Pengaruh Keterampilan Kolaborasi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta didik SMK
DOI:
https://doi.org/10.32832/educate.v5i2.3323Keywords:
Kata kunci, Keterampilan Kolaborasi, Kemampuan Pemecahan Masalah, IPA.Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh keterampilan kolaborasi terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Penelitian menggunakan metode Quasi Eksperiment (eksperimen semu) dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Subyek penelitian berjumlah 30 orang sebagai kelas eksperimen dan 29 orang sebagai kelas kontrol di SMKK Mater Amabilis Surabaya tahun pelajaran 2019/2020. Instrumen penelitian berupa lembar observasi keterampilan kolaborasi dan tes kemampuan pemecahan masalah. Hasil uji analisis dilakukan dua analisis, yakni yang pertama analisis uji independent sample t-test dan uji regresi linier sederhana keterampilan kolaborasi pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil uji independent sample t-tes diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan signifikan nilai rata-rata keterampilan kolaborasi antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil uji regresi linier sederhana diperoleh koefisisen regresi 0,660 dan nilai signifikansi 0,02<0,05, kedua hasil tersebut menunjukkan ada pengaruh yang signifikan antara keterampilan kolaborasi terhadap kemampuan pemecahan masalah.
References
Dewey, J. 1916. Democracy and Education. New York: Macmillan.
Fatynia Ilmiyatni, Tri Jalmo, Berti Yolida. 2019. "Penggunaan Problem Based Learning untuk meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Dan Berpikir Tingkat Tinggi”. Jurnal bioterdidik, 7(2).
Gagne,Briggs dan Wager. 1992. Principle of Instructional Design. Second. Edition, Holt, Rinehart and Winston; New York.
Hamalik Oemar. 1999. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Karso, dkk. 1993/1994. Materi Pokok Dasar–Dasar Pendidikan MIPA. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.
Khanifah, LN. 2015. "PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DAN KETERAMPILAN KOLABORASI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR PADA TEMA CITA-CITAKU”. Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 5(1).
Lilian M. Fawcett, Alison F. Garton. 2010. "The effect of peer collaboration on children's problem"solving ability”. Journal educational psychology, 75(2).
Mustaji. 2017. Desain Pembelajaran Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kolaborasi untuk Meningkatkan Kemampuan Berkolaborasi. Surabaya: Unesa Press.
Primadya Anantyarta dan Ririn Listya Ika Sari. 2017. "Keterampilan kolaboratif dan metakognitif melalui multimedia berbasis means end analysis collaborative and metacognitive skills through multimedia means ends analysis based”. Jurnal biologi dan pembelajaran biologi, 2(2).
Setyosari, Punaji. 2009. Pembelajaran Kolaborasi Landasan untuk Mengembangkan Keterampilan Sosial, Rasa saling Menghargai dan Tanggung Jawab. Pidato Pengukuhan Pendidik Besar dalam Bidang Ilmu TEP pada FIP UM disampaikan pada sidang terbuka Senat UM 14 Mei 2009.
Sucipto. 2017. "Pengaruh Colaborative Learning dan Gaya Kogntif Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah dan Keterampilan Kolaboratif pada Mahapeserta didik”. Jurnal Biologi dan Pembelajaran Biologi, 2(2).
Werther, William B., Jr., and Keith Davis. 1996. Human Resources and Personnel Management. Fifth Edition. International Edition. New York: McGraw-Hill, Inc.
Zubaidah, Siti. (2016). Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. Universitas Negeri Malang. Tersedia [online] : https://www.researchgate.net/publication/318013627 (Diakses pada Maret 2018).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors grant the journal copyright of the work licensed under CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal. | Penulis memberikan hak cipta karyanya kepada jurnal yang dilisensikan dengan CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License yang memungkinkan orang lain untuk menggunakan karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini. |