PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA

Authors

  • Ida Sri Sudarti Sekolah Dasar Negeri Kebon Pedes 1 Kota Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/educate.v5i1.2856

Keywords:

Student Team Achievment Division (STAD), Hasil Belajar, Matematika.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hal-hal ketidakpuasan yang dirasakan oleh guru tentang proses pembelajaran yang terjadi di kelas VI B SDN Kebon Pedes 1, yaitu rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika tentang menghitung volume kubus dan balok. Oleh karena itu guru harus mempertimbangkan model pembelajaran yang efektif dan menyenangkan sehingga dapat meningkatkan hasil belajar para peserta didiknya. Salah satu model pembelajaran yang dicoba melalui penelitian ini adalah model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievment Division (STAD).
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur sejauh mana terjadi nya peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika materi menghitung volume kubus dan balok di kelas VI B SDN Kebon Pedes 1 Kota Bogor. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievment Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VI B SDN Kebon Pedes 1. Hal ini terlihat dari peningkatan presentase ketuntasan belajar peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievment Division (STAD). Pada saat prasiklus ketuntasan belajar sebesar 30,77% . Pada saat pembelajaran dirubah dengan menerapkan Kooperatif Tipe Student Team Achievment Division (STAD) maka nilai peserta didik pada siklus 1 meningkat menjadi 69,23% dan pada siklus 2 mencapai 100%
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievment Division ( STAD ) yang digunakan guru dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, karena itu peneliti menyarankan agar penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievment Division ( STAD ) disosialisasikan dan digunakan dalam pembelajaran matematika di sekolah-sekolah lingkungan Dinas Pendidikan Kota Bogor.

References

Abdurrahman, Mulyono. 2003. Test Prestasi. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Adjie dan Maulana. 2009. Pemecahan Masalah Matematika. Bandung: UPI PRESS.

Anitah, Sri, dkk (2007). Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Aqib, Zainal. 2016. Kumpulan Model Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Bandung: Satu Nusa.

BSNP. (2006). Kurikulum KTSP Mata Pelajaran Matematika. Jakarta: BSNP.

Depdikbud. (1990). Pedoman Proses Belajar Mengajar di Sekolah Dasar. Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Djamarah. 2000. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Djamarah, Syaiful Bahri( 2006),Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineksa Cipta.

Erman Suherman, dkk. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA.

Hamalik, Oemar. (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Karso, dkk. (2009). Pendidikan Matematika I. Jakarta: Universitas Terbuka.

Muhsetyo, Gatot, dkk. (2009). Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Nasution. Andi Hakim. (1982). Teori Matematika. Jakarta: Bhratara Karya Akasara.

Ngalimun. (2015). Strategi dan Model Pembelajaran, Yogyakarta, Aswaja Pressindo

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun. 2005, tentang Standar Nasional Pendidikan, Jakarta: Depdiknas

Permendikbud Nomor 20 Tahun 2016, tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk. Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta, Kemdikbud

Permendikbud Nomor 21 Tahun 2016, tentang Standar Standar Isi untuk. Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah., Jakarta, Kemdikbud

Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016, Standar proses untuk. Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta, Kemdikbud

Slameto, (2007), Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta, Rineka Cipta.

Suprijono, (2009) Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta Pustaka Pelajar.

Susilawati, (2012), Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan.

Sofiraeni, Hj. Renny. (2004). Model-Model Pembelajaran. Bandung: LPMP.

Trianto. (2007). Model – Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi. Konstruktifistik, Jakarta, Prestasi Pustaka

Udin. S. Winataputra, dkk. (2008). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. Uni

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta, Depdiknas

Wahyudin, H. Dinn, dkk. (2007). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Universitas Terbuka.

Wardani, I.G.A.K, Julaeha. S dan Marsinah. N. (2005). Pemantapan Kemampuan Profesional. Jakarta. Universitas Terbuka.

Wardani, I.G.A.K, Wihardi dan Nasution. N. (2005). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Universitas Terbuka.

Winataputra, Udin. S, dkk. (2004). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka.

Zaenal Aqib dan Ali Murtodlo. (2016). Kumpulan Metode Pembelajaran. Bandung: Satu Nusa.

Published

31-01-2020

How to Cite

Sudarti, I. S. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA. Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(1). https://doi.org/10.32832/educate.v5i1.2856

Issue

Section

Artikel