PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA BERDASARKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) DAN TIPE JIGSAW

Authors

  • Asriani Asriani Universitas Tadulako
  • Andi Tanra Tellu Universitas Tadulako
  • Suherman Suherman Universitas Tadulako

DOI:

https://doi.org/10.32832/educate.v5i1.2839

Keywords:

pembelajaran kooperatif, number head together, jigsaw, prestasi siswa

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis perbedaan antara prestasi belajar kooperatif kelas NHT dan kelas pembelajaran jigsaw pada mata pelajaran IPA dan pelajaran ruang di kelas V SDN Tondo. Penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan metode quasi experimen dan pengambilan sampel jenuh, artinya total sampel sama dengan penelitian populasi yang memiliki 2 kelas. Analisis data menggunakan uji-t dan N-gain. Hasil analisis menunjukkan bahwa t-hitung = 1,59 dan t-tabel = 2,01. Oleh karena itu, hitung <t-tabel. Berdasarkan uji statistik, dapat disimpulkan tidak ada perbedaan antara prestasi belajar kelas jigsaw dan kelas NHT. Hasil lainnya adalah N-gain yang ditampilkan rata-rata 0,44 untuk kelas jigsaw dan kelas NHT 0,38

References

Agus, Z. 2012. Pendidikan Karakter berbasis Niai dan Etika di Sekolah. Ar-Ruzz Media. Yogjakarta.

Biki, Y. 2011. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Matematika pada Sub Pokok Bahasan Pengurangan Pecahan Melalui Pendekatan Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT di Kelas IVA SD Negeri Kotagede 1. Diakses 20 April 2015.

Dyers. 2011. Membentuk Individu Cerdas dan Berkarakter. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Kurniawati, K. R. A., Budiyono, B., & Saputro, D. R. S. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dan Numbered Heads Together Ditinjau Dari Kecerdasan Interpersonal Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 15–27. https://doi.org/10.22342/jpm.11.1.3948.15-28

Mahendra, F. E. (2016). Kombinasi Model Pembelajara Kooperatif Tipe Jigsaw II dan Numbered Head Together pada Hasil Belajar Matematika Siswa SMA Negeri 3 Sorong. Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan, 5(1), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Ratnaningsih, A. A. 2012. Meningkatkan Hasil Belajar IPS melalui Model Pembelajaran Kooperatif tipe Number Heads Together (NHT) Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Purbalingga Lor. Diakses 25 Maret 2015.

Rusman. 2012. Belajar Dan Pembelajaran Berbasis Komputer Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21. Alfabeta. Bandung.

Sianturi. H. R, Achmad.A, Marpaung.R.R. 2011. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Bioterdidik: 1(6): 1-11.

Slavin, R. 2005. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Nusa Media. Bandung.

Slavin, R. 2010. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Nusa Media. Bandung.

Sugestiningsih, R., & Sudrajat, A. (2018). Perbedaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan NHT untuk peningkatan karakter dalam pembelajaran IPS tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 3 tidak hanya berfungsi memberikan pembentukan kecerdasan , karakter , dan untuk dikembangkan dalam duni. Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 15(2), 104–115.

Sugiarti, R., & Pribadi, A. S. (2004). Perbedaan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together ( Nht) Dan Jigsaw Terhadap Peningkatan Keterampilan Sosial Pada Siswa Sma (Studi Kasus Di Sma Karangturi Semarang). Bio-Edu, 3(5), 113–128.

Sugiyono. 2011. Statistika untuk Penelitian. Alfabeta. Bandung.

Suprijono, A. 2010. Cooperatif Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Suyadi. 2013. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Tuckman, B. W. 1999. Conducting Education Research, Fifth Edition. Harcourt Brace College Publishers Orlando.

Yulianti, R. 2012. Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar IPS Bagi Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Nglinduk Kecamatan Gabus Kabupaten Grobogan Semester II Tahun Ajaran 2011/2012.

http://repository.library.uksw.edu/handle/ 123456789/847. Diakses pada 4 Juni 2015).

Downloads

Published

31-01-2020

How to Cite

Asriani, A., Tellu, A. T., & Suherman, S. (2020). PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA BERDASARKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) DAN TIPE JIGSAW. Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(1), 39–51. https://doi.org/10.32832/educate.v5i1.2839

Issue

Section

Artikel