Membaca Ekstensif Dan Agensi Pembelajar Di Era Pandemi: Sebuah Studi Kasus Di Indonesia

Penulis

  • Mila Mutmainatul Ma’wa Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Maulidia Rachmawati Nur Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Eva Nurmayasari Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/edukha.v4i2.15526

Abstrak

Agensi pembelajar (Learner agency) merupakan salah satu karakter atau kompetensi yang dimiliki siswa dalam menentukan minat dan inisiatif dalam proses belajar yang dilakukannya.  Dalam hal ini siswa mempunyai kesadaran diri akan pentingnya belajar dan mempunyai inisiatif sendiri dalam melakukan proses belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana siswa dapat menunjukkan karakter agensi pembelajar melalui kegiatan membaca ekstensif. Wawancara semi terstuktur digunakan sebagai instrumen dalam mendapatkan data tentang karakter agensi pembelajara melalui kegiatan membaca ekstensif. Partisipan riset dalam penelitian ini adalah lima orang  siswa yang terlibat dalam kegiatan membaca ekstensif. Berdasarkan hasil wawancara, data yang diperoleh menunjukkan bahwa partisipan riset ini  mempunyai ciri-ciri agensi pembelajar, antara lain: mempunyai inisiatif, lebih aktif dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran berdasarkan minatnya

Diterbitkan

2023-12-04

Cara Mengutip

Mutmainatul Ma’wa, M., Rachmawati Nur, M., & Nurmayasari, E. (2023). Membaca Ekstensif Dan Agensi Pembelajar Di Era Pandemi: Sebuah Studi Kasus Di Indonesia. EDUKHA : Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 182–196. https://doi.org/10.32832/edukha.v4i2.15526