Pengaruh gaya kepemimpinan, budaya organisasi dan sarana prasarana terhadap mutu pendidikan di SDIT Almanar Kota Bekasi

Authors

  • Sri Wahyuni Yuni Magister Manajemen Pendidikan Islam Universitas Islam 45 Bekasi
  • Muhammad Iqbal Magister Manajemen Pendidikan Islam Universitas Islam 45 Bekasi
  • Irnie Victorynie Magister Manajemen Pendidikan Islam Universitas Islam 45 Bekasi

DOI:

https://doi.org/10.32832/itjmie.v5i4.16758

Abstract

The quality of education is one of the most important goals of schools. Achieving high-quality education requires various supporting factors, including leadership style, organizational culture, and facilities and infrastructure. This study aims to analyze the influence of leadership style, organizational culture, and facilities and infrastructure on the quality of education at SDIT Al-Manar, Bekasi City. A qualitative research method with a pedagogical approach was used in this study. The primary data source comes from interviews with the principal and teachers at SDIT Al-Manar, Bekasi City. Meanwhile, secondary data were obtained from documents supporting the research results. The tool used to collect data was in-depth interviews. Observation and documentation were conducted by selecting data as a source of information, analyzing data, interpreting data, and drawing conclusions.The results of the study show that leadership style, organizational culture, and facilities and infrastructure have a positive and significant impact on the quality of education at SDIT Al-Manar, Bekasi City. Democratic and transformative governance can motivate teachers and staff to improve their performance, thereby positively affecting the quality of education. A collaborative and supportive culture can create a better learning environment for students, thus enhancing student learning. Adequate and well-maintained infrastructure can support an effective learning process, thereby improving the quality of education. Based on the research results, it is concluded that leadership style, organizational culture, and facilities and infrastructure are important factors that can influence the quality of education at SDIT Al-Manar, Bekasi City. Therefore, efforts should be made to improve the quality of leadership, organizational culture, and facilities and infrastructure at the school.

Abstrak

Mutu pendidikan merupakan salah satu tujuan sekolah yang paling penting. Untuk mencapai pendidikan yang bermutu diperlukan berbagai faktor pendukung antara lain gaya kepemimpinan, budaya organisasi dan sarana prasarana. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan, budaya organisasi dan sarana prasarana terhadap mutu pendidikan di SDIT Al-Manar Kota Bekasi. Metode penelitian kualitatif dengan pendekatan pedagogi digunakan dalam penelitian ini. Sumber data yaitu data primer berasal dari wawancara dengan kepala sekolah dan guru di SDIT Al-Manar Kota Bekasi. Sedangkan data sekunder diperoleh dari dokumen pendukung hasil penelitian. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah wawancara mendalam. Observasi dan dokumentasi dilakukan dengan cara memilih data sebagai sumber informasi, menganalisis data, menafsirkan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan, budaya organisasi dan sarana prasarana berpengaruh positif dan signifikan terhadap mutu pendidikan di SDIT Al-Manar Kota Bekasi. Tata kelola yang demokratis dan transformatif dapat memotivasi guru dan staf untuk meningkatkan kinerja mereka sehingga berdampak positif pada kualitas pendidikan. Budaya kolaboratif dan suportif dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih baik bagi siswa dan dengan demikian meningkatkan pembelajaran siswa. Infrastruktur yang memadai dan terawat dapat mendukung proses pembelajaran yang efektif sehingga dapat meningkatkan kualitas pendidikan. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa gaya kepemimpinan, budaya organisasi dan sarana prasarana merupakan faktor penting yang dapat mempengaruhi mutu pendidikan di SDIT Al-Manar Kota Bekasi. Untuk itu perlu dilakukan kajian untuk meningkatkan kualitas kepemimpinan, budaya kepemimpinan dan sarana prasarana di sekolah

References

Arikunto, S. (2018). Prosedur Penelitian :Suatu Pendekatan Praktik. (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Ashraf, (2017). Dalam Penelitian Yang Berjudul “ The Effect Of Infrasrtucture, School Culture And Leadership Style On Quality Of Education In Private Higher Education In Bangladesh”, Jurnal International Pendidik Dan Pendidikan, Jil. 24, 17–32, Quality Education Management.

Anggoro, M. T. (2005). Metode Penelitian. Banten: Universitas Terbuka

Baharuddin, B., Patras, Y. E., Sampaleng, D., & Hidayat, R. (2021). Analisis persepsi guru Indonesia terhadap sekolah sebagai organisasi belajar di era pandemi Covid 19. JPPI: Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 7(2), 251–268. https://doi.org/10.29210/02021998

Darojat (2015). Pengaruh Budaya Organisasi Bagi Mutu Sekolah.

Fahmi, I. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan: Motivasi, Gaya Kepemimpinan, Kepuasan Kerja Dan Organisasi Budaya (Studi Literatur Manajemen Sumber Daya). 3(1). Https://Doi.Org/10.31933/Jemsi.V3i1

Hasana, (2017); Moleong, 2014; Rahardjo, 2010). (N.D.). Metode Kualitatif.

Hermaya (2017). Kepemimpinan Di Era Gen Z. Jurnal Pendidikan.

Husain, R., Arifin, A., Cakranegara, P., Victornie, I., Perdana, I., & Nugroho, B. S. (2022). Analysis Of Student Satisfaction With The Quality Of Education Services. Cypriot Journal Of Educational Sciences, 17(2), 343–356. Https://Doi.Org/10.18844/Cjes.V17i2.6802

Malaysian Online Journal Of Educational Management (MOJEM) http://mojem.um.edu.my 18. http://mojem.um.edu.my

Ramadhan, W., & Haryono, P. (2023). The Relationship Of Democratic Leadership Style And Conflict Management With The Performance Of Public Elementary School Principals In Bekasi Regency Baharuddin.

Subadre, W., Jufri, A. W., & Karta, I. W. (2023). Pengaruh Sarana Prasarana Dan Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Terhadap Mutu Pendidikan Di Sekolah Menengah Pertama Negeri Kabupaten Lombok Utara Tahun 2022. (Jpap) Jurnal Praktisi Administrasi Pendidikan), 7(1), 1–9. Https://Doi.Org/10.29303/Jpap.V7i1.504

Tholib, U., & Haryono, P. (2023). Peranan Budaya Organisasi Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Tahun, 1(2), 153–172. Https://Doi.Org/10.33558/Kinerja.V1i2.7942

Downloads

Published

2024-07-02

How to Cite

Yuni, S. W., Iqbal, M., & Victorynie, I. (2024). Pengaruh gaya kepemimpinan, budaya organisasi dan sarana prasarana terhadap mutu pendidikan di SDIT Almanar Kota Bekasi. Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 5(4), 383–394. https://doi.org/10.32832/itjmie.v5i4.16758

Issue

Section

Articles