Kebijakan tentang pengembangan madrasah: Visi-misi dan tujuan, kurikulum, metode pembelajaran, manajemen dan SDM

Authors

  • Yuhdi Yuhdi Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Abuddin Nata UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Hasbi Indra Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/itjmie.v4i1.8088

Keywords:

Madrasah, kurikulum, kebijakan pendidikan, metode pembelajaran, pengembangan , sumber daya manusia

Abstract

This article discusses the development of madrasahs in the context of dynamic education policy. The focus of this research is the vision, mission, goals, curriculum, learning methods, management, and human resources in madrasah development. The literature analysis method is used to collect data from books and scientific journals that discuss madrasah development. An in-depth discussion of madrasah development is important to improve the quality of educational institutions in Indonesia. Education policy aims to achieve effective education goals. Madrasah as an educational institution has an extraordinary vision, mission, and goals, namely creating an Islamic, quality, populist, independent educational institution, and being able to produce students who are faithful, pious, noble, have personality, master science and technology, and contribute positively to social life. Good, structured and comprehensive curriculum, learning methods, management and human resources are important assets to achieve these goals. With proper implementation, the vision-mission and goals of education can be achieved, and madrasah can produce graduates who have optimal competence in the world of education and society.

Abstrak        

Artikel ini membahas perkembangan madrasah dalam konteks kebijakan pendidikan yang dinamis. Fokus penelitian ini adalah visi, misi, tujuan, kurikulum, metode pembelajaran, manajemen, dan sumber daya manusia dalam pengembangan madrasah. Metode analisis pustaka digunakan untuk mengumpulkan data dari buku dan jurnal ilmiah yang membahas pengembangan madrasah. Pembahasan mendalam tentang perkembangan madrasah menjadi penting untuk meningkatkan kualitas lembaga pendidikan di Indonesia. Kebijakan pendidikan bertujuan untuk mencapai tujuan pendidikan yang efektif. Madrasah sebagai lembaga pendidikan memiliki visi, misi, dan tujuan yang luar biasa, yaitu menciptakan lembaga pendidikan yang islami, bermutu, populis, mandiri, dan mampu menghasilkan peserta didik yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berke-pribadian, menguasai iptek, dan berkontribusi positif dalam kehidupan bermasyarakat. Kurikulum, metode pembelajaran, manajemen, dan sumber daya manusia yang baik, terstruktur, dan komprehensif menjadi modal penting untuk mencapai tujuan tersebut. Dengan implementasi yang tepat, visi-misi dan tujuan pendidikan dapat tercapai, dan madrasah dapat menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi optimal dalam dunia pendidikan dan masyarakat

References

Ansori, M. (2020). Pengembangan Kurikulum Madrasah Di Pesantren. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 41–50.

Arifin, Z. (2011). Konsep Dan Model Pengembangan Kurikulum: Konsep, Teori, Prinsip, Prosedur, Komponen, Pendekatan, Model, Evaluasi, Dan Inovasi. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Asadullah, M. N. (2018). Madrasah for girls and private school for boys? The determinants of school type choice in rural and urban Indonesia. International Journal of Educational Development, 62, 96–111.

Da, W. (t.t.). Manajemen kurikulum dan pembelajaran pada madrasah. Diambil dari https://www.academia.edu/36942400/Manajemen_kurikulum_dan_pembelajaran_pada_madrasah

Gafur, A. (1989). Disain instruksional. Solo: Tiga Serangkai.

Hakim, L. (2019). Pengembangan Madrasah: Menuju Madrasah Berdikari. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 17(1), 1–14.

Hamalik, O. (2006). Proses belajar mengajar.

Hidayat, A., Sa’diyah, M., & Lisnawati, S. (2020). Metode pembelajaran aktif dan kreatif pada madrasah diniyah takmiliyah di kota bogor. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 9(01), 71–86.

Idi, A. (2009). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek, (Jogjakarta: , 2009). Yogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Muhaimin. (2012). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam Di Sekolah, Madrasah dan Perkguruan Tinggi. Jakarta: RajaGrafindo.

Nata, A. (2021). Kebijakan pendidikan Islam dan pendidikan umum di Indonesia: The policy of Islamic education and general educational in Indonesia. Rajawali Pers.

Pramitha, D. (2017). Urgensi perumusan visi, misi dan nilai-nilai pada lembaga pendidikan Islam. Tarbawi: Jurnal Studi Pendidikan Islami, 1(1), 45–52.

Sidiq, U. (2018). Manajemen Madrasah. Ponorogo, Cv Nata Karya.

Syar’i, A., Hamdanah, H., & Akrim, A. (2020). The development of Madrasa education in Indonesia. Revista Argentina de Clínica Psicológica, 29(4), 513–523.

Syukri, M. (2019). Modernisasi Pendidikan Islam Indonesia Kajian Analisis Kritis Pengembangan SDM Madrasah. Hijri: Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Keislaman, 7(2), 1–30.

Downloads

Published

2023-05-20

How to Cite

Yuhdi, Y., Nata, A., & Indra, H. (2023). Kebijakan tentang pengembangan madrasah: Visi-misi dan tujuan, kurikulum, metode pembelajaran, manajemen dan SDM. Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 4(1), 81–88. https://doi.org/10.32832/itjmie.v4i1.8088

Issue

Section

Articles