KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI DI KOTA PALU

Penulis

  • Humaedi Humaedi Universitas Tadulako
  • Andi Sultan Brilin Susandi Eka Wahyudhi Universitas Tadulako

DOI:

https://doi.org/10.32832/educate.v5i1.2836

Kata Kunci:

kemampuan motorik kasar, anak usia dini

Abstrak

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan motorik kasar anak usia dini di Kota Palu, dengan sampel 5 sekolah  PAUD-TK yang berada di Kecamatan Palu Selatan Kota Palu. Pengambilan data dilakukan dengan cara melakukan tes kecepatan lari 20 meter, tes keseimbangan berdiri satu kaki, tes kekuatan kaki melompat tanpa awalan, tes kekuatan tangan melempar bola. Dari survei data diperoleh kemampuan motorik kasar dengan nilai rata-rata pada anak usia dini PAUD-TK Kecamatan Palu Selatan Kota Palu, untuk tes berdiri satu kaki yang masuk dalam kategori sangat baik putra yaitu 7 orang (17%) dan putri 4 orang (9%.) Tes melompat tanpa awalan yang masuk dalam kategori sangat baik putra yaitu 3 orang (7%) dan putri 7 orang (14%). Tes melempar bola yang masuk dalam kategori sangat baik putra yaitu 2 orang (10%) dan putri 0 orang (0%). Tes lari 20 meter yang masuk dalam kategori sangat baik putra yaitu 4 orang (10%) dan putri 5 orang (10%)

Referensi

Hadis, F. A. (2003). Perkembanga Anak dalam Perspektif Pendidikan Anak Usia Dini. Buletin PADU, 2(1).

Hasanah, U. (2017). Pengembangan Kemampuan Fisik Motorik Melalui Permainan Tradisional Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 717–733.

Jannah, A. R., & Lestariningrum, A. (2018). Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Permainan Injak Ekor. Journal of Early Chidlhood Care & Education (JECCE), 1(1), 1–6.

Musfiroh. (2008). Metodik Khusus Pengembangan jasmani di taman kanak-kanak. Jakarta: Dapertemen pendidikan dan kebudayaan.

N.Purwanto. (1990). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Novitasari, R., Nasirun, M., & D., D. (2019). Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Bermain Dengan Media Hulahoop Pada Anak Kelompok B Paud Al-Syafaqoh Kabupaten Rejang Lebong. Jurnal Ilmiah POTENSIA, 4(1), 6–12. https://doi.org/10.33369/jip.4.1.6-12

Nurhidayah, P. S. (2015). Pengembangan Model Pembelajaran Motorik Kasar Siswa Taman Kanak-Kanak Kelompok A. Jurnal Keolahragaan, 3(April), 66–78.

Purwanto, N. M. (1992). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Posdakarya.

Sujiono, B. (2007). Metode Perkembangan Motorik. Jakarta: Universitas Terbuka.

Suyadi. (2010). Psikologi Belajar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: PT. Pustaka Insan Media.

Widiastuti. (2007). Tes Dan Pengukuran Olahraga. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Diterbitkan

2020-01-31

Cara Mengutip

Humaedi, H., & Wahyudhi, A. S. B. S. E. (2020). KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI DI KOTA PALU. EDUCATE, 5(1), 52–60. https://doi.org/10.32832/educate.v5i1.2836

Terbitan

Bagian

Artikel