Implementasi kurikulum berbasis fitrah perspektif hadits untuk mengembangkan sikap keberagaman siswa Madrasah Ibtidaiyyah

Authors

  • Siti Rohmah Kurniasih UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Siti Rochmah Dirgantini UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Maslani UIN Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.32832/itjmie.v5i2.16552

Keywords:

Kurikulum Berbasis Fitrah, Sikap Keberagamaan, Madrasah Ibtidaiyyah

Abstract

Educational institutions are one of the important elements that have a central role in developing students' religious attitudes; therefore, institutions are expected to be able to design appropriate curricula so that they are able to develop the various potentials that students have, including religiousness or religiosity, one of which is by implementing nature-based curriculum in the learning process. The aim of this research is to analyse the implementation of the nature-based curriculum in the learning process at Madrasah Ibtidaiyyah and its effectiveness in developing students' religious attitudes, as well as identify various obstacles and solutions to overcome obstacles related to the implementation of the nature-based curriculum in the learning process. The research method uses qualitative research with a case study type of research. The research data sources were obtained from primary data sources, principals, teachers, and 15 parents of Madrasah Ibtidaiyyah Tarbiyyah Anak Madani students. Meanwhile, secondary data sources come from books, documentation studies, and journal articles that are relevant to the research problem. Data collection techniques are carried out through interviews, observation, questionnaires, and documentation studies. Meanwhile, data analysis involves data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions. Based on the research results, the results showed that the implementation of a nature-based curriculum was carried out through four learning principles, namely learning based on religious values, literacy-based learning, character-based learning, and life skills-based learning. Through this research, it is hoped that it will be able to contribute to effective learning innovation and improve the religious attitudes of Madrasah Ibtidaiyyah students.

Abstrak

Lembaga pendidikan sebagai salah satu unsur penting yang memiliki peran sentral dalam mengembangkan sikap keberagamaan peserta didik, oleh karena itu lembaga diharapkan mampu merancang kurikulum yang tepat sehingga mampu mengembangkan berbagai potensi yang dimiliki peserta didik, termasuk potensi keberagamaan atau religiusitas, salah satunya yaitu dengan mengimplementasikan kurikulum berbasis fitrah dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan kurikulum berbasis fitrah dalam proses pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyyah dan efektivitasnya terhadap perkembangan sikap keberagamaan peserta didik, serta mengidentifikasi berbagai hambatan dan solusi dalam mengatasi hambatan terkait implementasi kurikulum berbasis fitrah dalam proses pembelajaran. Metode penelitian menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data penelitian diperoleh dari sumber data primer yaitu kepala sekolah, guru, dan 15 orang tua peserta didik Madrasah Ibtidaiyyah Tarbiyyah Anak Madani. Sedangkan sumber data sekunder berasal dari buku, studi dokumentasi, dan artikel jurnal yang relevan dengan masalah penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, angket atau kuesioner, dan studi dokumentasi. Sedangkan analisis data dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil bahwa implementasi kurikulum berbasis fitrah dilaksanakan melalui empat prinsip pembelajaran yaitu pembelajaran berbasis nilai-nilai agama, pembelajaran berbasis literasi, pembelajaran berbasis karakter, dan pembelajaran berbasis keterampilan hidup atau life skill. Melalui penelitian ini diharapkan mampu memberikan kontribusi inovasi pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan sikap keberagamaan peserta didik Madrasah Ibtidaiyyah.

References

Abdul Mujib. (1999). Fitrah & Kepribadian Islam (sebuah pendekatan psikologis). Jakarta: Darul Falah.

Adhimah, S. (2020). Peran orang tua dalam menghilangkan rasa canggung anak usia dini (studi kasus di desa karangbong rt. 06 rw. 02 Gedangan-Sidoarjo). Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 57–62. https://doi.org/10.21831/jpa.v9i1.31618

An-Nawawi. (2011). Al- Minhaj Syarh Shahih Muslim ibn Al-Hajjaj Jilid XI, Terj. Fathoni Muhammad dan Futuhal Arifin. Jakarta: Darus Sunah.

Andartiani, K., & Sumarni, W. (2020). Perkembangan Agama dan Moral Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar Selama Masa Pandemi COVID-19.Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES.

Choli, I., & Rifa’i, A. (2021). Pengembangan Sikap Keberagamaan Siswa Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Islam, 3(3), 117–126.

Elisa. (2018). Pengertian, Peranan, dan Fungsi Kurikulum. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36764/jc.v1i02.81 .

Haq, M. A. (2018). Keberagamaan Anak Usia Sekolah Dasar. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Hermawan, I. (2023). Tadabur Al-Qur’an Sebagai Upaya Literasi Beragama di Era Digital. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 7(01), 1–11. https://doi.org/10.35706/wkip.v7i01.8998

Imam Al-Bukhori. (1990). Shahih Al-Bukhori. Semarang: Thaha Putra.

