Perkembangan pesantren di era teknologi informasi

Authors

  • Hilaliyah Sahila Magister Manajemen Pendidikan Islam Universitas Islam 45 Bekasi
  • Listiowati Magister Manajemen Pendidikan Islam Universitas Islam 45 Bekasi
  • Aprilliantoni Magister Manajemen Pendidikan Islam Universitas Islam 45 Bekasi

DOI:

https://doi.org/10.32832/itjmie.v5i3.16645

Keywords:

Digitalisasi, Pesantren, Teknologi informasi

Abstract

The development of science and technology has had an impact on various aspects of human life, including the field of education. The aim of this research is to analyze and describe the development of Islamic boarding schools in the information technology era. This type of research is a literature study. The method used is qualitative research. The research results show that the role of Islamic boarding schools in this digitalization flow needs to utilize various kinds of technology, and not be antipathetic towards technological progress. Islamic boarding schools can also utilize digital technology in their bureaucracy, administration and in their preaching. Advances in information technology make it easier for students to access information and knowledge. Based on the research findings, it can be concluded that the times and advances in information technology are able to slowly change the Islamic boarding school paradigm, now they are much more sensitive to changes and developments in science.

Abstrak

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah memberikan dampak pada berbagai aspek kehidupan manusia, termasuk bidang pendidikan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan mendeskripsikan perkembangan pesantren di era teknologi informasi. Jenis penelitian ini adalah studi literatur. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan peran pesantren dalam arus digitalisasi ini perlu memanfaatkan berbagai macam teknologi, dan tidak antipati terhadap kemajuan teknologi. Pesantren juga bisa memanfaatkan teknologi digital dalam birokrasinya, administrasinya dan dalam dakwahnya. Kemajuan teknologi informasi memberikan memudahkan santri mengakses informasi dan ilmu pengetahuan. Berdasarkan temuan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa perkembangan zaman dan kemajuan teknologi informasi mampu mengubah secara perlahan paradigma pesantren, kini jauh lebih peka terhadap perubahan dan perkembangan ilmu pengetahuan.

References

Alfurqan. (2019). Perkembangan Pesantren dari Masa ke Masa. Hadharah: Jurnal Keislaman dan Peradaban,1-16.

Arifin, H. M., (2000). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Arifin, S.(2018). Dinamika Pondok Pesantren, Jurnal Misykat,1.

Azis, A. (2017). Kepemimpinan Kiyai Sebagai Pemimpin Pendidikan di Pondok Pesantren Nurulhuda Pakandangan Barat Sumenep. El-Idare: Journal Of Islamic Education Management, 65.

Anam, S. (2019). Pendidikan Pesantren sebagai Model yang Ideal dalam Pendidikan Islam. Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam, 139.

Baso, A. (2012). Akar Pendidikan Kewarganegaraan di pesantren. Media Pendidikan Jurnal Pendidikan Islam. Volume: XXVII, Nomor 2.

Helmi, A. dan Taja, N. (2016). Kepemimpinan Kiai dalam Menjaga Tradisi Pesantren (Studi Deskriptif di Pondok Pesantren Khalafi Al-Mu’awanah Kabupaten Bandung Barat), Jurnal Ta’dib, 9.

Mas’ud, A. (2002). Dinamika Pesantren dan Madrasah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hasyim, M. (2015). Pemikiran K.H. Yahya Syabrawi Dalam Pendidikan Islam di Pondok Pesantren Raudlatul Ulum I, Ganjaran Gondanglegi Malang, Jurnal An-Nuha, 193.

Karimah, U. (2018). Pondok Pesantren dan Pendidikan: Relevansinya dalam Tujuan Pendidikan. Jurnal Misykat, 137.

Qowaid. (2019). Diversifikasi Pendidikan Pesantren, Jakarta: PT Pesagimandiri Perkasa.

Sugiono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Takdir, M.(2018). Modernisasi Kurikulum Pesantren. Yogyakarta: IRCiSoD.

Umar, N. (2014). Rethingking Pesantren. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2019 tentang Pesantren .

Usman, M. I. (2013). Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Al Hikmah, 101.

Widodo, Hendro, dan Nurhayati, E. (2020). Manajemen Pendidikan Sekolah, Madrasah dan Pesantren. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Yunus, M. (1995). Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Mutiara Sumber Widya.

Downloads

Published

2024-06-18

How to Cite

Sahila, H., Listiowati, & Aprilliantoni. (2024). Perkembangan pesantren di era teknologi informasi. Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 5(3), 327–333. https://doi.org/10.32832/itjmie.v5i3.16645

Issue

Section

Articles