Strategi manajemen madrasah efektif dalam peningkatan kualitas belajar mengajar

Authors

  • Rahmad Fuad Universitas Islam Negeri Syaikh M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Iswantir M Universitas Islam Negeri Syaikh M. Djamil Djambek Bukittinggi, Indonesia
  • Muaddyl Akhyar Universitas Islam Negeri Syaikh M. Djamil Djambek Bukittinggi, Indonesia
  • Ramadhoni Aulia Gusli Universitas Islam Negeri Syaikh M. Djamil Djambek Bukittinggi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32832/itjmie.v4i2.15437

Keywords:

Strategi; Manajemen Madrasah; Kualitas Belajar Mengajar

Abstract

The management strategy at MTsN 2 Bukittinggi also involves a results-based learning approach. Regular monitoring and evaluation are conducted to assess student achievement and the effectiveness of learning programmes. The data obtained from this process is not only used as an evaluation tool, but also as a basis for drafting improvement plans and developing educational policies. The purpose of this study is to explain the Effective Madrasah Management Strategy in Improving the Quality of Teaching and Learning at MTsN 2 Bukittinggi. This research uses a qualitative approach with descriptive, which intends to describe Effective Madrasah Management Strategies in Improving Teaching and Learning Quality at MTsN 2 Bukittinggi through in-depth information extraction in accordance with the predetermined research focus.The results of this study show that MTsN 2 Bukittinggi successfully integrates various aspects of research to create a balanced educational ecosystem. With effective learning management, active stakeholder participation, wise resource management, and continuous evaluation, this madrasah is able to provide quality learning experiences that are relevant to students' development. This success is not only reflected in academic achievement, but also in students' character development and positive contribution to society.

Abstrak

Strategi manajemen di MTsN 2 Bukittinggi juga melibatkan pendekatan pembelajaran berbasis hasil. Pemantauan dan evaluasi berkala dilakukan untuk menilai pencapaian siswa dan efektivitas program pembelajaran. Data yang diperoleh dari proses ini tidak hanya digunakan sebagai alat evaluasi, tetapi juga sebagai dasar untuk penyusunan rencana perbaikan dan pengembangan kebijakan pendidikan. Tujuan penelitian ini menjelaskan tentang Strategi Manajemen Madrasah Efektif dalam Peningkatan Kualitas Belajar Mengajar di MTsN 2 Bukittinggi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan deskriptif, yang bermaksud untuk mendeskripsikan Strategi Manajemen Madrasah Efektif dalam Peningkatan Kualitas Belajar Mengajar di MTsN 2 Bukittinggi melalui penggalian informasi secara mendalam sesuai dengan fokus penelitian yang telah ditentukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa MTsN 2 Bukittinggi berhasil mengintegrasikan berbagai aspek penelitian untuk menciptakan ekosistem pendidikan yang seimbang. Dengan manajemen pembelajaran yang efektif, partisipasi aktif pemangku kepentingan, pengelolaan sumber daya yang bijak, dan evaluasi yang terus-menerus, madrasah ini mampu memberikan pengalaman pembelajaran yang berkualitas dan relevan bagi perkembangan siswa. Keberhasilan ini tidak hanya tercermin dalam pencapaian akademis, tetapi juga dalam pengembangan karakter siswa dan kontribusi positif terhadap masyarakat.

References

Akhyar, M., Kamal, M., Wati, S., & Junaidi, J. (2022). Pemanfaatan Platform Whatsapp dalam Pembelajaran SKI di MTsN 1 Padang Pariaman. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(4), 3195–3203.

Ariani, Y., Helsa, Y., Ahmad, S., & Kenedi, A. K. (2020). Model Penilaian Kelas Online Pada Pembelajaran Matematika. Deepublish.

Cholid, N. (2023). Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta. Edukasiana: Journal of Islamic Education, 2(2), 186–195.

Firdianti, A. (2018). Implementasi manajemen berbasis sekolah dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Gre Publishing.

Gamar, N. (2022). Evaluasi Pembelajaran Daring. Penerbit NEM.

Hidayat, N. (2016). Otonomi Daerah Dan Desentralisasi Pendidikan:(Studi Pada Jenjang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Kota Sawahlunto). Society, 4(1), 35–50.

Kartikasari, M. N. D. (2022). Komunikasi Dan Advokasi Dalam Promosi Kesehatan. Promosi Kesehatan Masyarakat, 41.

Mulyasa, H. E. (2022). Manajemen dan kepemimpinan kepala sekolah. Bumi Aksara.

Pawero, A. M. D. (2021). Arah Baru Perencanaan Pendidikan Dan Implikasinya Terhadap Kebijakan Pendidikan. Dirasah: Jurnal Studi Ilmu dan Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 16–32.

Puspitasari, Y., Tobari, T., & Kesumawati, N. (2021). Pengaruh Manajemen Kepala Sekolah Dan Profesionalisme Guru Terhadap Kinerja Guru. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 6(1), 88–99.

Rinanta, A. D. (2023). Gaya Kepemimpinan Yang Diterapkan Smp Al-Azhar Kota Bukittinggi Guna Meningkatkan Mutu Pendidikan Siswa. Dahlia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 1(1), 1–10.

Downloads

Published

2023-11-17

How to Cite

Fuad, R., Iswantir M, Muaddyl Akhyar, & Gusli, R. A. (2023). Strategi manajemen madrasah efektif dalam peningkatan kualitas belajar mengajar . Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 4(2), 207–218. https://doi.org/10.32832/itjmie.v4i2.15437

Issue

Section

Articles