Pengembangan media pembelajaran Al-Quran Hadis berbasis Prezi
DOI:
https://doi.org/10.32832/itjmie.v6i5.20010Kata Kunci:
Al-Qur'an Hadis, Media Pembelajaran, Prezi, Research and DevelopmentAbstrak
Learning Al-Qur'an Hadith needs to be made interesting so that students are more enthusiastic about learning, and Prezi media can help because of its attractive and interactive appearance. This study aims to develop Prezi-based learning media and test its feasibility level in the subject of Al-Qur'an Hadith material “Halal and Good Food”. The method used in this research is the Research and Development (R&D) method with the 4D model which consists of 4 stages, namely define, design, develop, and disseminate. The research was conducted on grade XI students of MAN 2 Bogor City. The validation results obtained an average score of 91.3% and the product trial results obtained an average score of 87.3%. Both are included in the “Very Valid” category, indicating that Prezi learning media for the subject of Al-Qur'an Hadith material “Halal and Good Food” is suitable for use.
Abstrak
Pembelajaran Al-Qur’an Hadis perlu dibuat menarik agar siswa lebih semangat belajar, dan media Prezi dapat membantu karena tampilannya yang menarik dan interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengembangan media pembelajaran berbasis Prezi dan menguji tingkat kelayakannya pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis materi “Makanan Halal dan Baik”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D) dengan model 4D yang terdiri dari 4 tahapan yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Penelitian dilakukan pada siswa kelas XI MAN 2 Kota Bogor. Hasil validasi diperoleh rata-rata skor 91,3% dan hasil uji coba produk diperoleh rata-rata skor 87,3%. Keduanya termasuk ke dalam kategori “Sangat Valid” sehingga menunjukkan bahwa media pembelajaran Prezi mata pelajaran Al-Qur’an Hadis materi “Makanan Halal dan Baik” layak digunakan.
Referensi
Arifin, N. (2020). Pemikiran Pendidikan John Dewey. As-Syar'i: Jurnal Bimbingan & Konseling Keluarga, 2(2), 168-183.
Arkadiantika, I., Ramansyah, W., Effindi, M. A., & Dellia, P. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Virtual Reality Pada Materi Pengenalan Termination Dan Splicing Fiber Optic. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1), 29. https://doi.org/10.24269/dpp.v0i0.2298
Auliaallah, F. (2021). Pengembangan Digital Informasi Grafis Berbasis Hypercontent untuk Meningkatkan Personalized Learning Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Sekolah Dasar. Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Daniyati, A., Saputri, I. B., Wijaya, R., Septiyani, S. A., & Setiawan, U. (2023). Konsep Dasar Media Pembelajaran. Journal of Student Research, 1(1), 282–294. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.993
Hasanah, A., Milla, S. N., & Triwoelandari, R. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII pada Mata Pelajaran Fiqih MTs di Kota Bogor. As-Syar’i: Jurnal Bimbingan & Konseling Keluarga, 4(3), 290–297. https://doi.org/10.47467/as.v4i3.1616
Ilda, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Prezi (The Zooming Presentation) Pada Materi Kultur Jaringan Tanaman Anggrek Hitam (Coelogyne pandurata) Kelas XI IPA di SMA Dumai. Universitas Islam Riau.
Iman, F., Faoji Anwar, I., Junita Harahap, L., Ningsih, S., Miarsyah, M., & Hendi Ristanto, R. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Prezi Berbasis Mnemonic Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup. BIOSFER: Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi, 4(1), 2549–0486.
Sari, M. S., Purwidiani, N., Pangesthi, L. T., & Handajani, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Prezi Pada Materi Bumbu Dan Rempah Indonesia Di SMKN 1 Cerme Gresik. Jurnal Tata Boga, 11(2), 12–21.
Solehudin, T., Triwoelandari, R., & Kosim, A. M. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Prezi untuk Menumbuhkan Karakter Rasa Ingin Tahu. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 2(2), 163–171. https://doi.org/10.31960/ijolec.v2i2.261
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian dan Pengembangan: Research and Development (R&D). Alfabeta.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Fatihana Firli, Sri Nurul Milla, Muhammad Faishal Hidayat

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


