Evaluasi efektivitas penetapan tujuan pendidikan berbasis kebutuhan dan perkembangan peserta didik

Authors

  • Listiowati Magister Manajemen Pendidikan Islam Universitas Islam 45 Bekasi
  • Fanny Shidqia Magister Manajemen Pendidikan Islam Universitas Islam 45 Bekasi
  • Baharuddin Magister Manajemen Pendidikan Islam Universitas Islam 45 Bekasi

DOI:

https://doi.org/10.32832/itjmie.v5i3.16700

Keywords:

Evaluasi pendidikan, Pendidikan berbasis kebutuhan, Perkembangan peserta didik, Tujuan pendidikan

Abstract

Setting educational goals based on students' needs and development is crucial for ensuring the effectiveness of the education system. This research aims to evaluate the extent to which this approach can optimize the learning process. The research methods use qualitative analysis of the implementation of educational goal setting based on students' needs and development in various educational contexts. The findings indicate that this approach can enhance students' motivation and academic achievement, as well as create a more inclusive and adaptive learning environment. The implications of these findings for the development of education policies and practices are also discussed.

Abstrak

Penetapan tujuan pendidikan yang berdasarkan pada kebutuhan dan perkembangan peserta didik menjadi penting dalam memastikan efektivitas sistem pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi sejauh mana pendekatan tersebut dapat mengoptimal-kan proses pembelajaran. Metode penelitian menggunakan analisis kualitatif terhadap implementasi penetapan tujuan pendidikan berbasis kebutuhan dan perkembangan peserta didik di berbagai konteks pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan ini mampu meningkatkan motivasi dan pencapaian akademik siswa, serta menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih inklusif dan adaptif. Implikasi temuan ini untuk pengembangan kebijakan dan praktik pendidikan juga dibahas.

References

Al-Haj, J. Q. (1985) Evaluasi Pendidikan Agama. Jakarta: Ciawi Jaya,.

Arifin, Z. (2010) Evaluasi Pembelajaran Prinsip, Teknik, Prosedur. Bandung: Remaja Rosdakarya

Arikunto, S. dan Jabar, S. A, 2010. Evaluasi Progaram Pendidikan Pedoman Praktis Bagi Mahasiswa dan Praktisi pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara

Arikunto, S. (2005) Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara

Arikunto, S. (1999) Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Cet. IV; Jakarta: Bumi Aksarah,

Dimyati dan Mujiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Cet. III; Jakarta: Cipta

Karuru, M. D. P. (2024). Buku Ajar Manajemen Pendidikan. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Mansyur. (2009) Asesmen Pembelajaran di Sekolah. Cet. I; Yogyakarta: Multi Presindo

Nasution.(2008) Teknologi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara

Purwanto, N. (2006) Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2006.8107 E-ISSN: 2685-4538 935

Purwanto, N. (2010). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung:Remaja Rosdakarya

Sabri, A. (2019) Strategi Belajar Mengajar, Cet. I. Ciputat Press. 2005. Vol 5, 214-218

Sudiono, A. (2005 ) Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT.Grafindo Persada

Downloads

Published

2024-06-20

How to Cite

Listiowati, Shidqia, F., & Baharuddin. (2024). Evaluasi efektivitas penetapan tujuan pendidikan berbasis kebutuhan dan perkembangan peserta didik. Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 5(3), 346–353. https://doi.org/10.32832/itjmie.v5i3.16700

Issue

Section

Articles