Pengaruh Pembelajaran Berbasis Media Interaktif Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP

Authors

  • Fiki Rahmita State University of Surabaya
  • Rusijono Rusijono
  • Andi Mariono

DOI:

https://doi.org/10.32832/educate.v5i2.3187

Keywords:

kemampuan representasi matematis, pembelajaran berbasis media interaktif, geometri ruang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis media interaktif pada materi bangun ruang terhadap kemampuan representasi matematis siswa SMP. Kemampuan representasi matematis adalah kemampuan dalam mengungkapkan gagasan atau ide matematika kedalam bentuk gambar, diagram grafik, tabel, notasi matematik, atau teks tertulis/kata-kata. Pembelajaran berbasis media interaktif dalam penelitian ini menggunakan Software GeoGebra yang mampu menghasilkan lukisan-lukisan 3D bangun geometri dengan cepat dan teliti sehingga dengan menggunakan software GeoGebra secara teoretis dapat meningkatkan representasi  matematis siswa SMP. Penelitian ini temasuk jenis penelitian eksperimen, desain eksperimen yang digunakan adalah control group pre-test post-test design. Subjek penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 28 Surabaya, Propinsi Jawa Timur. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Untuk menguji pengaruh pembelajaran berbasis media interaktif terhadap kemampuan representasi matematis digunakan analisis uji t dua kali. Hasil analisis menunjukkan bahwa kemampuan representasi matematis sebelum diberi perlakuan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol tidak ada perbedaan yang signifikan (th = 0,135 dan sign 0,893). Sedangkan kemampuan representasi matematis setelah diberi perlakuan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan (th = 4,748 dan sign 0,000), maka dapat disimpulkan pembelajaran berbasis media interaktif pada materi geometri ruang berpengaruh positif terhadap kemampuan representasi matematis siswa SMP.

Downloads

Published

31-07-2020

How to Cite

Rahmita, F., Rusijono, R., & Mariono, A. (2020). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Media Interaktif Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP. Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(2), 09–20. https://doi.org/10.32832/educate.v5i2.3187

Issue

Section

Artikel