PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATERI KETERAMPILAN KEPRAMUKAAN GOLONGAN PENEGAK DALAM KEGIATAN PENGEMBARAAN

Authors

  • Muhammad Shiddiq Rilo Andito Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Dedi suoriadi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Ibn Khadldun

DOI:

https://doi.org/10.32832/educate.v5i1.2850

Keywords:

Media pembelajaran, Keterampilan Kepramukaan, Golongan Penegak.

Abstract

Tujuan dari penelitian pengembangan ini yaitu diantaranya: (1) mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif pada mata pelajaran Matematika dengan materi operasi hitung perkalian dan pembagian, (2) menguji tingkat kelayakan multimedia pembelajaran interaktif pada materi operasi hitung perkalian dan pembagian. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan metode ADDIE yang diantaranya meliputi tahapan Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation . Subjek dalam penelitian ini adalah kelayakan multimedia pembelajaran interaktif dan objek penelitian ini adalah peserta didik kelas 2 di SDN Gunung Gede Kota Bogor. Uji kelayakan dilakukan dengan cara uji peorangan (One to One) terhadap 3 ahli, yakni ahli materi, ahli pembelajaran, dan ahli media, juga 3 peserta didik. Selain itu juga dilakukan uji kelompok kecil (Small Group) terhadap 10 peserta didik yang dipilih berdasarkan kemampuan baik, sedang, dan kurang dalam mata pelajaran Matematika. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket menggunakan skala Likert. Analisis data dilakukan dengan deskriptif kuantitatif. Tingkat kelayakan multimedia pembelajaran interaktif pada mata palajaran Matematika secara kesuluruhan memperoleh nilai dengan kategori layak. Penggunaan multimedia interaktif dalam kegiatan pembelajaran mampu untuk meningkatkan daya tarik dan mampu memudahkan guru dan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran peserta didik

References

Arief, Zainal Arifin. (2017). Kawasan Penelitian Teknologi Pendidikan, Studi Aneka Sumber Belajar yang Berorientasi pada Student Centre dan Student Creator. Bogor: UIKA Press.

. (2011). Media dan Teknologi Pembelajaran Inovatif, Perspektif Paradigma Baru dalam Pendidikan. Bogor: Graha Widya Sakti.

Arief, Sadiman S., (2002). Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatan. Jakarta: Manajemen PT. Raja Grafindo Persada.

Articulate. . Storyline 2: System Requirements. [Online]. Tersedia di: https://articulate.com/support/article/system-requirements-for-articulate-storyline-2 . Diakses 26 Juni 2018.

Bob Sunardi, Andri. (2016). BOYMAN, Ragam Latih Pramuka. Cetakan X. Bandung: Darma Utama.

Branch, Robert Maribe. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. New York: Springer.

Bretz, Rudy. (1969). Communication Media: Properties and Uses. Santa Monica, CA: The Rand Corporation.

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran: Cetakan I. Bandung: Satu Nusa.

Dick, Walter. ddk. (2005). The Systematic Design of Instruction. Boston: Pearson.

Ertmer, Peggy A., dan Newby, Timothy J. (2013). Behaviorism, Cognitivism, Constructivism: Comparing Critical Features From an Instructional Design Perspective. [Online]. Tersedia di: https://www.uwplatt.edu/files/ttc/idarticle.pdf . Diakses 16 April 2018.

Gall, M. D. Gall, J. P. Borg, W. R. (1963). Educational Research, An Introduction, seventh edition. Boston, MA: Pearson Education Inc.

Grider, Clint. (1993). Foundations of Cognitive Thery: A Consice Review. [Online]. Tersedia di: https://files.eric.ed.gov/fulltext/ED372324.pdf . Diakses 16 April 2018.

Haviz, M. (2013). Research and Development: Penelitian di Bidang kependidikan yang Inovatif, Produktif, dan Bermakna. Ta'dib (Vol. 16 No. 1 Juni 2013). Online. Tersedia di: http://download.portalgaruda.org/article.php?article=250863&val=6746&title=RESEARCH%20AND%20DEVELOPMENT:%20%20PENELITIAN%20DI%20BIDANG%20KEPENDIDIKAN%20YANG%20%20INOVATIF Diakses 04 April 2018

Isman, Aytekin. dkk. (2005). A New Model for the World of Instructional Design: A New Model. The Turkish Online Journal of Educational Technology – TOJET (Volume 4 Issue 3 Article 6). [Online]. Tersedia di: https://files.eric.ed.gov/fulltext/ED495698.pdf . Diakses 09 April 2018.

