DAMPAK PANDEMI CORONA TERHADAP KETANGGUHAN PSIKOLOGIS DAN SOSIAL ANAK USIA DINI DI INDONESIA

Penulis

  • Rini .
  • Maulidia Rachmawati Nur

DOI:

https://doi.org/10.32832/edukha.v2i2.5875

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasikan mengenai dampak
pandemi corona pada ketangguhan psikologis dan sosial pada anak-anak di Taman
Kanak-kanak dari sudut pandang guru, dan penelitian ini berdasarkan metode deskriptif, dan sample pada penelitian ini terdiri dari beberapa guru TK (Taman Kanak-kanak) di kota Bogor, dan untuk mencapai tujuan penelitian disiapkan ukuran fleksibilitas di kedua bidang: fleksibilitas psikologis dan fleksibilitas sosial setelah memastikan kejujuran dan kesetabilan dalam pengambilan data. Dari penelitian ini kemampuan beradaptasi terhadap suatu perubahan hidup sangatlah penting di dalam fleksibilitas pikologis. Ketangguhan sosial adalah dimensi yang dapat dianggap sebagai aspek kecerdasan emosional, yang didefinisikan sebagai kemampuan untuk mengenali apa yang kita dan orang lain rasakan,
menemukan cara untuk menghadapinya, dan mengelola emosi tersebut. Di metode
penelitian ini penulis menggunakan observasi, wawancara, dan kuesioner sebagai alat pengumpulan data primer. Ketangguhan psikologis dan sosial pada anak dapat dilatih sejak dini agar dapat terbiasa hingga dewasa, dengan cara menanamkan dan menerapkan fleksibilitas psikologis dan sikap adaptasi anak-anak TK

Diterbitkan

2021-11-01

Cara Mengutip

., R., & Rachmawati Nur, M. (2021). DAMPAK PANDEMI CORONA TERHADAP KETANGGUHAN PSIKOLOGIS DAN SOSIAL ANAK USIA DINI DI INDONESIA. EDUKHA : Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 310–320. https://doi.org/10.32832/edukha.v2i2.5875

Terbitan

Bagian

Articles