THE EFFECTIVENESS OF ANGEL PATH GUIDANCE SERVICE FOR DEVELOPING MATURITY CARRER STUDENTS AT SMA NEGERI 2 IN BOGOR CITY
Efektivitas Layanan Bimbingan Karier Angel Path Untuk Meningkatkan Kematangan Karier Pada Siswa di SMA Negeri 2 Kota Bogor
DOI:
https://doi.org/10.32832/educate.v9i2.16561Keywords:
career guidance services, media angel path, career maturityAbstract
Dalam menentukan pilihan masa depan atau disebut dengan karier, seorang individu sudah sepatutnya mempersiapkan diri dari sejak awal pendidikan dengan memahami orientasi karier. Adanya orientasi karier sangatlah penting bagi siswa SMA, pada tahap ini tugas perkembangan siswa SMA masuk pada tahap remaja yakni difokuskan pada penanganan sikap dan pola perilaku yang kekanak-kanankan dengan cara mempersiapkan diri untuk masa depannya. Permasalahan karier setelah lulus merupakan masalah yang sering terjadi di setiap sekolah disebabkan kondisi kematangan karier yang rendah terjadi pada siswa. Tujuan penelitian adalah mengetahui keefektivitasan layanan bimbingan karier angel path untuk meningkatkan kematangan karier pada siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan kuantitatif dengan jenis metode eksperimen dalam bentuk quasi eksperimental design dengan memberikan instrument kematangan karier pre-test dan post test ke dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kontrol, kelas eksperimen diberi treatment/perlakuan berupa layanan bimbingan karier angel path. Hasil penelitian ini diketahui bahwa terdapat perbedaan peningkatan yang signifikan pada kelas eksperimen sedangkan pada kelas kontrol terjadi perbedaan yang tidak signifikan melainkan terjadi penurunan berdasarkan hasil dari pre-test dan post-test. Dari hasil uji N-Gain Score diketahui bahwa layanan bimbingan karier berupa media angel path cukup efektif untuk meningkatkan kematangan karier dengan yaitu dengan nilai rata-rata 72,06.
References
Aminah, A., Sobari, T., & Fatimah, S. (2021). Hubungan Self Efficacy Dengan Kematangan Karier Peserta Didik Kelas Xii Sma. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 4(1), 39. https://doi.org/10.22460/fokus.v4i1.5907
Anantama, A. (2019). Kematangan Karir Remaja Dalam Perspektif Islam. Bimbingan Penyuluhan Islam, 1(1), 91–114.
Angelina, Rusdi K Reni S, P. . (2020). Model Bimbingan & Konseling Karir Bagi Siswa SMA Sederajat. UIKA PRESS.
Angelina, P. R. (2018). Optimalisasi Bimbingan Dan Konseling Karir di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Sntp, 145–152. https://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/SNTP/article/view/255/226
Anggraini, L. (2019). Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Kematangan Karier Siswa Kelas XII Di SMK N 6 Yogyakarta. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 5(5), 401–409.
Asri, R. (2021). Peningkatan Kematangan Karir Siswa Dengan Teori Holland. Indonesian Journal of School Counseling, 6(2), 121–132. https://doi.org/10.24036/pendidikan.v9i1.123
Hamzah, A. (2019). Kematangan Karier (Teori dan Pengukurannya). Literasi Nursantara.
Hurlock, E. B. (2011). Psikologi Perkembangan (edisi V). Penerbit erlangga.
Kintan, A. A. . S. D., Retnoningtyas, D. W., & Dhika, I. G. W. (2021). Pengaruh Layanan Informasi Mengenai Karir Terhadap Penurunan Keragu-Raguan Pembuatan Putusan Karir Siswa Sma. Jurnal Psikologi Mandala, 5(2), 35–58.
Munadi, M., & Suwarta, S. (2020). Pengembangan Spiritualitas Melalui Layanan Bimbingan Konseling Di Madrasah Dan Sekolah. … : Jurnal Bimbingan Dan Konseling …, 71–94. https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/altazkiah/article/view/2799
Oebaidillah, S. (2018). Siswa Butuh Bimbingan Karier. Media Indonesia.com.
Rahayu, I. D. (2023). Efektivitas Konseling Karir “Man Jadda Wajadda” Untuk Meningkatkan Kematangan Karir Pada Siswa SMA Negeri 15 Pekanbaru.
Sugiyono. Quantitative, Qualitative, and R&D Research Methods. Bandung: Alfabeta,. (n.d.).
Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927
Yunita, I., & Rahayu, A. (2021). Internal Locus of Control dan Konsep Diri Hubungannya dengan Kematangan Karir Siswa SMA X Bekasi. Ikra-Ith Humaniora: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 5(1), 168–176. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-humaniora/article/download/938/726
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rizka Nur Hamidah, Angelina, Irfani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors grant the journal copyright of the work licensed under CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal. | Penulis memberikan hak cipta karyanya kepada jurnal yang dilisensikan dengan CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License yang memungkinkan orang lain untuk menggunakan karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini. |