IMPLEMENTASI KURIKULUM BERBASIS FITRAH PERSPEKTIF HADIST UNTUK MENGEMBANGKAN SIKAP KEBERAGAMAN PESERTA DIDIK MADRASAH IBTIDAIYYAH

Penulis

  • Siti Rohmah Kurniasih UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Siti Rochmah Dirgantini UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Maslani UIN Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.32832/itjmie.v5i2.16552

Kata Kunci:

Kurikulum Berbasis Fitrah, Sikap Keberagamaan, Madrasah Ibtidaiyyah

Abstrak

Lembaga pendidikan sebagai salah satu unsur penting yang memiliki peran sentral dalam mengembangkan sikap keberagamaan peserta didik, oleh karena itu lembaga diharapkan mampu merancang kurikulum yang tepat sehingga mampu mengembangkan berbagai potensi yang dimiliki peserta didik, termasuk potensi keberagamaan atau religiusitas, salah satu nya yaitu dengan mengimplementasikan kurikulum berbasis fitrah dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan kurikulum berbasis fitrah dalam proses pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyyah dan efektivitasnya terhadap perkembangan sikap keberagamaan peserta didik, serta mengidentifikasi berbagai hambatan dan solusi dalam mengatasi hambatan terkait implementasi kurikulum berbasis fitrah dalam proses pembelajaran. Metode penelitian menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data penelitian diperoleh dari sumber data primer yaitu kepala sekolah, guru, dan 15 orang tua peserta didik Madrasah Ibtidaiyyah Tarbiyyah Anak Madani. Sedangkan sumber data sekunder berasal dari buku, studi dokumentasi, dan artikel jurnal yang relevan dengan masalah penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, angket atau kuesioner, dan studi dokumentasi. Sedangkan analisis data dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil bahwa implementasi kurikulum berbasis fitrah dilaksanakan melalui empat prinsip pembelajaran yaitu pembelajaran berbasis nilai-nilai agama, pembelajaran berbasis literasi, pembelajaran berbasis karakter, dan pembelajaran berbasis keterampilan hidup atau life skill. Melalui penelitian ini diharapkan mampu memberikan kontribusi inovasi pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan sikap keberagamaan peserta didik Madrasah Ibtidaiyyah.

Referensi

Abdul Mujib. (1999). Fitrah & Kepribadian Islam (sebuah pendekatan psikologis). Jakarta: Darul Falah.

Adhimah, S. (2020). Peran orang tua dalam menghilangkan rasa canggung anak usia dini (studi kasus di desa karangbong rt. 06 rw. 02 Gedangan-Sidoarjo). Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 57–62. https://doi.org/10.21831/jpa.v9i1.31618

An-Nawawi. (2011). Al- Minhaj Syarh Shahih Muslim ibn Al-Hajjaj Jilid XI, Terj. Fathoni Muhammad dan Futuhal Arifin. Jakarta: Darus Sunah.

Andartiani, K., & Sumarni, W. (2020). Perkembangan Agama dan Moral Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar Selama Masa Pandemi COVID-19.Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES.

Choli, I., & Rifa’i, A. (2021). Pengembangan Sikap Keberagamaan Siswa Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Islam, 3(3), 117–126.

Elisa. (2018). Pengertian, Peranan, dan Fungsi Kurikulum. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36764/jc.v1i02.81 .

Haq, M. A. (2018). Keberagamaan Anak Usia Sekolah Dasar. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Hermawan, I. (2023). Tadabur Al-Qur’an Sebagai Upaya Literasi Beragama di Era Digital. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 7(01), 1–11. https://doi.org/10.35706/wkip.v7i01.8998

Imam Al-Bukhori. (1990). Shahih Al-Bukhori. Semarang: Thaha Putra.

Jhon Creswell. (2015). Rancangan Penelitian (kelima). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Khairunnisa, I., & Bustam, B. M. R. (2023). Dimensi fitrah dan relevansinya dalam Pendidikan Agama Islam berbasis konsep Merdeka Belajar. Ta’dibuna, 12(2), 121. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v12i2.9327

Khasanah, N. (2018). Desain Pengembangan Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Pendekatan Potensi/ Fitrah. Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 4(2), 159–180. https://doi.org/10.14421/almahara.2018.042-01

Khodijah, N. (2021). Psikologi Pendidikan (Cetakan ke). Depok: PT. Raja Grafindo Persada.

