PENGARUH PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA PADA PEMBELAJARAN ONLINE

Authors

  • Gadis Hayuhana Siskawati UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
  • Mustaji Mustaji
  • Bachtiar S Bachri

DOI:

https://doi.org/10.32832/educate.v5i2.3324

Keywords:

Project Based Learning, Kemampuan Berpikir Kreatif, Pembelajaran Online.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk Menguji pengaruh Project Based Learning terhadap Kemampuan berpikir kreatif siswa SMK Negeri 1 Driyorejo dan SMK Negeri 1 Cerme, (2) Untuk menganalisis perbedaan kemampuan berfikir kreatif melalui Project Based Learning secara pembelajaran online dan offline siswa. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan penelitian ini berjenis Quasi Experiment. Alat pengumpulan data menggunakan observasi, validasi, dan tes. Analisis data menggunakan teknik analisis data One Simple Kolmogorov-Smirnov dengan bantuan SPSS 20 for windows. Hasil uji analisis menunjukkan (1) Adanya pengaruh Project Based Learning terhadap kemampuan berpikir siswa pada kelas control dan eksperimen dengan tingkat signifikan 5% (0,000 < 0,05), (2) Adanya perbedaan kemampuan berpikir kreatif melalui Project Based Learning secara online dan offline bahwa nilai signifikansi atau p-value (0,017 < 0,05). Hal ini membuktikan bahwa terjadi peningkatan pada kelas eksperimen yang telah diberikan perlakuan dengan model Project based learning. Dengan demikian dapat disimpulkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada kelompok eksperimen lebih tinggi daripada kelompok control. Model Project based learning berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa.

References

Ismayani, Ani.2016. Pengaruh Penerapan Stem Project-Based Learning Terhadap Kreativitas Matematis Siswa Smk. Indonesian Digital Journal Of Mathematics And Education. 264-272

Noviyana, Hesti. 2017. Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa. Jurnal Edumath. 110-117

Luthvitasari, Navies Ngurah Made D. P, Suharto Linuwih. 2012. Implementasi Pembelajaran Fisika Berbasis Proyek Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis, Berpikir Kreatif Dan Kemahiran Generik Sains. Journal Of Innovative Science Education. 92-97

T.N.H. Yunianta , A. Rusilowati , Rochmad Rochmad . 2012. Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Implementasi Project-Based Learning Dengan Peer And Self-Assessment. Journal.Unnes.Ac.Id. 81-86

Costantino, Tracie. 2011. International Journal of Education & the Arts . IJEA. Vol. 12. No. 7 hal: 1-6

E-book. Educational Technology Division, Ministry of Education. 2009.Project Based Learning Hand Book "Educating The Millenial Learner”.Malaysia, Kuala Lumpur: Pesiaran Bukit Kiara.

Guilford, J.P. 1977.Way Beyond The IQ, Buffalo, Creative Learning. Crowin Press Inc. Thousand Oaks; California.

Sari, Rona Taula , Siska Angreni. 2018. Penerapan model pembelajaran Project based learning (PJBL) upaya peningkatan kreativitas mahasiswa. Journals.ums.ac.id. 79-83

Arifah, Rani Nur, Agus Fajrina, Supriyono Koes Handayanto, Arif Hidayat. 2018. Peran Model Project Based learning dalam kemampuan berpikir kreatif kelas XI IPA melalui Materi Fluida Statis. Journal.um.ac.id. 291-295

Rahmazatullaili, Rahmazatullaili, Cut Morina, Zubainur, Said Munzir. 2017. Kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah siswa melalui penerapan model project based learning. Jurnalbeta.ac.id. 166-183

Astuti,Rini. 2015. Pengembangan pembelajaran di luar kelas melalui project based learning dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif pada materi penangan limbah. Repository.upi.edu.

Ramirez, R.P and Ganaden,. 2006. Creative Activities and students'Higher Order Thinking Skill. Education Quarterly. Vol 66 (1) 22-23. UP.College of education.

Sari, Dwi Septiana, Mastarita Nova Wulanda. 2019. Pengembangan lembar kerja mahasiswa berbasis proyek dalam meningkatkan kemampuan berfikir kreatif mahasiswa. Jurnal ilmiah pendidikan IPA 6(1). 20-33

Fitrina, Tien, M.IKhsan, Said Munzir. 2016. Peningkatan Kemampuan berpikir kreatif dan komunikasi matematis siswa SMA melalui model pembelajaran project based learning berbasis debat. Jurnal Didatik Matematika. 87-95

Fitri, Hikmatul , I Wayan Dasna, Suharjo. 2018. Pengaruh model project based learning terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi ditinjau dari motivasi berprestasi siswa kela IV sekolah dasar. Jurnal Riset dan Konseptual. 201-212

Antika, Rindi Novitri, Sulton Nawawi. 2017. The effect of project based learning model in seminar course to student's creative thinking skills. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia) 3 (1). 72-79

Widyaningsih, Sri wahyu, Irfan Yusuf . 2018. Project based learning on simple teaching tools and critical thinking skills. Physics Education Journal (KPEJ)1 (1). 12-21

Downloads

Published

31-07-2020

How to Cite

Siskawati, G. H., Mustaji, M., & Bachri, B. S. (2020). PENGARUH PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA PADA PEMBELAJARAN ONLINE. Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(2), 31–42. https://doi.org/10.32832/educate.v5i2.3324

Issue

Section

Artikel