Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk akhlakul karimah peserta didik
DOI:
https://doi.org/10.32832/itjmie.v6i4.19903Keywords:
Peran Guru, Akhlakul Karimah, Pendidikan Agama IslamAbstract
This study discusses the role of Islamic religious education teachers in forming good morals for their students. The author's observations at SMKS Ibnu Sobri Jonggol, there is still a lack of teacher roles in carrying out their duties, so that they become bad examples for students, such as being late and often absent from teaching. The purpose of this study is to determine the role of Islamic religious education teachers in forming good morals for students and the supporting and inhibiting factors for the development of the school. This study uses a qualitative approach using the case study method. The results of this study are that the role of Islamic religious education teachers has not been able to create good morals for students without assistance from other teachers. This study emphasizes that the role of Islamic religious education teachers is indeed important, but their role has not been able to form good morals for students due to the lack of collaboration and assistance from other teachers. So that students lack attention, guidance and supervision. The lack of teaching staff and facilities is part of the inhibiting factors for school development.
Abstrak
Penelitian ini membahas peran guru pendidikan agama Islam dalam membentuk akhlakul karimah bagi peserta didiknya. Observasi penulis pada SMKS Ibnu Sobri Jonggol, masih terlihat kurangnya peran guru dalam menjalankan tugasnya, sehingga menjadi contoh tidak baik bagi peserta didik, seperti keterlambatan dan sering tidak masuk mengajar. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana peran guru pendidikan agama Islam dalam membentuk akhlakul karimah peserta didik dan adanya faktor pendukung serta penghambat perkembangan sekolah tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Hasil penelitian ini adalah bahwa peran guru PAI belum mampu membuat akhlak baik terhadap peserta didik tanpa adanya bantuan dari guru-guru lain. Dalam penelitian ini menegaskan bahwa peran guru PAI memang penting, namun peranannya belum mampu membentuk akhlak peserta didik karena kurangnya kolaborasi dan bantuan dari guru-guru lainnya. Sehingga membuat peserta didik kurang dalam perhatian, bimbingan dan pengawasan. Kekurangan tenaga pendidik dan fasilitas menjadi bagian dari faktor penghambat perkembangan sekolah.
References
Aladdiin, H. M. F. (2019). Materi Pendidikan Agama Islam di Sekolah dalam Membentuk Karakter Kebangsaan. Jurnal Penelitian Medan Agama, 10.
Alim, A. (2014). Studi Islam Akidah Akhlak. Pusat Kajian Islam Universitas Ibn Khaldun.
Candra, W., Amda, A. D., & Bariyanto, B. (2020). Peran Guru dan akhlak Siswa Dalam Pembelajaran: Perspektif Syekh Az-Zarnuji Kitab Ta’lim Muta’allim. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 262–279.
Cikka, H. (2020). Peranan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam (Pai) Dalam Meningkatkan Interaksi Pembelajaran Di Sekolah. Guru Tua : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 43–52.
Husaini, D. A. (2018). Pendidikan Islam Mewujudkan Generasi Gemilang Menuju Negara Adidaya 2045. In I. Supono (Ed.), pendidikan Islam (pp. 238–245). Yayasan Pendidikan Islam At-Taqwa Depok.
Intani, M. (2017). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Akhlakul Karimah Pada Peserta Didik di SMK 1 Bulukerto Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi, IAIN Surakarta.
Jiwandana, A. (2020). Peran guru pendidikan agama islam dalam membentuk akhlakul karimah peserta didik di mts annur 1 bululawang.
Judrah, M., Arjum, A., Haeruddin, & Mustabsyirah. (2024). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik. Journal of Instructional and Development Researches, 4(1), 25–37.
Kasim, S. (2012). Perang Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Membentuk Sikap Keagamaan Peserta Didik Di SMA Negri 1 Kota Palopo. 135.
Khakim, U. K. (2022). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Akhlakul Karimah Siswa Melalui Pembiasaan Di SMP Muhammadiyah Darul Arqom Karanganyar Pasca Pandemi Covid-19. In UIN Raden Mas Said Surakarta.
Khomsiyah, I. (2024). Peran Guru TPA Dalam Membentuk Akhlakul Karimah Pada Siswa TPA AL-Ikhlas Desa Wonokarto. In IAIN Metro. IAIN Metro.
Maemunawati, S., & Alif, M. (2020). Peran Guru, Orang Tua, Metode dan Media Pembelajaran: Strategi KBM di Masa Pandemi Covid-19. In Laboratorium Penelitian dan Pengembangan FARMAKA TROPIS Fakultas Farmasi Universitas Mualawarman, Samarinda, Kalimantan Timur (Issue April).
Pradana, A. (2025). Peran Guru Sebagai Pembimbing Akhlak dan Ilmu dalam Islam ( Membangun Generasi Berkarakter ).
Prihatsanti, U., Suryanto, S., & Hendriani, W. (2018). Menggunakan Studi Kasus sebagai Metode Ilmiah dalam Psikologi. Buletin Psikologi, 26(2), 126.
Sugiyono, & Lestari, P. (2021). Metode Penelitian Komunikasi (Kuantitatif, Kualitatif, dan Cara Mudah Menulis Artikel Pada Jurnal Internasional). In Jurnal Dinamika Ekonomi Pembangunan.
Ubab, A. J. (2024). Tafsir Surat Al-Ahzab Ayat 21: Teladan Kehidupan Pada Diri Rasulullah. Nu Online.
Unayah, N., & Sabarisman, M. (2016). Fenomena Kenakalan Remaja Dan Kriminalitas. Sosio Informa, 1(2), 121–140.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Masasi Manjalani, Noor Isna Alfaein

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