Khoiriah, I., Nabilah, I., & Suyadi. (n.d.). Analisis Perkembangan Nilai Agama-moral Siswa Usia Dasar di MI Ma’arif Bego. In Journal of Primary Education (Vol. 2).

Muniroh, M. (2019). Fitrah Based Education: Implementasi Manajemen Pendidikan Berbasis Fitrah di TK Adzkia Banjarnegara. MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 241–262. https://doi.org/10.14421/manageria.2019.42-04

Naldi, P. (2019). Konsep Pendidikan Humanistik Menurut Islam Kajian Terhadap Hadits-Hadits Fitrah.

Ningsih, T. (2019). Peran Pendidikan Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa Di Era Revolosi Industri 4.0 Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Banyumas. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 24(2), 220–231. https://doi.org/10.24090/insania.v24i2.3049

Nugraha Frasandy, R., & Mashudi, F. (2023). Usaha Pendidik dalam Pengembangan Sikap dan Perilaku Keberagamaan Peserta Didik di SD IT Adzkia Padang. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 133.

Nuramini, A. (2022). Penguatan Pendidikan Seksual Melalui Implementasi Kurikulum Berbasis Fitrah SD IT Insantama Malang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 9228–9236.

Putri, A., Yuliharti, Y., & Yanti, Y. (2021). Pemikiran Pendidikan Islam Menurut Dr. Abdullah Nashih Ulwan. Kutubkhanah, 20(1), 19. https://doi.org/10.24014/kutubkhanah.v20i1.13341

Ramayulis. (2002). Psikologi Agama. Jakarta: Kalam Mulia.

Riad, I., & Khadafi, M. Z. (2023). Qailullah ( Tidur Siang ) dalam Tradisi Sunnah : Manfaatnya Bagi Kesehatan dan Produktivitas. 1, 1301–1315.

Riduwan. (2019). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Septemiarti, I. (2023). Konsep Fitrah dalam Perspektif Al-Qur’an dan Pendidikan Islam. 4, 1381–1390.

Siti Rohmah Kurniasih, Erni Haryanti, & A. Heris Hermawan. (2023). Integrasi Ilmu dan Iman dalam Kurikulum: Studi Kasus pada Sekolah Dasar Islam Terpadu. Jurnal At-Thariqah, 8(11607), 1–17.

Subhi, A. (2021). Pendidikan Berbasis Fitrah Manusia (Studi Kasus di Sekolah Karakter Imam Syafi’i Kota Semarang).

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprayitno, S., & Mujahidin, E. (2020). Kurikulum Pendidikan Jasmani: Studi Analisis Kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 13(1), 75. https://doi.org/10.32832/tawazun.v13i1.3055

Syamsul Bahri. (2021). Pengembangan Kurikulum Dasar dan Tujuannya. Jurnal Ilmiah: ISLAM FUTURA, XI(1), 17–37.

Usman, Jelmi Wicaksono, & Khoirunnisa Shidqiyyah Zainab. (2022). Pendidikan Islam dalam Menyongsong Era Revolusi Industri 4.0 (Quick Respon dan Adaptif Terhadap Perubahan). Jurnal Al-Qiyam, 3(2), 1–13.

Wahyudi, S. (2021). Tadabur Alam As Gratitude Training for Students. Ejournal El Hamra, Jurnal ….

Yuliwulandana, N. (2019). Pengembangan Muatan Kecakapan Hidup (Life Skill) Pada Pembelajaran Di Sekolah. Tarbiyyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 15.

Yusuf Prasetiawan, A., & Ma`rifataini, L. (2021). Sikap Keberagamaan Siswa di Sekolah Islam Terpadu. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 6(2), 424–443. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2021.vol6(2).7760

Diterbitkan

2024-06-04

Cara Mengutip

Kurniasih, S. R., Dirgantini, S. R., & Maslani. (2024). IMPLEMENTASI KURIKULUM BERBASIS FITRAH PERSPEKTIF HADIST UNTUK MENGEMBANGKAN SIKAP KEBERAGAMAN PESERTA DIDIK MADRASAH IBTIDAIYYAH. Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 5(2), 199–222. https://doi.org/10.32832/itjmie.v5i2.16552

Terbitan

Bagian

Articles