KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI DI KOTA PALU
DOI:
https://doi.org/10.32832/educate.v5i1.2836Keywords:
kemampuan motorik kasar, anak usia diniAbstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan motorik kasar anak usia dini di Kota Palu, dengan sampel 5 sekolah PAUD-TK yang berada di Kecamatan Palu Selatan Kota Palu. Pengambilan data dilakukan dengan cara melakukan tes kecepatan lari 20 meter, tes keseimbangan berdiri satu kaki, tes kekuatan kaki melompat tanpa awalan, tes kekuatan tangan melempar bola. Dari survei data diperoleh kemampuan motorik kasar dengan nilai rata-rata pada anak usia dini PAUD-TK Kecamatan Palu Selatan Kota Palu, untuk tes berdiri satu kaki yang masuk dalam kategori sangat baik putra yaitu 7 orang (17%) dan putri 4 orang (9%.) Tes melompat tanpa awalan yang masuk dalam kategori sangat baik putra yaitu 3 orang (7%) dan putri 7 orang (14%). Tes melempar bola yang masuk dalam kategori sangat baik putra yaitu 2 orang (10%) dan putri 0 orang (0%). Tes lari 20 meter yang masuk dalam kategori sangat baik putra yaitu 4 orang (10%) dan putri 5 orang (10%)References
Hadis, F. A. (2003). Perkembanga Anak dalam Perspektif Pendidikan Anak Usia Dini. Buletin PADU, 2(1).
Hasanah, U. (2017). Pengembangan Kemampuan Fisik Motorik Melalui Permainan Tradisional Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 717–733.
Jannah, A. R., & Lestariningrum, A. (2018). Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Permainan Injak Ekor. Journal of Early Chidlhood Care & Education (JECCE), 1(1), 1–6.
Musfiroh. (2008). Metodik Khusus Pengembangan jasmani di taman kanak-kanak. Jakarta: Dapertemen pendidikan dan kebudayaan.
N.Purwanto. (1990). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Novitasari, R., Nasirun, M., & D., D. (2019). Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Bermain Dengan Media Hulahoop Pada Anak Kelompok B Paud Al-Syafaqoh Kabupaten Rejang Lebong. Jurnal Ilmiah POTENSIA, 4(1), 6–12. https://doi.org/10.33369/jip.4.1.6-12
Nurhidayah, P. S. (2015). Pengembangan Model Pembelajaran Motorik Kasar Siswa Taman Kanak-Kanak Kelompok A. Jurnal Keolahragaan, 3(April), 66–78.
Purwanto, N. M. (1992). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Posdakarya.
Sujiono, B. (2007). Metode Perkembangan Motorik. Jakarta: Universitas Terbuka.
Suyadi. (2010). Psikologi Belajar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: PT. Pustaka Insan Media.
Widiastuti. (2007). Tes Dan Pengukuran Olahraga. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors grant the journal copyright of the work licensed under CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal. | Penulis memberikan hak cipta karyanya kepada jurnal yang dilisensikan dengan CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License yang memungkinkan orang lain untuk menggunakan karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini. |