Jhon Creswell. (2015). Rancangan Penelitian (kelima). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Khairunnisa, I., & Bustam, B. M. R. (2023). Dimensi fitrah dan relevansinya dalam Pendidikan Agama Islam berbasis konsep Merdeka Belajar. Ta’dibuna, 12(2), 121. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v12i2.9327

Khasanah, N. (2018). Desain Pengembangan Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Pendekatan Potensi/ Fitrah. Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 4(2), 159–180. https://doi.org/10.14421/almahara.2018.042-01

Khodijah, N. (2021). Psikologi Pendidikan (Cetakan ke). Depok: PT. Raja Grafindo Persada.

Khoiriah, I., Nabilah, I., & Suyadi. (n.d.). Analisis Perkembangan Nilai Agama-moral Siswa Usia Dasar di MI Ma’arif Bego. In Journal of Primary Education (Vol. 2).

Muniroh, M. (2019). Fitrah Based Education: Implementasi Manajemen Pendidikan Berbasis Fitrah di TK Adzkia Banjarnegara. MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 241–262. https://doi.org/10.14421/manageria.2019.42-04

Naldi, P. (2019). Konsep Pendidikan Humanistik Menurut Islam Kajian Terhadap Hadits-Hadits Fitrah.

Ningsih, T. (2019). Peran Pendidikan Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa Di Era Revolosi Industri 4.0 Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Banyumas. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 24(2), 220–231. https://doi.org/10.24090/insania.v24i2.3049

Nugraha Frasandy, R., & Mashudi, F. (2023). Usaha Pendidik dalam Pengembangan Sikap dan Perilaku Keberagamaan Peserta Didik di SD IT Adzkia Padang. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 133.

Nuramini, A. (2022). Penguatan Pendidikan Seksual Melalui Implementasi Kurikulum Berbasis Fitrah SD IT Insantama Malang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 9228–9236.

Putri, A., Yuliharti, Y., & Yanti, Y. (2021). Pemikiran Pendidikan Islam Menurut Dr. Abdullah Nashih Ulwan. Kutubkhanah, 20(1), 19. https://doi.org/10.24014/kutubkhanah.v20i1.13341

Ramayulis. (2002). Psikologi Agama. Jakarta: Kalam Mulia.

Riad, I., & Khadafi, M. Z. (2023). Qailullah ( Tidur Siang ) dalam Tradisi Sunnah : Manfaatnya Bagi Kesehatan dan Produktivitas. 1, 1301–1315.

Riduwan. (2019). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Septemiarti, I. (2023). Konsep Fitrah dalam Perspektif Al-Qur’an dan Pendidikan Islam. 4, 1381–1390.

Siti Rohmah Kurniasih, Erni Haryanti, & A. Heris Hermawan. (2023). Integrasi Ilmu dan Iman dalam Kurikulum: Studi Kasus pada Sekolah Dasar Islam Terpadu. Jurnal At-Thariqah, 8(11607), 1–17.

Subhi, A. (2021). Pendidikan Berbasis Fitrah Manusia (Studi Kasus di Sekolah Karakter Imam Syafi’i Kota Semarang).

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprayitno, S., & Mujahidin, E. (2020). Kurikulum Pendidikan Jasmani: Studi Analisis Kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 13(1), 75. https://doi.org/10.32832/tawazun.v13i1.3055

Syamsul Bahri. (2021). Pengembangan Kurikulum Dasar dan Tujuannya. Jurnal Ilmiah: ISLAM FUTURA, XI(1), 17–37.

Usman, Jelmi Wicaksono, & Khoirunnisa Shidqiyyah Zainab. (2022). Pendidikan Islam dalam Menyongsong Era Revolusi Industri 4.0 (Quick Respon dan Adaptif Terhadap Perubahan). Jurnal Al-Qiyam, 3(2), 1–13.

Wahyudi, S. (2021). Tadabur Alam As Gratitude Training for Students. Ejournal El Hamra, Jurnal ….

Yuliwulandana, N. (2019). Pengembangan Muatan Kecakapan Hidup (Life Skill) Pada Pembelajaran Di Sekolah. Tarbiyyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 15.

Yusuf Prasetiawan, A., & Ma`rifataini, L. (2021). Sikap Keberagamaan Siswa di Sekolah Islam Terpadu. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 6(2), 424–443. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2021.vol6(2).7760

Downloads

Published

2024-06-04

How to Cite

Kurniasih, S. R., Dirgantini, S. R., & Maslani. (2024). Implementasi kurikulum berbasis fitrah perspektif hadits untuk mengembangkan sikap keberagaman siswa Madrasah Ibtidaiyyah. Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 5(2), 199–222. https://doi.org/10.32832/itjmie.v5i2.16552

Issue

Section

Articles