Peran discovery learning dalam proses pembelajaran fikih di Madrasah Aliyah
DOI:
https://doi.org/10.32832/itjmie.v6i5.20897Keywords:
Discovery Learning, Pembelajaran Fiqih, Pembelajaran aktifAbstract
This study aims to analyze the role of the discovery learning method in the fiqh learning process in class X MAN 1 Bogor. Learning methods have an important role in fostering students' mindsets in the learning process, especially regarding the discovery learning method. The discovery learning method is a learning approach that emphasizes the active involvement of students in the process of discovering concepts and principles through their own experiences, not just receiving information passively. This study uses a qualitative method approach based on Classroom Action Research (CAR). The data collection technique used triangulation through the process of observation, interviews and documentation. The results of the study obtained from the application of the discovery learning method are that the discovery learning method has a very significant role in broadening students' insights into fiqh learning materials in class X, this method not only encourages students to be actively involved in the learning process, but also improves their critical and creative thinking skills. Students become more active in expressing their opinions and increasing their self-confidence in their abilities, thus creating a more active classroom atmosphere than before. So the findings in this study indicate that the discovery learning method has an important role in improving student learning outcomes at MAN 1 Bogor.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran metode discovery learning dalam proses pembelajaran fikih di kelas X MAN 1 Bogor. Metode pembelajaran memiliki peran penting untuk menumbuhkan pola pikir siswa dalam proses pembelajaran, terlebih mengenai metode discovery learning. Metode discovery learning adalah pendekatan pembelajaran yang menekankan pada keterlibatan aktif siswa dalam proses menemukan konsep dan prinsip melalui pengalaman sendiri, bukan hanya menerima informasi secara pasif. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif berbasis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang di lakukan menggunakan triangulasi melalui proses observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang di dapat dari penerapan metode discovery learning ini yaitu metode discovery learning memiliki peran yang sangat signifikan dalam memperluas wawasan siswa terhadap materi pembelajaran fikih di kelas X, metode ini tidak hanya mendorong siswa untuk aktif terlibat dalam proses pembelajaran, tetapi juga meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif mereka. Siswa menjadi lebih aktif dalam mengemukakan pendapatnya serta meningkatkan rasa percaya diri terhadap kemampuan yang mereka miliki, sehingga menciptakan suasa kelas menjadi lebih aktif dari sebelumnya. Maka penemuan dalam penelitian ini memberitahukan bahwa metode discovery learning memiliki peran penting dalam meningkatkan hasil belajar siswa di MAN 1 Bogor.
References
Aidah, N. (2023). Discovery Learning Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Biologi Materi Animalia Pada Siswa SMA Kelas X. TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 3(2), 121–128. https://doi.org/10.51878/teaching.v3i2.2363
Dahlan R, M., & dkk. (2021). Membentuk Karakter Melalui Belajar Mengajar. In Cv.Eureka Media Aksara. http://www.nber.org/papers/w16019
Ernia, S., & Wahyudi, W. (2023). Peningkatan Keaktifan Peserta Didik pada Pembelajaran Matematika melalui Model Discovery Learning. Journal Of Social Science Research, 3, 3017–3026.
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
Festiawan, R. (2020). Belajar dan pendekatan pembelajaran. Universitas Jenderal Soedirman, 1–17.
Ikhtiono, G. (2015). Pendidikan Sebagai Proses Penyiapan Warga Negara. Jurnal Tawazun, 8(1), 71–82.
Muhammad Zein Damanik, D. Y. (2025). Macam-macam metode pembelajaran pai diikuti kelebihan dan kekurangan. Jurnal Penelitiandan Pendidikan Agama Islam, 2(April 2025), 354–357.
Padrul Jana, A. A. N. F. (2020). Model Discovery Learning Untukl Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. 9(1), 213–220.
Prasetyo, A. D., & Abduh, M. (2021). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Model Discovery Learning Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1717–1724. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.991
Rahayu, D., Muttaqien, M., & Solikha, M. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantu Educandy terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Edukasi, 1(2), 234–246. https://doi.org/10.60132/edu.v1i2.149
Septiana, W. O. A., & Sholeh, M. M. A. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas Xi SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang pada Mata Pelajaran Fiqih selama Masa Pandemi Covid-19. Sultan Agung Fundamental Research Journal, 2(1), 33–40.
Siregar, I. (2022). Ilmu Fikih. In M. A. Bismi Radiah (Ed.), Trussmedia Grafika.
Syahrizal, H., & Jailani, M. S. (2023). Jenis-Jenis Penelitian Dalam Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Jurnal QOSIM Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora, 1(1), 13–23. https://doi.org/10.61104/jq.v1i1.49
Utomo, P., Asvio, N., & Prayogi, F. (2024). Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK): Panduan Praktis untuk Guru dan Mahasiswa di Institusi Pendidikan. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(4), 19. https://doi.org/10.47134/ptk.v1i4.821
Wekke, I. S. (2020). Metode Penelitian Sosial. In CV. adi Karya Mandiri (Issue September).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ebnu Zaini Dzikri, Fahmi Irfani, Nurman Hakim

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


