Strategi Kepala Sekolah Dalam Mengelola Sumber Daya Manusia Di Lembaga Pendidikan Untuk meningkatkan Mutu Pendidikan SMP Plus Baabussalam

Penulis

  • Neka Zulwiddi Universitas Islam Negeri Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi
  • Zulfani Sesmiarni Universitas Islam Negri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.32832/itjmie.v5i6.17022

Kata Kunci:

Kepala Sekolah, Sumber Daya Manusia, Mutu Pendidikan

Abstrak

Sebuah lembaga pendidikan pasti memiliki sumber daya manusia yang harus di kelola dengan sebaik mungkin. Maka dari itu tanggungjawab kepala sekolah harus memiliki strategi dalam mengelola sumber daya manusia yang ada di lembaga pendidikan tersebut agar mutu pendidikan lebih meningkat agar bisa bersaing dengan lembaga lain dalam menghadapi perkembangan teknologi dan perkembangan zaman pada saat sekarang ini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara, dan bersumberkan dari dokumen, buku, penelitian terdahulu dan jurnal yang berkaitan dengan judul penelitian ini. Informan pada penelitian ini yaitu kepala sekolah, duru, dan tenaga administrasi. Temuan pada penelitian ini yaitu kepala sekolah mengikuti serangkaian langkah untuk menerapkan strategi manajemen sumber daya manusia untuk guru. Langkah awal melibatkan menumbuhkan karakter yang kuat, memahami visi dan misi lembaga, meningkatkan keterampilan guru, mempromosikan hubungan dengan lembaga lain, dan membangun komunikasi yang efektif dengan wali siswa. Salah satu langkahnya yaitu pengembangan sumber daya manusia melalui lokakarya dan kursus baik di dalam maupun di luar sekolah. Titik fokus utama adalah pendekatan yang digunakan oleh kepala sekolah untuk mengawasi instruktur dalam meningkatkan kualitas lembaga pendidikan menengah. pengembangan strategi pendidikan berkualitas di lembaga pendidikan dicapai melalui keterlibatan guru dan melalui kegiatan internal dan eksternal.  Adapun hambatan utama yang dihadapi kepala sekolah dalam menerapkan strategi mereka adalah kehadiran guru yang puas dengan tingkat keterampilan mereka saat ini dan tahan belajar hal-hal baru. Oleh karena itu, guru harus memiliki keterampilan motivasi yang kuat untuk mendorong para guru ini untuk meningkatkan, serta pemahaman yang mendalam tentang kondisi psikologis mereka untuk memaksimalkan kinerja mereka.

Referensi

Akhyar, M., Batubara, J., & Deliani, N. (2024). The central role of the Quran in the development of the Islamic educational paradigm. Jurnal Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan, 9(1), 26–38. http://dx.doi.org/10.29240/jf.v9i1.9489

Akhyar, M., Iswantir, M., Febriani, S., & Gusli, R. A. (2024). Strategi Adaptasi dan Inovasi Kurikulum Pendidikan Islam di Era Digital 4 . 0. Instructional Development Journal (IDC), 5(1), 18–30. http://dx.doi.org/10.24014/idj.v7i1.29452

Aprilianto, Sirojuddin, & Afif. (2021). Strategi Manajemen Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik. FATAWA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 1.

Arief, M. (2021). Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan (Studi Kasus di SD Insan Amanah Malang). Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), 1. https://doi.org/10.35931/am.v6i1.709

Gusli, R. A., Iswantir, M., Akhyar, M., & Lestari, K. M. (2024). Inovasi kurikulum pendidikan Islam Era 4 . 0 di MTsN 1 Pariaman. Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 5(2), 77–88. https://doi.org/10.32832/idarah.v5i2.16401

Gusli, R. A., Zakir, S., Ilmi, D., Gusli, ramadhona A., Lestari, K. M., & Akhyar, M. (2024). Evaluasi Program Pendidikan Islam di MTsN 1 Kota Pariaman. Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 5(2), 262–271. https://doi.org/10.32832/idarah.v5i2.16621

Idris, Trisnamansyah, & Wasliman. (2022). Implementation of The Internal Quality Assurance System in Improving School Quality. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 1.

Jumadi, A. (2023). Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sekolah Dasar Inklusi Al Irsyad Al Islamiyyah Depok. Jurnal Manajemen Dan Pendidikan, 02(02), 84–90. https://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal

Kartiko. (2019). Manajemen Mutu Pendidikan. Pustaka Bening.

Kurnianingsih. (2017). Peran Kepala Sekolah dalam meningkatkan Guru. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 1(1), 11–18. https://doi.org/10.2307/j.ctvt9k11w.13

Mufassir, Mohamad, & Mala. (2019). Model kepemimpinan yang melayani dalam meningkatkan mutu pendidikan: Studi servant leadership kepala Madrasah Aliyah Muhammadiyah kota Gorontalo. Al-Minhaj: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 38–56.

Noprika, Yusro, & Sagiman. (2020). Strategi Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 224–243. https://doi.org/10.36671/andragogi.v2i2.99

Salvabill. (2021). Servant Leadership Kepala Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Di Era Pandemi Covid-19. 09(05), 1286–1300.

Saputro, & Darim. (2022). Strategi Kepala Sekolah Dalam Kebijakan Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. Kharisma: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(1), 1.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Bandung. Alfabeta.

Sutrisno, & Nasucha. (2022). Islamic Religious Education Project-Based Learning Model to Improve Student Creativity. At-Tadzkir: Islamic Education Journal, 1(1), 1. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v8i2.346

Terry, G. R. (2013). Dasar dasar manejemen. PT Bumi Aksara.

Wahidah. (2017). Pengelolaan Kedisiplinan Guru Di MTSN Baraka Kabupaten Enreang. Eklektika: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi Pendidikan, 5(4), 115–129. https://doi.org/10.21093/twt.v6i2.2046

Zulwiddi, N., & Karim, H. A. (2024). Analisis Pengelolaan Keuangan Sekolah di SMP Plus Baabussalam. Journal of Management and Creatif Business (JMCBUS), 2(3), 13–24.

Zulwiddi, N., & M, I. (2024). Pengembangan Inovasi Kurikulum di tingkat MTsN. BLAZE:Jurnal Bahasa Dan Sastra Dalam Pendidikan Linguistik Dan Pengembangan, 2(2), 23–33. http://dx.doi.org/10.29240/jf.v9i1.9489

Diterbitkan

2024-12-08

Cara Mengutip

Zulwiddi, N., & Sesmiarni, Z. (2024). Strategi Kepala Sekolah Dalam Mengelola Sumber Daya Manusia Di Lembaga Pendidikan Untuk meningkatkan Mutu Pendidikan SMP Plus Baabussalam. Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 5(6), 613–626. https://doi.org/10.32832/itjmie.v5i6.17022

Terbitan

Bagian

Articles