PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PETA KONSEP BAHAN AJAR CETAK PADA MATA KULIAH EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN NONFORMAL
DOI:
https://doi.org/10.32832/oborpenmas.v3i1.2986Abstract
Tujuan utama penelitian ini adalah tersusunnya Rencana Pembelajaran Semester(RPS) yang berorientasi peta konsep, terciptanya proses pelaksanaan pembelajaran
dengan peta konsep dan adanya peningkatan hasil belajar mahasiswa yang menggunakan
pembelajaran dengan peta konsep pada mata kuliah Evaluasi Program PNF di Prodi PNF
FKIP UNIB. Metode yang digunakan dalam penelitian peningkatan kualitas pembelajaran
adalah jenis penelitian tindakan kelas (Class Room Action Research). Prosedur dirancang
menggunakan dua siklus sesuai dengan tingkat permasalahan dan kondisi yang akan
ditingkatkan. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yang harus ditempuh, yaitu
perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil dari penelitian ini ditemukan
bahwa persiapan proses pembelajaran terstruktur dan bisa diikuti oleh mahasiswa dan
dosen, proses pembelajaran dilakukan secara lebih bermakna karena mahasiswa
dituntut untuk belajar secara rasional sesuai dengan peta konsep materi pada bahan ajar
cetak dan peningkatan hasil belajar mahasiswa menjadi lebih bermakna,
sistematis/terstruktur dan komprehensif.
Downloads
Published
2020-04-01
How to Cite
Zulkarnain, R., & ., P. (2020). PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PETA KONSEP BAHAN AJAR CETAK PADA MATA KULIAH EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN NONFORMAL. Jurnal Obor Penmas: Pendidikan Luar Sekolah, 3(1), 214. https://doi.org/10.32832/oborpenmas.v3i1.2986
Issue
Section
Articles