Junaidi. (2011). Desain Pengembangan Mutu Madrasah. Yogyakarta: Teras.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 63 Tahun 2014 Tentang Pendidikan Kepramukaan Sebagai Kegiatan Ekstrakulikuler Wajib pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia.

Kwartir Nasional Gerakan Pramuka. (2013). Keputusan Musyawarah Nasional Gerakan Pramuka No. 11/munas/2013 Tentang Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka. Jakarta: Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.

, . (2007). Petunjuk Penyelenggaraan Kecakapan Khusus, Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 134/KN/76 Tahun 1976. Jakarta: Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.

, . (2007). Syarat – Syarat dan Gambar Tanda Kecakapan Khusus Gerakan Pramuka, Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 132 Tahun 1979. Jakarta: Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.

, . (2007). Petunjuk Penyelenggaraan Hubungan Masyarakat Gerakan Pramuka, Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 229 Tahun 2007. Jakarta: Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.

, . (2011). Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar. Jakarta: Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.

, . (2011). Syarat – Syarat Kecakapan Umum Pramuka Golongan Penegak, Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 198 Tahun 2011. Jakarta: Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.

, . (2011). Panduan Penyelesaian Syarat Kecakapan Umum Pramuka Golongan Penegak, Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 199 Tahun 2011. Jakarta: Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.

, . (2012). Petunjuk Penyelenggaraan Pakaian Seragam Anggota Gerakan Pramuka, Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 174 Tahun 2012. Jakarta: Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.

Leow, Fui Theng. dan Neo, Mai. (2014). Interactive Multimedia Learning: Innovating Classroom Education in a Malaysian University. TOJET: The Turkish Online Journal of Educational Technology, (Vol. 13 Issue 2). [Online]. Tersedia di: https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1022913.pdf . Diakses 09 April 2018.

Liu, C. C. M. Jou. (2008). An Interactive Web Based Learning System for Assisting Machining Technology Education. International Journal of Online Engineering (Vol. 04 No. 2). [Online]. Tersedia di: http://online-journals.org/index.php/i-joe/article/view/484/418 . Diakses 10 April 2018.

Miarso, Yusufhadi. (2005). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Penerbit Kencana.

Molenda, Michael. (2003). In Search of the Elusive ADDIE model. [Online]. http://writertech.com/files/MolendaADDIEModelOriginsUnknown.pdf. 22 November 2017 . Diakses 26 Maret 2018.

Muflihin, M. H. (2009). Aplikasi dan Implikasi Teori Behaviorisme dalam Pembelajaran (Analisis Strategis Inovasi Pembelajaran). [Online]. http://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/khazanah/article/view/620 . Diakses 16 April 2018.

Olusegun, Steve. (2015). Constructivism Learning Theory: A Paradigm for Teaching and Learning. IOSR Journal of Research and Method in Education (IOSR-JRME) (Vol. 5, Issue 5). [Online]. https://pdfs.semanticscholar.org/1c75/083a05630a663371136310a30060a2afe4b1.pdf . Diakses 16 April 2018.

Pramoto, WD. dkk. (2016). Pengembangan Buku Pintar Elektronik Sebagai Media Pembelajaran untuk Siswa Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies (Vol. 4 No. 2).

Pusat Pendidikan dan Latihan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Bogor. (2016). Scout Skill Orienteering. Kabupaten Bogor: Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Bogor.

Riyadi, Amru Salam. (2011). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer untuk Mata Diklat Mengoperasikan Mesin CNC Dasar di SMK negeri 2 Depok Sleman Yogyakarta (Skripsi) Universitas negeri Yogyakarta.

Sekretariat Negara Republik Indonesia. (2010). Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2010 Tentang Gerakan Pramuka. Jakarta: Sekretariat Negara Republik Indonesia.

Smaldino, Sharon E., dkk. (2004). Instructional Techology and Media For Learning, Eighth Edition. Columbus, OH: Pearson Merrill Prentice Hall.

Smaldino, Sharon E., dkk. (2011). Instructional Technology and Media for Learning, Nineth Edition. Terjemahan oleh Rahman, Arif. Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

31-01-2020

How to Cite

Andito, M. S. R., & suoriadi, D. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATERI KETERAMPILAN KEPRAMUKAAN GOLONGAN PENEGAK DALAM KEGIATAN PENGEMBARAAN. Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(1), 73–85. https://doi.org/10.32832/educate.v5i1.2850

Issue

Section

Artikel