MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA STUDI LITERATUR TERHADAP LITERASI SAINS
DISCOVERY LEARNING MODEL IN THE IMPLEMENTATION OF MERDEKA CURRICULUM: A LITERATURE STUDY ON SCIENCE LITERACY
DOI:
https://doi.org/10.32832/educate.v10i2.20050Keywords:
discovery learning, kurikulum merdeka, literasi sains, studi literaturAbstract
Perkembangan era digital telah membawa perubahan signifikan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam bidang pendidikan. Teknologi kecerdasan buatan, seperti ChatGPT, menawarkan solusi inovatif untuk mendukung proses pembelajaran dan meningkatkan literasi digital. Namun, masih terdapat kesenjangan dalam pemahaman dan pemanfaatan teknologi ini, terutama dalam konteks pengembangan keterampilan digital yang berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk memetakan pengaruh penggunaan ChatGPT terhadap literasi digital dan apa saja tantangan yang muncul saat penerapan teknologi ini dalam pembelajaran. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) dengan framework PRISMA untuk menyaring dan menganalisis artikel ilmiah dari database Google Scholar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ChatGPT memiliki potensi signifikan dalam meningkatkan keterampilan literasi digital, seperti kemampuan mencari informasi, menulis, dan berpikir kritis. Namun, terdapat tantangan dalam penerapannya, seperti keterbatasan infrastruktur digital dan ketergantungan terhadap teknologi. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan pelatihan dan panduan etis untuk memaksimalkan pemanfaatan ChatGPT. Dengan pendekatan yang tepat, ChatGPT dapat menjadi alat pembelajaran revolusioner yang mendukung pengembangan sumber daya manusia di era digital.
References
Agustin, F. A. P., Wulandari, O., & Rusydiyah, E. F. (2024). Enhancing Digital Literacy through Chat GPT: The Impact on Islamic Education Research Skills Among Students at State Islamic University. Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman, 35(2), 181–198. https://doi.org/10.33367/tribakti.v35i2.5391
Asad, M.M. and Ajaz, A. (2024), "Impact of ChatGPT and generative AI on lifelong learning and upskilling learners in higher education: unveiling the challenges and opportunities globally", International Journal of Information and Learning Technology, Vol. 41 No. 5, pp. 507-523. https://doi.org/10.1108/IJILT-06-2024-0103
Daengs Gs, A., Ginantra, N. L. W. S. R., Afriliansyah, T., Wanto, A., & Okprana, H. (2024). Workshop Pemanfaatan AI untuk Meningkatkan Literasi Digital Guru-Guru SMK dalam Proses Pembelajaran di Sekolah. PaKMas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(1), 224–233. https://doi.org/10.54259/pakmas.v4i1.2838
Farid, A. (2023). Literasi Digital Sebagai Jalan Penguatan Pendidikan Karakter Di Era Society 5.0. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(3), 580-597.
Farman, I., Wahid, A., Alamsyah, N., & Taufik, A. (2024). Transformasi Pendidikan di Era AI Studi Kasus Penggunaan Chatgpt Dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 16393-16398.
Jan, R. (2025). Examining the Reliability of ChatGPT: Identifying Retracted Scientific Literature and Ensuring Accurate Citations and References. In A. Mutawa (Ed.), Impacts of Generative AI on the Future of Research and Education (pp. 367-392). IGI Global Scientific Publishing. https://doi.org/10.4018/979-8-3693-0884-4.ch014
Khan, I. A., & Paliwal, N. W. (2023). “ChatGPT and Digital Inequality: A Rising Concern.” Scholars Journal of Applied Medical Sciences, 11(09), 1646–1647. https://doi.org/10.36347/sjams.2023.v11i09.010
Kurniawan, W., Hidayati, T., & Surdyanto, A. (2023). Pengenalan Sistem Chatbot Interaktif Berbasis Chatgpt Dan Wolfram Alpha Untuk Mendukung Pembelajaran Di Era Digital. Praxis: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(4), 6-10.
Lestari, W. D., Yuniawatika, Y., & Rahmawati, H. (2024). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Literasi Digital untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Journal of Language Literature and Arts, 4(11), 1103-1109.
Li, Xiaoqian, Ju, Peijun, Zhang, Jianzhong, & Zhao, Shufen. (2024). Research on the Application of ChatGPT in the Interdisciplinars of Higher Education. Journal of Artificial Intelligence Practice, Vol. 7: 40-45. DOI: http://dx.doi.org/10.23977/jaip.2024.070107.
Marlin, K., Tantrisna, E., Mardikawati, B., Anggraini, R., & Susilawati, E. (2023). Manfaat dan Tantangan Penggunaan Artificial Intelligences (AI) Chat GPT Terhadap Proses Pendidikan Etika dan Kompetensi Mahasiswa Di Perguruan Tinggi. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(6), 5192-5201.
Mubarak, R., & Diantoro, K. (2024). Mempersiapkan Siswa SMK PGRI 4 Jakarta Menuju Revolusi Industri 5.0 Dengan Literasi Baca Tulis Menggunakan Chat GPT. Jurnal Abdimas Indonesia, 4(1), 1-9.
Nurmawati, B., Widyanto, M. L., Ratuwulan, A., & Soderi, A. (2023). Pengenalan ChatGPT untuk Meningkatkan Literasi Digital Menuju Era Society 5.0 Di SMK PGRI 4 Jakarta. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 29600–29606. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.11757
Yakob, M., Yani, A. F. S., & Putri, M. D. (2024). Improving Teachers’ Digital Literacy Through Training in The Preparation of Teaching Modules with The AI Platform. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 5(4), 573–579. https://doi.org/10.33394/jpu.v5i4.13143
Zega, T. O., & Batubara, A. K. (2024). Pengaruh Artificial Intelligence (AI) terhadap Digital Literasi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan Angkatan 2021 UIN Sumatera Utara, Medan. Religion Education Social Laa Roiba Journal, 6(6), 3371–3390. https://doi.org/10.47476/reslaj.v6i6.2838
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Faridzi Tamrin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
| Authors grant the journal copyright of the work licensed under CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal. | Penulis memberikan hak cipta karyanya kepada jurnal yang dilisensikan dengan CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License yang memungkinkan orang lain untuk menggunakan karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini. |





