Pola Modern Organisasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam

Penulis

  • Alvizar Alvizar UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Kata Kunci:

Organisasi Kurikulum, Kurikulum PAI, Pengembangan Kurikulum

Abstrak

Kurikulum adalah bagian penting dari sekolah. Kurikulum mungkin mencakup bidang studi yang luas dan spesifik. Kurikulum harus memperhatikan harapan dan kebutuhan masyarakat. Komponen program juga harus dapat diadaptasi. Kurikulum harus dikembangkan sebelum dapat diterapkan di sekolah. Kurikulum yang dikembangkan salah satunya perlu memperhatikan organisasi yang mengembangkan kurikulum. Salah satu bidang yang perlu diperhatikan adalah organisasi kurikulum, agar pengembangan kurikulum benar-benar memenuhi kebutuhan dan keinginan peserta didik, pendidik, dan masyarakat. Melalui kajian terhadap beberapa sumber data dari buku-buku tentang organisasi pengembangan kurikulum, penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kepustakaan.. Temuan penelitian mendukung gagasan bahwa organisasi kurikulum adalah jenis program kurikulum yang berbentuk kerangka kerja yang luas untuk pengajaran yang disampaikan kepada siswa dan efektif untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Struktur horizontal dan struktur vertikal adalah dua paradigma kontemporer untuk program organisasi kurikuler. Kurikulum diatur ke dalam disiplin ilmu yang berbeda, kelompok mata pelajaran, dan program terintegrasi sebagai bagian dari kerangka horizontal. Kemudian, dalam struktur vertikal yang berbentuk sistem kelas, sistem tanpa kelas, atau gabungan keduanya. Sistem waktu, termasuk triwulanan dan semester, termasuk dalam kerangka vertikal.

Referensi

Arifin, Z. (2011). Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Asyhar, R. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta.

Daradjat, Z. (2004). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Daulay, D. (2019). Implemntasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Sekolah Menengah Atas Al-Azhar Medan. Jurnal ANSIRU, 3(2).

Didiyanto. (2017). Paradigma Pengembangan Kurikulum PAI di Lembaga Pendidikan, SMP Nurul Jadid, Paiton, Probolinggo. Jurnal Pendidikan Agama Islam, Edureligia, 1(2).

Efendi, I. (2017). Desain Pengembangan Kurikulum PAI Berbasis Tacher and Student- Center. Jurnal Edureligia, 1(1).

Fakhruddin, Agus. (2011). Prinsip-Prinsip Manajemen Pendidikan Islam dalam Konteks Persekolahan. Jurnal Pendidikan Islam, Ta’lim, 2(2).

Ghafir, A. (1993). Pengembangan Kurikulum. Solo: Ramadhan.

Hamalik, O. (2008). Dasar-dasar Pengembangan kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hasyim, A. (2013). Rasional Pengembangan Kurikulum. Kementrian Agama Republik Indonesia.

Idi, A. (2011). Pengembangan Kurikulum. Yogyakarta: Ar-Ruzz.

In'ami, M. (2019). Pendidikan Islam: Memayu Hayuning Bawono. At-Ta'dib, 4(1), 121-132.

Muhaimin. (2012). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Raja Grafindo.

Mulyasa, E. (2007). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Rosda Karya.

Rofatayatun, A. (2019). Organisasi dan Struktur Kurikulum Pendidikan Islam. Universitas Nurul Jadid, Paiton, Probolinggo, 3(9).

Salim, M. H. (2013). Pendidikan Agama dalam Keluarga. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Sauri, S. (2006). Membangun Komunikasi dalam Keluarga. Bandung: Genesindo.

Shofa, R. A. (2016). Kurikulum dan Dinamika Perubahannya di Pondok Pesantren Universitas Islam Indonesia. Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1).

Sholikhah. (2017). Desain Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Makdum Ibrahim Tuban. KUTTAB, 1(2).

Subagiya, B. (2023). Eksplorasi penelitian Pendidikan Agama Islam melalui kajian literatur: Pemahaman konseptual dan aplikasi praktis . Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 12(3), 304–318. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v12i3.14113

Sugiyana, A. (2019). Pengembangan Kurikulum Pndidikan Agama Islam dan Implmentasinya di MTS Nurul Ummah Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Agama Islam: Edureligia, 16(1).

Ulwan, A. N. (1981). Pedoman Pendidikan Anak dalam Islam, Volume 1. Semarang: Asy-Syifa.

Wahyu Utomo, Sandi Aji, Azizah, W. N. (2018). Analisis Organisasi Kurikulum Anak Usia Kelas Awal Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI). Junal Pancar, 2(1).

Wena, M. (2009). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.

Yoespie Arief Amirullah, T. H. (2020). Organization and Design of Development of Islamic Religious Education in Indonesia. Jurnal At-Ta', 15(1), 103-124.

Zaini, M. (2009). Pengembangan Kurikulum. Yogyakarta: TERAS.

Diterbitkan

2023-07-31

Cara Mengutip

Alvizar, A. (2023). Pola Modern Organisasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 4(2), 115–130. Diambil dari https://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/JIEM/article/view/14793

Terbitan

Bagian

Articles