PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.32832/educate.v5i1.2856Keywords:
Student Team Achievment Division (STAD), Hasil Belajar, Matematika.Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hal-hal ketidakpuasan yang dirasakan oleh guru tentang proses pembelajaran yang terjadi di kelas VI B SDN Kebon Pedes 1, yaitu rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika tentang menghitung volume kubus dan balok. Oleh karena itu guru harus mempertimbangkan model pembelajaran yang efektif dan menyenangkan sehingga dapat meningkatkan hasil belajar para peserta didiknya. Salah satu model pembelajaran yang dicoba melalui penelitian ini adalah model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievment Division (STAD).
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur sejauh mana terjadi nya peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika materi menghitung volume kubus dan balok di kelas VI B SDN Kebon Pedes 1 Kota Bogor. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievment Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VI B SDN Kebon Pedes 1. Hal ini terlihat dari peningkatan presentase ketuntasan belajar peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievment Division (STAD). Pada saat prasiklus ketuntasan belajar sebesar 30,77% . Pada saat pembelajaran dirubah dengan menerapkan Kooperatif Tipe Student Team Achievment Division (STAD) maka nilai peserta didik pada siklus 1 meningkat menjadi 69,23% dan pada siklus 2 mencapai 100%
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievment Division ( STAD ) yang digunakan guru dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, karena itu peneliti menyarankan agar penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievment Division ( STAD ) disosialisasikan dan digunakan dalam pembelajaran matematika di sekolah-sekolah lingkungan Dinas Pendidikan Kota Bogor.
References
Abdurrahman, Mulyono. 2003. Test Prestasi. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Adjie dan Maulana. 2009. Pemecahan Masalah Matematika. Bandung: UPI PRESS.
Anitah, Sri, dkk (2007). Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Aqib, Zainal. 2016. Kumpulan Model Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Bandung: Satu Nusa.
BSNP. (2006). Kurikulum KTSP Mata Pelajaran Matematika. Jakarta: BSNP.
Depdikbud. (1990). Pedoman Proses Belajar Mengajar di Sekolah Dasar. Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Djamarah. 2000. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Djamarah, Syaiful Bahri( 2006),Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineksa Cipta.
Erman Suherman, dkk. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA.
Hamalik, Oemar. (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Karso, dkk. (2009). Pendidikan Matematika I. Jakarta: Universitas Terbuka.
Muhsetyo, Gatot, dkk. (2009). Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Nasution. Andi Hakim. (1982). Teori Matematika. Jakarta: Bhratara Karya Akasara.
Ngalimun. (2015). Strategi dan Model Pembelajaran, Yogyakarta, Aswaja Pressindo
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun. 2005, tentang Standar Nasional Pendidikan, Jakarta: Depdiknas
Permendikbud Nomor 20 Tahun 2016, tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk. Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta, Kemdikbud
Permendikbud Nomor 21 Tahun 2016, tentang Standar Standar Isi untuk. Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah., Jakarta, Kemdikbud
Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016, Standar proses untuk. Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta, Kemdikbud
Slameto, (2007), Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta, Rineka Cipta.
Suprijono, (2009) Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta Pustaka Pelajar.
Susilawati, (2012), Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan.
Sofiraeni, Hj. Renny. (2004). Model-Model Pembelajaran. Bandung: LPMP.
Trianto. (2007). Model – Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi. Konstruktifistik, Jakarta, Prestasi Pustaka
Udin. S. Winataputra, dkk. (2008). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. Uni
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta, Depdiknas
Wahyudin, H. Dinn, dkk. (2007). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Universitas Terbuka.
Wardani, I.G.A.K, Julaeha. S dan Marsinah. N. (2005). Pemantapan Kemampuan Profesional. Jakarta. Universitas Terbuka.
Wardani, I.G.A.K, Wihardi dan Nasution. N. (2005). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Universitas Terbuka.
Winataputra, Udin. S, dkk. (2004). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka.
Zaenal Aqib dan Ali Murtodlo. (2016). Kumpulan Metode Pembelajaran. Bandung: Satu Nusa.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors grant the journal copyright of the work licensed under CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal. | Penulis memberikan hak cipta karyanya kepada jurnal yang dilisensikan dengan CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License yang memungkinkan orang lain untuk menggunakan karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini. |