PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PETA KONSEP BAHAN AJAR CETAK PADA MATA KULIAH EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN NONFORMAL

Penulis

  • Rufran Zulkarnain
  • Parlan .

DOI:

https://doi.org/10.32832/oborpenmas.v3i1.2986

Abstrak

Tujuan utama penelitian ini adalah tersusunnya Rencana Pembelajaran Semester
(RPS) yang berorientasi peta konsep, terciptanya proses pelaksanaan pembelajaran
dengan peta konsep dan adanya peningkatan hasil belajar mahasiswa yang menggunakan
pembelajaran dengan peta konsep pada mata kuliah Evaluasi Program PNF  di Prodi PNF
FKIP UNIB. Metode yang digunakan dalam penelitian peningkatan kualitas pembelajaran
adalah jenis penelitian tindakan kelas (Class Room Action Research). Prosedur dirancang
menggunakan dua siklus sesuai dengan tingkat permasalahan dan kondisi yang akan
ditingkatkan. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yang harus ditempuh, yaitu
perencanaan, tindakan, pengamatan  dan refleksi. Hasil dari penelitian ini ditemukan
bahwa persiapan proses pembelajaran terstruktur dan bisa diikuti oleh mahasiswa dan
dosen, proses pembelajaran dilakukan secara lebih bermakna karena mahasiswa
dituntut untuk belajar secara rasional sesuai dengan peta konsep materi pada bahan ajar
cetak dan peningkatan hasil belajar mahasiswa menjadi lebih bermakna,
sistematis/terstruktur dan komprehensif.

Diterbitkan

2020-04-01

Cara Mengutip

Zulkarnain, R., & ., P. (2020). PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PETA KONSEP BAHAN AJAR CETAK PADA MATA KULIAH EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN NONFORMAL. Jurnal Obor Penmas: Pendidikan Luar Sekolah, 3(1), 214. https://doi.org/10.32832/oborpenmas.v3i1.2986

Terbitan

Bagian

Articles