Efektivitas penggunaan media pembelajaran digital dalam memotivasi belajar siswa pada materi Pendidikan Agama Islam
DOI:
https://doi.org/10.32832/itjmie.v6i5.20015Keywords:
Motivasi belajar, media digital, Guru pendidikan agama Islam, QuizizzAbstract
This research aims to describe the effectiveness of using digital learning media, specifically the Quizizz platform, in motivating students to learn Islamic Religious Education (PAI) material at SMA Negeri 2 Bogor. The background of this study is the low motivation of students towards PAI subjects and the need for innovative learning media that is relevant to the characteristics of the digital generation. This study uses a qualitative approach with a descriptive method. Data collection techniques are conducted through observation, interviews, and documentation. The results of the research show that the use of Quizizz can increase enthusiasm, active participation, and students' learning spirit in PAI lessons. Quizizz provides an interactive and enjoyable learning experience through its competitive gamification features. Supporting factors for the implementation of this media include the availability of digital infrastructure, student enthusiasm, and teacher readiness. Meanwhile, the inhibiting factors include the limitations of devices and internet networks, as well as the lack of digital literacy among some teachers and students. In conclusion, the use of the digital learning media Quizizz is effective in increasing student motivation in Islamic Education subjects at SMA Negeri 2 Bogor.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas penggunaan media pembelajaran digital, khususnya platform Quizizz, dalam memotivasi belajar siswa pada materi Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 2 Bogor. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran PAI dan perlunya inovasi media pembelajaran yang relevan dengan karakteristik generasi digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Quizizz mampu meningkatkan antusiasme, partisipasi aktif, dan semangat belajar siswa dalam pembelajaran PAI. Quizizz memberikan pengalaman belajar yang interaktif dan menyenangkan melalui fitur gamifikasi yang kompetitif. Faktor pendukung implementasi media ini antara lain adalah ketersediaan infrastruktur digital, antusiasme siswa, serta kesiapan guru. Adapun faktor penghambatnya meliputi keterbatasan perangkat dan jaringan internet, serta kurangnya literasi digital sebagian guru dan siswa. Kesimpulannya, penggunaan media pembelajaran digital Quizizz efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 2 Bogor.
References
Ahsan, M. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Digital terhadap Motivasi Belajar Siswa. Inovasi Teknologi Pendidikan, 56-64.
Arsyad, A. (2019). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Daniyati, A., Saputri, I. B., Wijaya, R., Septiyani, S. A., & Setiawan, U. (2023). Konsep dasar media pembelajaran. Journal of Student Research, 1(1), 282-294
Hakim, A. (2018). Efektivitas Media Interaktif Berbasis Game dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa . Tarbawi, 89-101.
Kinanti, P. R. (2023). “Keefektifan Quizizz dalam Pelaksanaan Proses Pembelajaran Kelas XI di MAN 1 Kota Bogor.” Journal of Social Science Research, 4539–4549
Kholifah, N. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Aplikasi Quizizz terhadap Minat Belajar Siswa. Skripsi. UIN Raden Intan Lampung.
Lailiyah, N. (2019). Permanfaatan Media Pembelajaran Digital dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pembelajaran PAI. Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 105-114.
Mustaqim, R. (2017). Penggunaan Media Digital dalam Pembelajaran PAI di Era Digital. Jurnal Edukasi : Jurnal Pendidikan Islam, 112-123.
Prasetia, I. (2022). Metodologi Penelitian Pendekatan Teori dan Praktik. Medan: Umsu Press.
Rahmawati, I. & Yulianti, S. (2022). Faktor Pendukung Pembelajaran Digital. Jurnal Inovasi Pendidikan, 17(1), 65–73.
Rahman, S. (2022). Peranan Motivasi dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 203–215.
Rosyidah, U. &. (2018). Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi dalam meningkatkan motivasi belajar PAI Siswa SMA. Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 67-78.
Santoso, J. (2023). Efektifitas Penggunaan Media Interaktif Quzz Terhadap hasil Belajar Siswa Hasil Belajar Siswa di SMK Negeri 2 Tebo. Bussines And Accounting Education Journal, 329-336.
Sardiman, A. (2018). Interaksi dan Motivasi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Yonly Adrianus Benufinita, A. R. (2024). Efektivitas Penggunaan Quizizsebagai Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI), 147-160.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ismi Aziz, Hafiz Taqwa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


