Evaluasi perubahan Kurikulum 2013 dengan Kurikulum Merdeka di SMAN 3 Bukittinggi

Authors

  • Kurnia Mira Lestari Universitas Islam Negeri Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi
  • Supratman Zakir Universitas Islam Negeri Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi
  • Darul Ilmi Universitas Islam Negeri Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi
  • Ramadhoni Aulia Gusli Universitas Islam Negeri Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.32832/itjmie.v5i2.16620

Abstract

We need an evaluation of a program so that we can find out what its weaknesses are. One of those programs is a curriculum at an educational institution. The Minister of Education is always making curriculum changes to education in Indonesia. In 2013 has been set by the Minister of Education curriculum 2013 after the minister of education carried out the evaluation of curricula previously and at this time has appeared also curriculums independent in the educational institutions of the curricular evaluation 2013. The research was carried out in SMAN 3 Bukittinggi and using qualitative descriptive methods in which the researchers obtained their sources from the institute as well as from the literature sources of documents, news, books and journals of previous research related to the title that the researcher did. At the moment, SMAN 3 has implemented an independent curriculum after conducting an evaluation of previous curricula implemented by the Minister of Education. Before making changes to the curriculum, the educational institute should do an evaluation first.

Abstrak

Suatu program sangatlah diperlukan suatu evaluasi agar kita tahu apa kelemahan dari program tersebut. Setelah kita tahu apa kelemahan dari program tersebut kita bisa melakukan inovasi terhadapa program tersebut. Salah satu dari program tersebut yaitu kurikulum di lembaga pendidikan. Menteri pendidikan selalu melakukan perubahan kurikulum terhadap pendidikan di Indonesia. Pada tahun 2013 telah di tetapkan oleh menteri pendidikan yaitu kurikulum 2013 setelah menteri pendidikan melakukan evaluasi kurikulum sebelumnya dan pada saat ini telah muncul juga kurikulum merdeka di lembaga pendidikan dari evaluasi kurikulum 2013. Maka dari itu, kita akan melakukan evaluasi terhadap perubahan kurikulum dari kurikulum 2013 terhadap perubahan kurikulum merdeka pada saat ini. Penelitian ini dilakukan di SMAN 3 Bukittinggi dan menggunakan metode kualitatif deskriptif yang mana peneliti mendapatkan sumbernya dari lembaga tersebut serta dari sumber-sumber literatur baik itu dokumen, berita, buku dan jurnal penelitian sebelumnya yang berkaitan dengan judul yang peneliti lakukan. Hasil dari penelitian ini yaitu SMAN 3 Bukittinggi telah melakukan evaluasi kurikulum yang telah diterapkan oleh menteri pendidikan. Pada saat ini SMAN 3 telah menerapkan kurikulum merdeka setelah melakukan evaluasi kurikulum sebelumnya yang diterapkan oleh menteri pendidikan. Sebelum melakukan perubahan kurikulum maka lembaga pendidikan ini melakukan evaluasi terlebih dahulu.

References

Angga, Suryana, Nurwahidah, Hernawan, & Prihantini. (2021). Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2541–2549. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1230

Aransyah, A., Herpratiwi, Adha, M. M., Nurwahidin, M., & Yuliati, D. (2023). Implementasi Evaluasi Modul Kurikulum Merdeka Sekolah Penggerak Terhadap Peserta Didik SMA Perintis 1 Bandar Lampung. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 8(1), 136. https://doi.org/10.33394/jtp.v8i1.6424

Daniel. (2020). Education and the COVID-19 pandemic. PROSPECTS, 49(1), 91–96. https://doi.org/10.1007/s11125-020-09464-3

Faiz, Parhan, & Ananda. (2022). Paradigma Baru dalam Kurikulum Prototipe. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1544–1550.

