HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI PESERTA DIKLAT TENTANG PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI KOMPUTER DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR INSEMINASI BUATAN (IB) DI BBPKH CINAGARA BOGOR
DOI:
https://doi.org/10.32832/educate.v3i1.994Abstract
Tujuan penelitian ini adalah Hubungan antara persepsi peserta diklat tentang media animasi komputer dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar Inseminasi buatan di BBPKH Cinagara Bogor. Populasi target dari penelitian ini adalah seluruh Peserta diklat /penyuluh di BBPKH Cinagara Bogor yang berjumlah 30 orang. Sedangkan populasi terjangkau adalah Peserta diklat yang berjumlah 30 orang. Hasil penelitian disimpulkan sebagai berikut : (1) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara persepsi peserta diklat tentang media animasi komputer dengan hasil belajar inseminasi buatan di BBPKH Cinagara Bogor. Koefisien determinan R Square (r2y1) sebesar 0.294 yang berarti faktor media animasi komputer (X1) berperan atau memberikan kontribusi sebesar 29.4% dengan Hasil belajar inseminasi buatan (Y) sedangkan sisanya 70.6 % Hasil belajar inseminasi buatan dipengaruhi oleh faktor lain.(2) Terdapat hubungan positif dan signifikan motivasi belajar dengan hasil belajar Inseminasi buatan di BBPKH Cinagara Bogor teruji kebenaranya. Koefisien determinan R Square (r2y1) sebesar 0.601 yang berarti faktor motivasi belajar (X2) berperan atau memberikan kontribusi sebesar 60.1% dengan Hasil belajar inseminasi buatan (Y) sedangkan sisanya 39.9% Hasil belajar inseminasi buatan dipengaruhi oleh faktor lain.(3) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara persepsi peserta diklat tentang media animasi komputer dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar Inseminasi buatan di BBPKH Cinagara Bogor. Nilai koefisien determinan (r2y.12) sebesar 0.602 yang berarti faktor media animasi komputer (X1) dan Motivasi belajar (X2) secara bersama-sama berperan/memberikan kontribusi sebesar 60.2%. Sisanya 39.8 % Hasil belajar inseminasi buatan dipengaruhi oleh faktor lain (Y)..Downloads
Published
01-01-2018
How to Cite
Walhidayah, T. (2018). HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI PESERTA DIKLAT TENTANG PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI KOMPUTER DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR INSEMINASI BUATAN (IB) DI BBPKH CINAGARA BOGOR. Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, 3(1), 38–52. https://doi.org/10.32832/educate.v3i1.994
Issue
Section
Artikel
License
Authors grant the journal copyright of the work licensed under CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal. | Penulis memberikan hak cipta karyanya kepada jurnal yang dilisensikan dengan CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License yang memungkinkan orang lain untuk menggunakan karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini. |