Urgensi Interpersonal Skill Untuk Siswa Terisolir Berdasarkan Assessment Sosiometri

Authors

  • Noneng Siti Rosidah
  • Reni Sinta Dewi
  • Putri Ria angelina

DOI:

https://doi.org/10.32832/educate.v5i2.3376

Keywords:

Assessment Sosiometri, Interpersonal Skill, Siswa Terisolir

Abstract

Analisis sosiometri merupakan salah satu teknik BK non tes yang digunakan untuk menganalisis hubungan sosial individu dalam kelompoknya. Melalui analisis sosiometri didapatkan informasi siswa yang terisolir dalam kelompoknya, sehingga penting bagi mereka untuk menumbuhkan interpersonal skill melalui layanan bimbingan dan konseling supaya siswa tersebut lebih mampu mengenal dan mengelola pola komunikasi dengan lebih baik. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data menggunakan instrumentasi sosiometri berupa angket. Adapun hasil analisis sosiometri di kelas IX SMP Negeri 1 Sukajaya menunjukan bahwa terdapat 5 siswa yang masuk pada kategori terisolir karena sama sekali tidak mendapatkan arah pilih siswa. Pengembangan interpersonal skill siswa dapat diupayakan melalui program layanan bimbingan dan konseling pribadi sosial. Salah satunya adalah mengikuti kegiatan intra dan ekstra kulikuler yang telah disediakan oleh sekolah. Lebih lanjut pada waktu tertentu mereka perlu dilatih untuk dijadikan pemimpin dalam kelompoknya, sehingga ia memiliki tanggung jawab penuh atas kendali kelompok dan ia dapat merasakan memiliki peran penting bagi orang lain.

References

Al-Qur'an dan Terjemah, Al-Hikmah. 2013. Jawa Barat: CV. Diponegoro.

Anisatun Murtafiah & Octavia Arlina Sahara. Pelaksanaan Bimbingan Psibadi Sosial dalam Mengembangkan Ketrampilan Sosial Siswa Terisolir di SMP Negeri 5 Banguntapan. Konseling dukasi: Journal of Guidance and Counseling vol. 03 No. 2 Jul-Des 2019.

Duffy, F. D., Gordon, G. H., Whelan, G., Cole-Kelly, K., & Frankel, R. 2004. Assessing competence in communication and interpersonal skills: the Kalamazoo II report. Academic Medicine, 79(6), 495-507.

Kelly, J. A. (1982). Social Skill Training: A Practical Guide for Interventions. New York: Spinger Publishing

Komalasari, Gantina dkk. 2011. Assessment Teknik Non Tes dalam Perspektif BK Komprehensif. Jakarta: PT. Indeks.

M Yuliansyah dan Murdiansyah Herman, Teknik Sosiomertri dalam Assessment Pelayanan Konseling pada Kepala Sekolah dan Guru SDN Kuin Selatan 1 Banjarmasin, Jurnal Bimbingan dan konseling Ar-Rahman, Vol.4 No. 1 Tahun 2018.

Muhammad Yaumi. Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences. 2020. Jakarta: Dian Rakyat.

Putri Utami. Skripsi. Upaya Meningkatkan Interaksi Sosial Melalui Penggunaan Sosiometri pada Siswa di Kelas VIII-1 MTs Al-Jam'iyatul Washiliyah Tembung, Prodi Bimbingan Konseling Islam UIN Sumatera Utara Medan, 2018.

Rahma Wira Nita dkk. Analisis Aplikasi Sosiometri Untuk Pengungkapan Interpersonal Skill (Solusi yang Ditawarkan Menuju Profesionalisme Guru BK). Procceding Seminar dan Lokakarya Nasional Revitalisasi Laboratorium dan Jurnal Ilmiah dalam Implementasi Kurikulum Bimbingan dan Konseling Berbasis KKNI. 4-6 Agustus 2017, Malang.

Rina Suryani dkk, Hambatan yang Dialami Guru BK untuk Melaksanakan Instrumen Non-Tes dalam Pelayanan BK dan Usaha Mengatasinya, Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, Vol. 2 No. 1, Maret 2019.

Siswati. 2010. Pengaruh Social Stories terhadap Keterampilan Sosial Anak dengan Attention-Defisit Hyperactive Disorder. Jurnal Psikologi Undip Vol. 8 No. 2.

Sukardi dkk. 2008. Proses Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Tadkiroatun Musfiroh, M.Hum, Modul 1 Pengembangan Kecerdasan Majemuk, diakses pada 20 Juli 2020, www.pustaka.ut.ac.id.

Walgito, B. (2004). Bimbingan dan Konseling Studi dan Karir. Yogyakarta: Andi Offset

Wisnuwardani dkk. 2012. Hubungan Interpersonal. Jakarta: Salemba Humanika.

Downloads

Published

31-07-2020

How to Cite

Rosidah, N. S., Dewi, R. S., & angelina, P. R. (2020). Urgensi Interpersonal Skill Untuk Siswa Terisolir Berdasarkan Assessment Sosiometri. Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(2), 86–97. https://doi.org/10.32832/educate.v5i2.3376

Issue

Section

Artikel