edisi 3, Jakarta: Salemba Humanika.

Sugiantoro, Agus. 2014. Administrasi Transaksi, Depok: Rizeva Utama.

Sugiyono. 2012. Statistika untuk Penelitian, Bandung: Alfabeta.

Susilana, Rudi dan Cepi Riyana. 2009. Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian, Bandung: CV. Wacana Prima.

Syah, Muhibbin. 2008. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Yusuf, Muri. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan, Jakarta: Prenadamedia Group.

Downloads

Published

01-07-2018

How to Cite

Rohmawati, E., & Wibowo, S. (2018). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN KREATIVITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR ADMINISTRASI TRANSAKSI DI SMK PEMBANGUNAN KOTA BOGOR. Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, 3(2), 146–161. https://doi.org/10.32832/educate.v3i2.1209

Issue

Section

Artikel