Evaluasi program Tahfidz metode Kitabah di MDTA Muhammadiyah Sungai Tanang

Authors

  • Neka Zulwiddi Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Supratman Zakir Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Darul Ilmi Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.32832/itjmie.v5i5.17196

Keywords:

Evaluasi Program Tafidz, Metode Kitabah, Lembaga Pendidikan Islam

Abstract

The Islamic educational institute has created a programme so that the objectives of the Islamic institution can be achieved effectively and effectively. After the program has been created, the next step is to implement the program. Next, after the program is running, then, the program needs to be evaluated so that we can see if it is in line with the planning or need more in innovation. The aim of this evaluation is so that you can see how our judgment of the program so that it can be in innovation for the future or the program does not qualify for implementation in the Islamic educational institutions. This method of research is qualitative descriptive and type of research case study and data collection techniques through observations, interviews and using the evaluation model of CIPP a program of Tahfidz methods of bookah at the MDTA Muhammadiyah River Tanang. The findings on this research show that the program of tahfidz Methods of Bookah implemented in MDTA Mohammadiyah Sungai Tanang has effectively produced a generation of hafidz Al-Qur’an that has achieved commendable academic achievement. Although the program faces difficulties such as student skill differences and limited time, it benefits from a supportive educational atmosphere that promotes Islamic teachings and strong family support. The organized program improves the learning process and understanding of the verses of the Qur'an through the use of high-quality learning materials and highly qualified teachers. The effectiveness of the program depends on the use of a variety of teaching approaches, from conventional to modern, and the implementation of good time management strategies. Regular assessments and personal counselling help in tracking student progress, while there are visible improvements in student moral and spiritual growth.

Abstrak

Lembaga pendidikan Islam sudah membuat sebuah program agar tujuan lembaga Islam tersebut bisa di capai secara efektif dan efisien. Setelah program tersebut dibuat maka tahap selanjutnya yaitu mengimplementasikan program tersebut. Selanjutnya setelah program tersebut sudah berjalan maka dari itu, program tersebut perlu di evaluasi agar kita dapat melihat apakah sudah sesuai dengan perencanaan ataupun perlu lagi di inovasi. Tujuan melakukan evaluasi ini yaitu supaya kita bisa melihat bagaimana penilaian kita terhadap program tersebut supaya bisa di inovasi untuk ke depannya ataupun program tersebut tidak layak lagi di implementasikan di lembaga pendidikan Islam tersebut. metode penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif dan jenis penelitiannya study kasus dan teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara dan menggunakan model evaluasi CIPP sebuah program Tahfidz metode kitabah di MDTA Muhammadiyah Sungai Tanang. Temuan pada penelitian ini menunjukkan bahwa program tahfidz metode kitabah yang diimplementasikan di MDTA Muhammadiyah Sungai Tanang telah secara efektif menghasilkan generasi hafidz Al-Qur’an yang telah mencapai prestasi akademik yang memuji. Meskipun program ini menghadapi kesulitan seperti perbedaan kemampuan siswa dan waktu terbatas, itu mendapat manfaat dari suasana pendidikan yang mendukung yang mempromosikan ajaran Islam dan dukungan yang kuat dari keluarga. Program yang terorganisir meningkatkan proses belajar dan pemahaman ayat-ayat Al-Qur’an melalui penggunaan bahan pembelajaran berkualitas tinggi dan guru yang berkualitas tinggi. Efektivitas program tergantung pada penggunaan berbagai pendekatan pengajaran, mulai dari konvensional hingga modern, dan implementasi strategi manajemen waktu yang baik. Penilaian reguler dan konseling pribadi membantu dalam melacak kemajuan siswa, sementara ada perbaikan yang terlihat dalam pertumbuhan moral dan spiritual siswa.

References

Abidin, & Rahbini. (2022). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Al-Jadwa: Jurnal Studi Islam, 2(1), 132–147.

Aprilianto, T., Sutarto, S Fathurrohman, I. (2023). Problematika Pelaksanaan Tahfidz Al–Qur’an Menggunakan Media Digital Pada Siswa Kelas III di SD IT Al–Azhar Lebong. Institut Agama Islam Negeri Curup.

Budiywono, & Najamuddin. (2022). Peran Manajerial Kepala Sekolah dalam Pengadaan Program Keahlian Siswa. Jurnal Tarbiyatuna: Jurnal Kajian Pendidikan, Pemikiran Dan Pengembangan Pendidikan Islam, 3(1), 51–65.

Elmontadzery, A. Y. F., Basori, A. R., & Mujadid, M. (2024). Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Peningkatan Karakter Religius di MA NU Putra Buntet Pesantren Cirebon. TSAQAFATUNA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 6(1), 67–81.

