PEMBENTUKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN BCCT (BEYOND CENTER AND CIRCLE TIME)
DOI:
https://doi.org/10.32832/educate.v4i1.1682Abstract
Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk menemukan karakter yang terbentuk dalam pembelajaran sentra. Penelitian ini menggunakan metode kulaitatif. Pada tahap penelitian mengikuti alur penelitian maju bertahap dari Spradley. Proses pengumpulan data menggunakan pengamatan, wawancara dan analisis. Analisis data meliputi: analisis domain, taksonomi, komponen, dan tema. Hasil penelitian menunjukan: kegiatan pembelajaran BCCT membentuk delapan karakter: religius, disiplin,jujur, mandiri, kreatif, kerja keras, bersahabat, dan tanggung jawab.References
Kemendikbud, Kompetensi Dasar SD/MI, (Jakarta: Kementrian Pendidikandan Kebudayaan, 2013)
Kemendikbud, Pengembangan Kurikulum 2013 (Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
Lickona, Thomas, Character Matters (Persoalan Karakter), (Jakarta: PT. BumiAksara, 2012)
Power, Brain. Permainan Berbasis SentraPembelajaran. (Jakarta:Erlangga, 2005)
Rostanti, Qomarria, Republika, “Kasus bullying di sekolah meningkat”
http://nasional.republika.co.id/berita/nasional/umum/15/12/30/o067zt20-kpai kasus-bullying-di-sekolah-meningkat-selama-2015 (diakses 15 November 2016)
Sudrajat, Ajat “Mengapa Pendidikan Karakter?”,(Yogyakarta:UNY, 2010)
Spradley, James P, Participant Observation, (USA: Holt, Rinehart and Witston, 1980)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors grant the journal copyright of the work licensed under CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal. | Penulis memberikan hak cipta karyanya kepada jurnal yang dilisensikan dengan CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License yang memungkinkan orang lain untuk menggunakan karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini. |