PEMBENTUKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN BCCT (BEYOND CENTER AND CIRCLE TIME)

Penulis

  • Maharani Ramadhanti
  • M Syarif Sumantri
  • Edwita .

DOI:

https://doi.org/10.32832/educate.v4i1.1682

Abstrak

Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk menemukan karakter yang terbentuk dalam pembelajaran sentra. Penelitian ini menggunakan metode kulaitatif. Pada tahap penelitian mengikuti alur penelitian maju bertahap dari Spradley. Proses pengumpulan data menggunakan pengamatan, wawancara dan analisis. Analisis data meliputi: analisis domain, taksonomi, komponen, dan tema. Hasil penelitian menunjukan: kegiatan pembelajaran BCCT membentuk delapan karakter: religius, disiplin,jujur, mandiri, kreatif, kerja keras, bersahabat, dan tanggung jawab.

Referensi

Kemendikbud, Kompetensi Dasar SD/MI, (Jakarta: Kementrian Pendidikandan Kebudayaan, 2013)

Kemendikbud, Pengembangan Kurikulum 2013 (Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).

Lickona, Thomas, Character Matters (Persoalan Karakter), (Jakarta: PT. BumiAksara, 2012)

Power, Brain. Permainan Berbasis SentraPembelajaran. (Jakarta:Erlangga, 2005)

Rostanti, Qomarria, Republika, “Kasus bullying di sekolah meningkat”

http://nasional.republika.co.id/berita/nasional/umum/15/12/30/o067zt20-kpai kasus-bullying-di-sekolah-meningkat-selama-2015 (diakses 15 November 2016)

Sudrajat, Ajat “Mengapa Pendidikan Karakter?”,(Yogyakarta:UNY, 2010)

Spradley, James P, Participant Observation, (USA: Holt, Rinehart and Witston, 1980)

Diterbitkan

2019-01-01

Cara Mengutip

Ramadhanti, M., Sumantri, M. S., & ., E. (2019). PEMBENTUKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN BCCT (BEYOND CENTER AND CIRCLE TIME). EDUCATE, 4(1), 9–17. https://doi.org/10.32832/educate.v4i1.1682

Terbitan

Bagian

Artikel