Gusli, R. A., Iswantir, M., Akhyar, M., & Lestari, K. M. (2024). Inovasi kurikulum pendidikan Islam Era 4 . 0 di MTsN 1 Pariaman. Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 5(2), 77–88. https://doi.org/10.32832/idarah.v5i2.16401

Gusli, R. A., M, I., & Akhyar, M. (2023). Konsep Manajemen Sarana Dan Prasarana Pendidikan Lembaga Islam Di MTs S Sungai Rambah Kabupaten Padang Pariaman. 4(2), 61–78. https://doi.org/10.51672/jbpi.v4i2.197

Iskandar. (2019). Analisis Kebijakan Pendidikan Dalam Perspektif Madrasah. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 1.

Iskandar. (2020). Evaluasi Program Pembelajaran Berbasis Hots (Higher Order Thinking Skills) Di Mi At-Taqwa Guppi Wojowalur Yogyakarta Tahun aJARAN 2018/2019. Jurnal Bunayya, 1(3), 168–195.

Iskandar, & Putri. (2020). Persepsi Kepala Madrasah Ibtidaiyah terhadap Kinerja Supervisi Manajerial Pengawas Madrasah Ibtidaiyah Kota Yogyakarta. Dirāsāt Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 6(2), 158–181.

Jono. (2016). Studi Implementasi Kurikulum Berbasis Kkni Pada Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Di Lptk Se-Kota Bengkulu. Manhaj: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 5(1), 57–68. https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/manhaj/article/view/148

Kodrat. (2012). Industrial Mindset of Education in Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Jurnal Kajian Peradaban Islam, 4(1), 9–14. https://doi.org/10.47076/jkpis.v4i1.60

Kurniawan. (2019). Tantangan Abad 21 bagi Madrasah di Indonesia. Intizar, 25(1), 55–68. https://doi.org/10.19109/intizar.v25i1.3242

Lestari, K. M., Iswantir, M., & Gusli, R. A. (2024). Teori pembelajaran dan dampaknya pada pengembangan kurikulum di SMAN 3 Bukittinggi. IdarahTarbawiyah:Journal of Management in Islamic Education, 5(2), 101–112. https://doi.org/10.32832/idarah.v5i2.16405

Lestari, K. M., Zakir, S., & Gusli, R. A. (2023). Penerapan AI dalam Pembelajaran untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan di SMAN 3 Bukitinggi. Jurnal Yudistira, 2(1), 277–289. https://doi.org/10.61132/yudistira.v2i1.434

Puspa, Pradyani, Marhaeni, & Suarni. (2014). Pengaruh Penerapan Asesmen Kinerja Terhadap Kemampuan Menulis Dalam Bahasa Jepang Dengan Kovariabel Kemampuan Verbal Pada Siswa Kelas Xii Ipb Sma Negeri 1 Banjarangakan. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 4.

Sianturi, E. R., Simangunsong, F. A., Zebua, E. Y., & Turnip, H. (2022). Pengawasan Dan Evaluasi Kurikulum. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 1(4), 175. https://doi.org/10.29300/btu.v4i1.1995.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Ulya, N., & Syafei, M. M. (2022). Evaluasi Kebijakan Kurikulum Pendidikan Islam di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9412–9420. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.3905

Vhalery, Setyastanto, & Leksono. (2022). Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Sebuah Kajian Literatur. Research and Development Journal of Education, 8(1), 185. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11718

Warits. (2019). Manajemen pengembangan kurikulum pendidikan madrasah dalam mewujudkan madrasah bermartabat. JPIK Septembe, 2(2), 496–525.

Yustiyawan. (2019). Penguatan Manajemen Pendidikan Dalam Mutu Pendidikan Tinggi Studi Kasus di STIE IBMT Surabaya. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 4(1), 1. https://doi.org/10.26740/jdmp.v4n1.p1-10

Downloads

Published

2024-06-12

How to Cite

Lestari, K. M., Zakir, S., Ilmi, D., & Gusli, R. A. (2024). Evaluasi perubahan Kurikulum 2013 dengan Kurikulum Merdeka di SMAN 3 Bukittinggi . Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 5(2), 250–261. https://doi.org/10.32832/itjmie.v5i2.16620

Issue

Section

Articles