Teknologi informasi dan komunikasi pendidikan dalam arah pembangunan nasional
DOI:
https://doi.org/10.32832/itjmie.v5i6.17161Keywords:
Pembangunan Nasional, Pendidikan Berbasis Komputer, Teknologi informasi & komunikasiAbstract
This research aims to explore information that can be used as a knowledge reference on how the role of information and communication technology in education has a very important role so that the growth and development of technology requires us as people involved in the world of education to always adapt to the times. Education itself has a very important role in human life. It is hoped that the development of technology can make it easier to access knowledge and help create a good and well-implemented education system as the key to producing the next generation of a nation that is smart, characterized, qualified, and able to become a person who builds a civilization. In the research raised this time, it was found that the role of technology really helps schools to innovate both in implementing multimedia-based learning systems and digital-based information. The research this time uses a qualitative method with a literature study in which information retrieval and related data references are sourced from libraries and other information media.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menggali sebuah informasi yang dapat dijadikan sebuah referensi pengetahuan bagaimana peran teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan memiliki sebuah peran yang sangat penting sehingga dengan tumbuh kembangnya teknologi menuntut kita sebagai insan yang terlibat dalam dunia pendidikan dituntut untuk selalu beradaptasi dengan perkembangan jaman. Pendidikan sendiri memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Diharapkan dengan berkembangnya teknologi dapat mempermudah dalam mengakses ilmu pengetahuan serta membantu membuat sistem pendidikan yang baik dan diterapkan dengan baik sebagai kunci dalam mencetak generasi penerus bangsa yang cerdas, berkarakter, berkualitas, dan mampu menjadi insan yang membangun suatu peradaban. Dalam penelitian yang diangkat pada kali ini menemukan bahwa peran dari teknologi sangat membantu sekolah untuk berinovasi baik dalam melaksanakan sistem pembelajaran yang berbasis multimedia maupun informasi yang berbasis digital. Adapun penelitian kali ini menggunakan metode kualitatif dengan studi literatur pustaka yang mana dalam pengambilan informasi dan referensi data terkait bersumber pada perpustakaan dan media informasi lainnya.
References
Ali, M. (2009). Pendidikan untuk pembangunan nasional. Bandung: Grasindo.
Annisa, T. H. (n.d.). Pembangunan pendidikan berkualitas dalam mendukung pembangunan ekonomi berkelanjutan (SDGs). Jurnal Pendidikan.
Baharudin, R. (2010). Keefektifan media belajar berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Tadrîs, 5(1), 112–127. Retrieved from https://docplayer.info/54692950-Keefektifan-media-belajar-berbasis-teknologi-informasi-dan-komunikasi.html
Budiman, H. (2017). Peran teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2095
Kundori, R. H., & Fauziningrum, E. (2022). Peningkatan profesionalitas guru melalui computer-based training pelayaran. Pengabdian Mandiri, 1, 111–116.
Kusumawati, K. (2023). Pemanfaatan teknologi informasi dalam pendidikan. Jurnal Limits. https://doi.org/10.59134/jlmt.v5i1.311
Mahmud, R. (2022). Pendidikan Islam dalam mengatasi problema dan tantangan pembangunan nasional. Prediksi: Jurnal Administrasi dan Kebijakan, 21(2), 169. https://doi.org/10.31293/pd.v21i2.6457
Rosenberg, M. J. (2001). Strategies for delivering knowledge in the digital age. USA.
Mardani, I. R. M., & Suryadi, S. (2020). Penerapan metode computer-based instruction pada aplikasi edukasi herbal. U-NET Jurnal Teknik Informatika, 4, 1.
Mukaromah, E. (2020). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam meningkatkan gairah belajar siswa. Indonesian Journal of Education Management and Administration Review, 4(1), 179–185. Retrieved from http://www.yourdictionary.com/library/reference/word-definitions/definition-of-technology.html
Nurhalim, M. (2009). Penerapan pembelajaran berbasis komputer (computer-based instruction) model tutorial untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi di Madrasah Aliyah Negeri se-Kota Bandung. Inovasi Kurikulum, 6(1), 78–95.
Nurfatimah, H., & Rostika. (2022). Membangun kualitas pendidikan di Indonesia dalam mewujudkan program Sustainable Development Goals (SDGs). Jurnal Basicedu, 6(4), 6145–6154.
Rusydi, I. (2019). Peranan perkembangan teknologi. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. Retrieved from https://www.neliti.com/id/publications/290643/peranan-perkembangan-teknologi-informasi-dan-komunikasi-dalam-kegiatan-pembelajaran
Sadiman, A. S. (1993). Media pendidikan. Jakarta.
Suryana, S. (2020). Permasalahan mutu pendidikan dalam perspektif pembangunan pendidikan. Edukasi, 14(1). https://doi.org/10.15294/edukasi.v14i1.971
Tekege, M. (2017). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran SMA YPPGI Nabire. Jurnal Teknologi dan Rekayasa, 2(1), 40–52. Retrieved from https://uswim.e-journal.id/fateksa/article/view/38
Wigati, I. P., & Dewi, U. (2014). Pengembangan media computer-assisted instruction (CAI) materi pokok pengenalan nama dan sifat tokoh-tokoh Pandhawa dalam mata pelajaran bahasa Jawa untuk kelas IV di SDN Lidah Wetan 2. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 5(3), 1–12. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/10605
Yona, S. M., Novi, & Syaifuddin, D. A. (2020). Analisa dampak perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1799–1805.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhamad Pandu Maulana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.