Peningkatan hasil belajar melalui pengembangan media Domino melalui model ADDIE dalam pembelajaran PAI

Authors

  • Mulyawan Saftwandy Nugraha Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Siti Rochmah Dirgantini Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ujang Dedih Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.32832/itjmie.v4i3.15640

Keywords:

ADDIE, Media Domino, Pembelajaran PAI

Abstract

The domino card game is a game that is well known but has a negative connotation, however the development and design of domino cards in the world of education is one of the innovations in making the learning process effective. One development method that can be used is to use the ADDIE model with the following steps: analysis, design, development, implementation, evaluation. Likewise, the method used in this research uses the ADDIE model. The research took place at MTs Al-Furqon Cicalengka Kabupaten Bandung with a sample of 22 people from class VIII A. The data analysis technique used 5 stages, namely: Analysis, Design, Development, Implementation and evaluation. The data sources were obtained through documentation studies, interviews and observations. The results of this research are that domino card learning media using the ADDIE model can improve student grades.

Abstrak

Permainan kartu domino adalah permainan yang sudah banyak dikenal namun memiliki konotasi negatif, namun pengembangan dan perancangan kartu domino dalam dunia pendidikan menjadi salah satu inovasi dalam mengupayakan keefektifan proses pembelajaran. Salah satu metode pengembangan yang dapat digunakan adalah dengan menggunakan model ADDIE dengan Langkah-langkah sebagai berikut: analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, Evaluasi. Begitu juga dengan metode yang digunakan pada penelitian kali ini menggunakan model ADDIE. Penelitian bertempat di MTs Al-Furqon Cicalengka Kabupaten Bandung dengan sampel berjumlah 22 orang yang berasal dari kelas VIII A. teknik analisis data menggunakan 5 tahapan yakni: Analysis, Design, Development, Implementation dan evaluation. Adapun sumber data didapatkan melalui studi dokumentasi, wawancara dan observasi. Hasil dari pada penelitian ini adalah media pembelajaran kartu domino dengan model ADDIE dapat meningkatkan nilai siswa.

References

Adawiyah, A. Robiah, & Kowiyah. (2021). Pengembangan Media Kartu Domino pada Pembelajaran Matematika Operasi Perkalian Siswa Sekolah Dasar. Basicedu, 5(4). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1224

Dahwadin, & Nugraha, F. S. (2019). Motivasi dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. CV. Mangku Bumi Media.

Gideon, A., Lestari, N. T., Bano, V. O., & Sari, M. N. (2022). Metode Penelitian Pendidikan. Pradina Pustaka. https://www.google.co.id/books/edition/Metode_Penelitian_Pendidikan/k9nUEAA AQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=metode+addie&pg=PA38&printsec=frontcover

Harijanto. (2022). Nubuat Domino (1st ed.). Media Nusa Creative.

Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.11042

Kamus Besar Bahasa Indonesia. (n.d.). https://kbbi.web.id/budaya

Manasikana, O. A., & Nikmaturofidah, F. (2022). Pengembangan Kartu Domino Sebagai Media Pembelajaran Materi Suhu dan Perubahannya. Gravitasi, 5(2). https://doi.org/https://doi.org/10.33059/gravitasi.jpfs.v5i02.6659

Mulyawan, N. rajeg. (2021). Komparasi Keterampilan Berfikir Kritis Dengan Metode Pembelajaran Kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (Stad) dan Metode Pembelajaran Konvensional Siswa di SMA Negeri 8 Denpasar. Widyadari: Jurnal Pendidikan, 22(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31857/s013116462104007x

Nitami, N., Nazliati, & Sari, R. (2023). Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTsN 1 Langsa: Pengembangan Media Likurdin Melalui Model ADDiE. JSPM, 4(2). https://doi.org/10.29103/jspm.v%vi%i.11859

Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam meningkatkan Hasil Belajar. “Merdeka Belajar Dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0.” https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSNPD/article/view/1076

Rahmat. (2019). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bening Pustaka.

Rayanto, Y. H., & Sugianti. (2020). Penelitian Pengembangan Model ADDIE dan R2D

Teori dan Praktek. Lembaga Academic & Research Institute.

Tafanao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.11

Widiyatun, F., Sumarni, R. A., & Kumala, A. (2020). Pengembangan dan Validasi Kartu Domino Besan (Besaran dan Satuan). Seminar Nasional Sains. https://www.proceeding.unindra.ac.id/index.php/sinasis/article/view/4019

Zainiyati, H. S. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT (pertama). Kencana

Downloads

Published

2023-12-22

How to Cite

Nugraha, M. S., Dirgantini, S. R., & Dedih, U. (2023). Peningkatan hasil belajar melalui pengembangan media Domino melalui model ADDIE dalam pembelajaran PAI. Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 4(3), 335–345. https://doi.org/10.32832/itjmie.v4i3.15640

Issue

Section

Articles