Gusli, R. A., Zakir, S., Ilmi, D., Gusli, ramadhona A., Lestari, K. M., & Akhyar, M. (2024). Evaluasi Program Pendidikan Islam di MTsN 1 Kota Pariaman. Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 5(2), 262–271. https://doi.org/10.32832/idarah.v5i2.16621

Hariyadi, H., Misnawati, M Yusrizal, Y. (2023). Mewujudkan Kemandirian Belajar: Merdeka Belajar Sebagai Kunci Sukses Mahasiswa Jarak Jauh. Badan Penerbit Stiepari Press, 1–215.

Hasanah, H. N., Asha, L Yanuarti, E. (2022). Implementasi Metode Ummi Dalam Pembelajaran Tahfidz di Sd It Rabbi Radhiyya 02 Curup Rejang Lebong. IAIN Curup.

Kadir, ِa., Syamsudduha, S., & Rasyid, M. N. A. (2023). Evaluasi Program Tahfidz dengan Model CIPP [Context, Input, Process, Product] di Sekolah Dasar Integral Al-Bayan Makassar. ISLAMIKA Jurnal Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 5(4), 1424–1439. https://doi.org/10.36088/islamika.v5i4.3792

Nahar, N. (2020). Model Pembelajaran Al-Qur’an di Bait Qur’any Saleh Rahmany Banda Aceh. UIN Ar-Raniry.

Ngintung, R., Kurnia, N., Puspitasari, D., Sukamto, A., Wulansari, I., & Ristiana, E. (2023). Peningkatan Kemampuan Desain Media Pembelajaran Bagi Guru SD Gugus 3 Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. Jurnal Hasil-Hasil Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 65–71.

Prasetiya, B., & Cholily, Y. M. (2021). Metode Pendidikan karakter Religius paling efektif di sekolah. Academia Publication.

Prasetyo. (2023). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Islam Terpadu Cahaya Hati Sawangan. Rayah Al-Islam, 7(3), 1292– 1302.

Purnomo, A. H., Nasution, D. R., Annisa, R. M., & Syaroh, M. (2022). Evaluasi Program Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 2235–2241. https://doi.org/10.32699/paramurobi.v2i1.817

Rakhmawati, E. (2023). Model Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SD Program Khusus Paesan Muhammadiyah 02 Bendan Kabupaten Pekalongan. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(2), 888–903.

Ridwan. (2022). Pengembangan Kurikulum Pesantren Modern Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan (Studi Kasus Di Pesantren Pendidikan Islam Darul Abrar Bone). Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai.

Ritonga, U. (2019). Metode Tahfidz Al-Qur’an Secara Mandiri: Studi Kasus Pondok Pesantren Darussalam Parmeraan Kecamatan Dolok Kabupaten Padang Lawas Utara. IAIN Padangsidimpuan.

Rohmah, N. F., & Nursikhin, M. (2023). Pelaksanaan Program Unggulan Tahfidz Al-Qur’an Dalam Penanaman Karakter Disiplin Dan Adversity Quotient Siswa Kelas Vii Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kudus. Al-Ulum Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Ke Islaman, 10(2), 176–186.

Sa’diyah, T., Fakhruddin, F., & Rini, R. (2023). Evaluasi Pembelajaran Al-Qur’an Di Ma’had Al-Jami’ah Dalam Mencetak Penghafal Al-Qur’an. Institut Agama Islam Negri Curup.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Bandung. Alfabeta.

Warman, Labulan, & Ulfah. (2021). Supervisi Akademik Kepala Sekolah dalam Implementasi Kurikulum Jaringan Sekolah Islam Terpadu. Pendas Mahakam : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(2), 134–141.

Widyasari, F., & Kustiarini, K. (2021). Analisis Manajemen Kepala Madrasah Dalam Rangka Mewujudkan Visi Dan Misi Di Madrasah Ibtidaiyah.

Zuhra, A. (2023). Implementasi Program Akselerasi Pembelajaran Tahfiz Al-Qur’an di SD IT An-Nur Pidie Jaya. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

Zulfikar, M. Y., & Azzahro, S. (2024). Penerapan Metode Talaqqi dalam Program Tahfidz Anak Usia Dini di Rumah Tahfidz Desa Beji. Jurnal Kependidikan, 13(2), 1755–1766.

Zulwiddi, N., & Karim, H. A. (2024). Analisis Pengelolaan Keuangan Sekolah di SMP Plus Baabussalam. Journal of Management and Creatif Business (JMCBUS), 2(3), 13–24.

Zulwiddi, N., & M, I. (2024). Pengembangan Inovasi Kurikulum di tingkat MTsN. BLAZE:Jurnal Bahasa Dan Sastra Dalam Pendidikan Linguistik Dan Pengembangan, 2(2), 23–33.

Downloads

Published

2024-12-07

How to Cite

Zulwiddi, N., Zakir, S., & Ilmi, D. (2024). Evaluasi program Tahfidz metode Kitabah di MDTA Muhammadiyah Sungai Tanang. Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 5(5), 559–577. https://doi.org/10.32832/itjmie.v5i5.17196

Issue

Section

Articles