Inovasi kurikulum pendidikan Islam Era 4.0 di MTsN 1 Pariaman

Authors

  • Ramadhoni Aulia Gusli Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Iswantir M Universitas Islam Negeri Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi
  • Muaddyl Akhyar Universitas Islam Negeri Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi
  • Kurnia Mira Lestari Universitas Islam Negeri Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.32832/itjmie.v5i2.16401

Keywords:

Inovasi Kurikulum, Pendidikan Islam, Revolusi 4.0

Abstract

One of the goals of Islamic education is to improve human intelligence and enhance the spirituality of each individual. Thus, education can improve the quality of life of each individual. One of the problems faced in the world of education is related to the curriculum which is the heart of educational institutions. The curriculum regulates the course of the education system and as a manager of educational programmers. So, if the curriculum does not have innovations that are in accordance with the challenges of the industrial revolution 4.0, the resulting learning cannot improve the ability of students to compete in the industrial revolution 4.0. So, the author conducted research using the literature review research method. The location of this research is MTsN 1 Pariaman. This study found that the Islamic education curriculum, especially at MTsN 1 Pariaman, has sought curriculum innovation to keep up with the times that have developed. Adaptive and responsive Islamic education curriculum by producing various programmers that can support the ability of students to think critically and innovatively, collaborate and have a global outlook. With the development of science and technology, educators, learners and even parents must gain a better understanding of technology, information and communication. Educators should also endeavor to make changes, innovate learning, and adapt their learning to meet the needs of society. The curriculum, more specifically, must always be innovated. This is because curriculum programmers implemented in education can help learners learn and face challenges in the globalized industry 4.0.

Abstrak

Salah satu tujuan pendidikan Islam adalah untuk meningkatkan kecerdasan manusia dan meningkatkan spiritualitas setiap individu. Dengan demikian pendidikan dapat meningkatkan kualitas hidup setiap individu. Salah satu permasalahan yang dihadapi dalam dunia pendidikan adalah terkait dengan kurikulum yang merupakan jantung dari lembaga pendidikan. Kurikulum yang mengatur jalannya sistem pendidikan dan sebagai pengelola program pendidikan. Sehingga jika kurikulum tidak memiliki inovasi yang sesuai dengan tantangan revolusi industri 4.0, maka pembelajaran yang dihasilkan tidak dapat meningkatkan kemampuan peserta didik untuk bersaing dalam revolusi industri 4.0. Maka, penulis melakukan penelitian dengan menggunakan metode penelitian kajian literatur. Lokasi penelitian ini di MTsN 1 Pariaman. Pada penelitian ini menghasilkan bahwa kurikulum pendidikan Islam khususnya di MTsN 1 Pariaman telah mengupayakan inovasi kurikulum agar mengikuti perkembangan zaman yang telah berkembang. kurikulum pendidikan Islam yang adaptif dan responsif dengan menghasilkan berbagai program yang dapat mendukung kemampuan peserta didik untuk berpikir kritis dan inovatif, berkolaborasi dan berwawasan global. Dengan perkembangan IPTEK, pendidik, peserta didik, dan bahkan orang tua harus memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang teknologi, informasi, dan komunikasi. Para pendidik juga harus berusaha untuk melakukan perubahan, melakukan inovasi pembelajaran, dan menyesuaikan pembelajaran mereka untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Kurikulum lebih spesifik, harus selalu diinovasikan. Ini karena program kurikulum yang diterapkan dalam pendidikan dapat membantu peserta didik belajar dan menghadapi tantangan dalam industri 4.0 yang global.

References

Ainiyah, N. (2013). Melalui Pendidikan Agama Islam. Jurnal Al-Ulum.

Akhyar, M., M, I., & Gusli, R. A. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Al-Qur’an Di Sd It Karakter Anak Shaleh Kota Padang. Jurnal Bilqolam Pendidikan Islam, 4(2), 31–46. doi: 10.51672/jbpi.v4i2.196

Al, M. H. et. (2020). Pendampingan Guru Madrasah Untuk Mewujudkan Kompetensi Pedagogik Guru Matematika Yang Berdaya Melalui Penguasaan Soal High Order Thinking Skills (HOTS). Engagement: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 183–200.

Anggraeni, F. B. S., & Made, D. (2018). Inovasi Pembelajaran Elektronik Dan Tantangan Guru Abad 21. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 2(1).

Arifin, Z. (2011). Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya offset.

Baroya, E. P. I. H. (2018). Strategi Pembelajaran Abad 21. Jurnal Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Prov. DIYogyakarta, 1(1), 101–115.

Choli, I. (2019). Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Islam. Tahdzib Al-Akhlaq Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 35-52.

Faruq, U. Al. (2020). Peluang Dan Tantangan Pendidikan Muhammadiyah Di Era 4.0. Ar-Risalah: Media Keislaman, Pendidikan Dan Hukum Islam, 1, 13-30.

Gusli, R. A., Akhyar, M., Pariaman, K. P., & Islam, L. P. (2023). Lembaga Islam Di Mts S Sungai Rambah Kabupaten Padang. 4(2), 61–78.

Lestari, K. M., M, I., Gusli, R. A., & Akhyar, M. (2023). Konsep manajemen keuangan dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMAN 3 Bukittinggi. 4(3), 262–271. doi: 10.32832/idarah.v4i3.15590

Masyitoh. (2018). Pendidikan Kejuran Di Era Industri 4.0 Tantangan Dan Peluang Karier. SCHOLID: Journal Of School Counseling.

Muhid, M. P. and A. (2021). Literasi Digital Terhadap Perilaku Penggunaan Internet Berkonten Islam Di Kalangan Remaja Muslim Kota. Journal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi, 6(1), 23–40.

Nugraha, M. T. (2016). Pengembangan Model Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) Menuju Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). At-Turats, 10(1).

Patimah, L. (2017). Redesain Pembelajaran Pendidikan Islam Dalam Perspektif Pembelajaran Abad 21. JSPD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 3(2), 35-42.

Slamet, & Yusnaini. (2019). Era Revolusi Industri 4.0: Tantangan Dan Peluang Dalam Upaya Meningkatkan Literasi Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 2.

Sofwan, M. (2016). Problematika Dunia Pendidikan Islam Abad 21 Dan Tantangan Pondok Pesantren Di Jambi. Jurnal Kependidikan, 46(2).

Sugiyono. (2005). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Syamsuar. (2018). Pendidikan Dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Di Era Revolusi 4.0. E-Tech: Jurnal Ilmiah Teknologi Prndidikan, 6(2).

Yuniar, D. W. E. E., & Afifulloh, M. (2020). VICRATINA. Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 17–23.

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Aulia Gusli, R., Iswantir M, Muaddyl Akhyar, & Kurnia Mira Lestari. (2024). Inovasi kurikulum pendidikan Islam Era 4.0 di MTsN 1 Pariaman. Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 5(1), 77–88. https://doi.org/10.32832/itjmie.v5i2.16401

Issue

Section

Articles